haloo.. mas bro n mbak sist yang kesasar d blog yang ndak mutu ini :) . yah meskipun capek bis pulang kerja,ane sempet-sempetin deh update postingan biar ini blog kelihatan eksis :) , Ok deh hari ini saya mw berbagi sedikit tips n trik sepeda motor, terkhusus buat para Mioers n Mio Owner. 

tips nya adalah menghilangkan suara nembak/meletus/njebles-njebles (halah bahasa opo kuwi) :) . tau sendiri kan masbro n mbak sist gimana keras n mengagetkan nya suara letusan dari knalpot mio itu??? dijamin deh orang yang punya sakit jantung bisa langsung R.I.P :mrgreen: . Caranya mudah az kok, letusan dari knalpot itu disebabkan karna campuran udara n bahan bakar  yg masuk ke ruang bakar tidak terbakar semua oleh api busi sehingga masih ada gas segar yang lolos keluar menuju ke knalpot, n terjadilah after burn, atau pembakaran kedua cmiiw. :D

apasaja yang perlu di cek bila mio suka mbledos ???

1. cek setelan pilot screw / angin-angin / setelan karbu usahakan setelan nya sesuai standart motor yaitu  2,5 – 3 putaran penuh /sesuaikan kebutuhan mesin

2.cek kondisi busi, usahakan kondisi busi masih layak pakai,bila sudah tak layak segera ganti baru karena menurut anjuran pabrikan busi di ganti tiap 6ribu km. n jangan lupa atur ulang gap busi jadi 0,7mm tentunya harus pakai fuller gauge ya jngan pake kuku jempol apalagi cuma maen feeling :mrgreen:

3.cek filter udara motor, karena filter yang kotor bisa menghambat aliran udara yang menuju ke karburator,sehingga menjadikan campuran udara n bahan bakar menjadi lebih kaya. Usahakan ganti filter udara setiap 15ribu km karena filter udara  mio /mio soul memakai tipe element basah sehingga tidak bisa di bersihkan.

4.cek juga selang vacum bahan bakar yang menuju ke tangki, pastikan selang ini ndak bocor ataupun sobek.

5.cek juga AIS ( Air Induction System ),apaan tuh??? itu lho mas bro komponen yang menginjeksikan udara bersih ke lubang buang sehingga hasil pembakaran menjadi lebih ramah lingkungan. biasanya membran AIS ini yg suka ngaco,jadi solusi mudan n murahnya ya tutup az selang AIS yang menuju ke lubang buang terserah nutupnya pake apa az, pake plastik boleh,tutup pentil ban juga boleh,pokok e apa az deh yang penting buntu :)

yah itu tadi mas bro n mbak sist para Mioers n Mio owner sedikit tips n trik dari ane soal menghilangkan suara mbledos di Yamaha Mio. mungkin ada yang mau nambahi juga monggo biar tips nya semakin lengkap :)  n ndak ada lagi mio yang bikin kaget orang di jalan :mrgreen: . semoga berguna yah…. salam :)

About these ads

About kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

116 responses »

  1. azizyhoree mengatakan:

    yups setuju cak, point no 4 sangat terasa efect nya, mio mio tua yang saluran selang vacum nya mengeras & ada kebocoran dijamin selain knalpot nembak juga bisa waing, bersin njebless :mrgreen: saat thortle di tutup pas deselerasi

  2. KDF mengatakan:

    Mas, alamatnya bengkel dimana? Soalnya kok foto motornya plat “W”. Kayaknya Sidoarjo atau Gresik ya? Saya di Surabaya, kerja di Gresik. Saya baru beli mio sporty 2nd. tapi kok banyak masalah… udah habisin dana sekitar 1 juta sekarang malah sering tiba2 gak bisa hidup kalo di start. padahal udah di bawa ke BeRes, tetep aja… Mending saya bawa ke bengkelnya mas bro aja… Kayaknya lebih mantabz…. Tapi jangan mahal2 ya maz bro, dana untuk service udah Tipiiiiiiiiiiiissssss…… :-D. Alamat Bengkelnya Bisa di emailkan aja di kd_fuk@yahoo.com. Thx Mz Bro…

  3. ARZULI mengatakan:

    menarik mas tulisan yg berasal dari testimoni jenengan……sory mgkin lain motor neh tapi maslahnya mirip…motor saya vixion masalahnya setelah diganti knalpot racing…tp jaraknya sebulan lah….ceritanya pas mau beli busi di bengkel bukan BeRes saya dikasih yg type platinum cilakanya stelah baca2 di blog temen2 vixioners http://skullsmokers.wordpress.com/2012/09/06/daftar-kode-busi-ngk-denso-dari-standar-platinum-iridium/ ….. typenya dikasih type honda… http://skullsmokers.wordpress.com/2012/09/03/pilih-busi-untuk-nmp-sesuaikan-kebutuhan-bro/ ….awalnya ga ada masalah setelah beberapa minggu mulai deh nembak2…setingan CO +10….sekarang diturunin jadi +8…. n ganti busi bawaan vixion 15 rebu…. cuma sekarang nembaknya berkurang tapi tetepp ada nembaknya…apa setelan COnya kurang? skrg bahan bakar pertamax…pas nembak2 pake bensin….ada solusi ga mas…biar ga nembak2 lagi..sy tgg tanggapanya…matursuwun

    • kenthoet mengatakan:

      coba gap busi nya disetel 0,8mm mas, trus klo boleh tau vixion smpyn sudah open filter apa masih pake fiter udara ?? klo masih pake filter udra sebaiknya angka CO nya diturunkan lagi ke angka +5 atau +6 az, soale menurut pengalamn ane klo masih pake filter udra n CO nya di setting di angka lebih dari +6 biasanya kpla busi berwrna coklat kehitaman, tanda klo pembkran terlalu kaya , kecuali vixi smpeyan sudah open filter bisa setting diangka > +6 :D , trus klo masih ada suara nmbak nya ‘terpaksa’ perngkat AIS nya di non-aktifkan sja mas :D mudah kok tinggal tutp az pake kepala baut 14″ atau pakai plastik :D

  4. ogeinsamp mengatakan:

    pagi mas,,, mio soul saya thn 2011 mas, km 11.500,,sdh mulai nembak,,, langkah 1 sampai 4 sdh dilakukan,, tapi nembak,, walaupun dah berkurang,, sebelum dilakukan langkah 1-4, kec 60 km/jam lalu deselerasi, langsung duaar,,, skrg dah enggak,,, tapi kalo kecepatan 80 km/jam,, masih nembak… sy ingin lakukan yg langkah ke 5,, tp apakah tidak ada pengaruhnya ke mesin,,?,,sy pernah baca kalo ais ditutup, mesin jadi panas,,,, maaf mas kepanjangan curhatnya,,,

    • kenthoet mengatakan:

      kalo dilihat dari cara kerjanya AIS hanya bertugas meng’injeksi’kan udara segar ke lubang buang/knalpot agar kadar emisinya rendah , jadi klo AIS nya ditutup / di non-aktifkan bkin mesin jadi panas ??? ane rasa gak gitu deh mas :D , malah klo AIS nya ditutup suara mesin jadi lebih halus :D , nggak percaya??? monggo dicoba :D

  5. riki mengatakan:

    selang angin yg nyambung dari mesin bawah dan nyambung ke intek cabut ajah terus tutupin lobang anginnya 100% gabakal nembak lagi gan :D

  6. andy mengatakan:

    la lek cara ngatasi ben ra boros piye mas bro,mio 04,ban tubeles blkg 110/80,depan 90/80,boros banget 1lt pertamax ijo cuma sanggup 25 km

    • kenthoet mengatakan:

      ini saran az ya mas boleh dicoba boleh enggak :D , busi pake standart az NGK C6HSA tapi lepas ring nya , setel celah klep in 0,10mm dan klep ex 0,12 ,setel pilot screw (angin2 karburator) 3 putaran penuh ,trus per pulley sekunder diganjel (terserah pake apa , kalo ane biasanya tak ganjel pake o-ring bekas tutup klep sebnyak 2-3 buah) biar per nya agak keras gak terlalu lembek :D , jadi biar tarikan bawahnya gak loyo :D ,

      • 4ndy mengatakan:

        Kalo pengalaman saya sampe ngabisin dana banyak nih, ternyata simpel aja… Kalo kenalpot nembak, cuman dr settingan karburator aja. Kalo tetep gak ilang, coba di check kabel choke nya. Biasanya kalo udah umur, kabel jadi lengket. Alhasil choke pada posisi tertutup. Itu yg menyebabkan kenalpot nembak dan boroz abiez… Kalo mau tarikan lebih spontan, semua tetap pakai komponen standar aja udah cukup. Yg perlu di benahi cuman kampas kopling sentrifugal dan kopling house nya aja. Caranya: relining kampas dgn bahan yg lebih bagus, lebar, dan lebih tebal dari ori. Per pakai standar aja cukup. Kopling house di bubut sedikit aja untuk meratakan yg peyang. Hasil akhir jarak antara kampas dan kopling house semakin kecil. Itu yg menyebabkan tarikan jadi spontan, soalnya kalo ori itu jaraknya lebih besar. Sekian pengalaman saya. Kalo ada yg salah mohon di ralat ya para tetua sekalian… :-D

      • kenthoet mengatakan:

        iya setuju mas, kampas koplingnya klo bisa di “kampasin” lagi dengan bahan yg lebih bgus, lebih tebal n lebih lebar biar lebih menggigit :D

  7. uchiha mengatakan:

    mas kalo mio gag pake filter angin apa ada efeknya?

    • kenthoet mengatakan:

      ada mas, karbu jdi cpet kotor, udara yg masuk k mesin juga gk terfilter otomatis juga bikin piston cepet berkerak bahkan cepet baret , trus BBM jdi gak irit ,tapi efek baiknya tarikan bawah/ akselerasi jadi lebih “Nyuuuttt” :D

  8. m.nur mengatakan:

    misi gan, pemakaian broquet ada efek sampingnya ga? thanks

  9. m.nur mengatakan:

    misi gan, mau nanya pemakaian broquet ada efek sampingnya ga? thanks

  10. m.nur mengatakan:

    broquet, benda yg di dalamnya terkandung 13 unsur logam diantaranya platinum, radium, paladium. produsen mengklaim broquet bisa menghemat bbm dengan cara mengoptimalkan bbm yg masuk ke ruang bakar. pakai bbm premium tarikannya serasa pakai pertamax plus

    • kenthoet mengatakan:

      hehehe.. thnks infonya mas bro Nur :D ,btw berhubung ane belum pernah nyoba pake broquet (tahu az baru kali ini) ,jadi ane gak bisa jawb pertanyaan mas bro :D maaf ya mas , thnks ya dah mau mmpir n komen2 disini :D

  11. m.nur mengatakan:

    sama2 mas bro, saya pikir sampian tau..
    bengkel sampian jauh sh ya, bengkel resmi kurang memuaskan servicenya

  12. m.nur mengatakan:

    jauh cz ane di jakarta mas..
    kalo punya fb add m nur bin risman, biar kalo ane nanya gampang.. :D

  13. dandfi mengatakan:

    mas bro, kenapa mio sporty 2011 biru ane, klo lagi asik2 jalan, tiba2 mati sendiri ya???? kadang kan bahaya mas klo ada mobil di belakang bisa berabe mas bro….. trus mas bro, tarikan mio ane juga berat banget, ga spontan, solusi nya ape ya mas bro??????
    thanx mas bro atas pencerahan nya…..,….

  14. siva mengatakan:

    saya juga brusan beli mio soul bekas th 2010, awal kelihatan tidak ada masalah, tp setelah saya cek agak brebet waktu mesin berhenti lama atau pagi susah banget nyala, trus saya cb bersihkan karbu sama filter, ternyata tetep, cb ganti busi standart c7hsa, masalah agak teratasi, trahir seting klep saya cek ternyata untuk buangnya terlalu menekan (mepet), selelah cek bsk paginya cek lagi mesin seperti normal sampe skrg, gak rugi bongkar2 karbu, e ternyata stelan klepnya, alhmdulillah

  15. Ijai mengatakan:

    Punya adik ane jupiter burhan 2p2 thn 2008 AIS nya udh d tutup sama orang bengkel deket rumah ane.bener kata masbro bunyi mesin jd agak lebih halus.

    • kenthoet mengatakan:

      iya soale yg bkin agak berisik itu suara buka-tutup membran AISnya mas, jd gk cma jupie , mio ,xeon atau vixion lawas pun klo ditutup AIS nya suaranya jd lebuh ‘alus’ :D

  16. JOKO PURWANTO mengatakan:

    PAGI BOS,MO TANYA MIOKU THN 06.KALAU DI GAS SULIT KEMBALI KE NORMAL,KADANG GASNYA TINGGI SENDIRI,SAMPAI SERING MO NABRAK ORANG.TRIMS MASBOS SEBELUMNYA

    • kenthoet mengatakan:

      hmmm klo dilihat dri usia motornya, bisa sja it terjadi karena return spring / per katup kupu2 di karbu sudah lemah ,atau bisa sja kabel gas yg seret shingga nyantol pas gas ditutup , atau yg paling parah katup kupu2/ butterfly karburator sudah oblak ….

  17. dwi nanang mengatakan:

    mio 2006 setiap pagi sudah dipanasi, setiap jalan kec 30 km/jam awal ga ada tenaga + mbrebet, tapi klo dah di gas lancar deh, kec standar, tapi ko tiap pagi gitu yo? Please…

    • kenthoet mengatakan:

      coba masbro cek bgian filter udara n pilot jet , mngkin ada kotoran yg mnyumbat ,,, n cek jga kondisi jarum skep, udah oblak apa gk?? soale biasanya klo jrum skep yg udah oblak ciri2 nya kayk yg masbro utarakan diatas IMHO

  18. Nino Aditya mengatakan:

    Saya punya produk buatan sendiri yang bisa bikin motor matic jadi kencang dan irit.. sudah sukses dibeberapa motor, sayang setelah dipasang yang dikeluhkan sama seperti problem di atas/ nembak-nembak.. untuk beberapa orang yang sudah pakai jadi merasa kurang nyaman..
    Setelah baca ilmu para suhu di atas, ilmunya mantap juga untuk dicoba..

    Kalo sukses nanti tak update lagi.. matur nuwun

    Nino

  19. dwi nanang mengatakan:

    servis sendiri… sekarang gak mrebet lagi…. terima kasih…. dapat ilmu baru, semoga rejekine sampean banyak dan lancar… amen… klo brother ke malang monggo mampir….!!!

  20. herman mengatakan:

    tipsnya mantap mas bro….tp semua yg d sebutkan sd ane coba tp motor ane masi ttp aja nembak , padahal motor ane baru 1 tahun lebih ,,, awalnya sih cuci karbu bersihkan saringan …skrng malah nembak2……solusinya donk mas bro..!

    • kenthoet mengatakan:

      kalo boleh tahu motornya masbro ap??
      cek paking knlpotny masbro , atau cek baut pengikat knlpotnya , trutama diujung yg nempel head silinder, brngkali kendor

      • Achmad mengatakan:

        Mas kentoet,
        motor sy mio J prtengahan th 2012, sy baru ganti knalpot racing.
        Busi juga dah ganti baru.
        Dan set CO di 3,
        yg sy tanyakan,
        kadang knalpot suka nembak.
        Apa msalahnya mas..?
        Matur suwun

      • kenthoet mengatakan:

        busi nya pake busi apa masbro :?: standrt atau iridium :?: hmmm coba gap businya dibkin agak renggng mas skitar 0,7-0,8 mm

  21. syahrul mengatakan:

    Mau nanya nih mas…selang AIS itu yg mana si yg harus di tutup ,,saya bingung..motor saya yamaha mio..

  22. achmad mengatakan:

    businya standar mas brow…
    trus knp ya Mas, klo sy pake pertamak 92 kok malah terasa boros..

    mksh

  23. iwal mengatakan:

    salam kenal mas, sy punya mio sporty keluaran tahun 2010. sewaktu masih standar kok bisa dpt top speed 100 kpj, walaupun mesin terasa kasar. ttp skg setelah ganti knalpot standart racing, pilot jet sudah dirojok, ban ukuran ring 16 dan roller ganti ukuran 10 gram, knp top speednya cuma 90kpj dan suka ada suara nembak dari knalpot. mohon pencerahannya. terima kasih sblmnya

  24. nanang mengatakan:

    bisa gak mas xeon biar larinya kenceng sampe 120 km, klu bisa tlg tipsnya ini xeon saya cuma 100 km dah gak narik, tlg tipx ya mas bro tks….

    • kenthoet mengatakan:

      coba roller nya pke yg 11 atau 12 gr masbro , n businya ganti NGK platinum type CR8EGP n CDI gnti yg “resing” yg limiternya agk tinggi ,cara itu mgkin bisa bikin speednya sedikit terkerek naik :D

  25. Herman mengatakan:

    Selamat pagi mas bro,, moga slalu sukses,,
    kmaren baru beli mio soul thun 2009,baru 6500 km, bnr gax ya,,? hee
    seminggu pertama gax nembak, skrg kok jdi sering nembak,, trim’s

  26. atok subrata mengatakan:

    Cocok wi,,
    TaK cobo`ne,,,

  27. Adib mengatakan:

    Mio saya dah ditutup ais nya msh njeblis mas..

  28. Adibfairuzalbarru mengatakan:

    Lam knal kang bro, sy nih bner2 ijo ma mesin mtor, blm prnh bngkar2, sy trtarik mslh ais pd mio, krn mtr sy mio jg ska nmbak, ko gmbrnya dkit kg bro ? Sy jd bngung soalnya bgian msin aja sy gak tau..gambrnya bnyakin kg bro biar woke..tengkyu..

    • kenthoet mengatakan:

      klo mau me-NON- aktifkan AIS di mio gmpang kok mas, sumpel az slang karet yg dri AIS yg menuju ke lubang buang di silinder head pake baut / tutup pentil ban , beres deh :D

      • Adibfairuzalbarru mengatakan:

        Selang ais tuh yg mana kg bro ? Tkt slah tutup, soalnya bnyak selang, yg dkat busi bukan ? Trs slangya dcopot gak ? Udah dtutp ko msh njebless, maaf kg bro, sy bloon bgt ma mesin..

      • kenthoet mengatakan:

        iya selang yg dekat busi , yg nymbung ke pipa yg mnuju ke saluran exhaust
        masih njebles ya?? :roll:
        coba gap busi agak direnggangin jadi 0,7mm masbro

      • Adibfairuzalbarru mengatakan:

        Siap kg bro, bsok tak cobain lagi, tengkyu bgt kang bro ilmunya..

      • Adibfairuzalbarru mengatakan:

        Siap kg bro, bsok tak cobain lagi dah, tengkyu bgt kang bro ilmunya..

  29. henswa mengatakan:

    shallom mas bro, mau nanya mio soul sy kl digas kok suara mesin nya berisik ya sriiiing gt. kt bengkel telat oli. mhn infonya mas bro?ane di mjk kpn2 mau tak bawa ke mojosari bengkel mas bro aja bisa kan?tks b4 shallom

    • kenthoet mengatakan:

      monggo kang tak tunggu kedatangannya :D , emg pernah telat gnti oli ya ???? klo suara2 “aneh” yg dri mesin klo gak dengerin lngsung susah mastiinnya masbro ,,, OK shallom :D

  30. Rezky Saputra mengatakan:

    Mikum bos,
    pengen nanya tentang mio nih, kok motor mio ku kecepatan max nya saat ini (udah 2,5 tahun) cuma 90km/jam, pas baru beli aku test dengan bbm pertamax bisa 105km/jam (mendekati 110), apa karena aku ganti ban tubeless fdr ya mas? Ukuran ban tubelessnya jg lebih gede dari standar, krn fdr ga ada tubeless yang pas ama standar mio, tapi kata orang bengkel kampas gandanya? Mohon solusinya

    • kenthoet mengatakan:

      usia 2,5 thun itu dah saatnya servis CVT masbro, dicek kelayakan roller, v belt n pulley2 nya baik primer maupun sekunder , yg pling butuh perhatian lebih itu bagian pulley sekunder soale bagian ini yg sering bermaslah di mio , yg pnting itu grease / Vet nya jgan sampe telat biar mekanisme pulleynya tetep lancar n gak cpet aus .. n per CVT nya diganjel az biar sdikit kaku biar akselerasi mkin enteng

  31. tommy mengatakan:

    sip

  32. sok tau mengatakan:

    woy nabulee,, percuma klu tips di atas klu masih minum premium,, sono minum pertamax, kaga ada nembakan meriam mio..

  33. Zain mengatakan:

    Assalamu’alaikum Mas Bro ….
    Iy Mas Bro sy sring nmuin d bnkeL sy spd yg sring Njblezz Njblezz .. mboh apaan tuh … 😜
    Bkn cm Mtr Mio aj,, tp bxk kykx Mas Bro … kyk Jupiter, Vega New, Ninja 250, dll.
    Gmn cr ngilangin tuh bunyi y ??
    N d tggu solusix Makasih …..
    Wassalam

  34. gogon mengatakan:

    mas bro, kalo point no 5 itu efek samping’a apa ya ?
    ada pengaruh ke mesin atau kemana gitu mungkin ??
    mksh

  35. Rudi Wijayanto mengatakan:

    Iki jelas mak srriiiiiit idene mas bro!
    Tak jajale ng mione bojoku mas bro!

    oh iya kalau masalah van belt (aku barang yo ora pati ngerti boso inggris) kalau digas bunyi clurut keluar itu apa harus ganti baru ya mas bro?

    swun, swun, swun

  36. anggara mengatakan:

    masbro,mio sporty ane 06 tag buka filternya,trus sktar 2 bln tag pasang lg mtr ane gag bsa hdup?
    gmana solusinya?

  37. Raka Bachtiar mengatakan:

    Trims ide cemerlangnya mas bro.AIS nya sy non aktifkan.Hasilnya ‘Like this’ banget mas. Suara nembak jd hilang,mesin lebih halus,konsumsi BBM sedikit lebih irit,suara knalpot lebih plong.cuma asap knalpotnya rada pedes dimata.btw…Apiiik tenaaan…

  38. ewin mengatakan:

    mas mau tanya nie , apa pnyebabnya yamaha mio kl dipasang filter udara mala jadi ngadat tu mesinnya n gak mau di gas . ???? ;)
    pas saya lepas filter udaranya mesin baru mau hidup lansam . !!

  39. pemainpoker mengatakan:

    kalo mio agak ngasap dikit itu kira2 apanya ya om yang mesti diperbaiki??
    mio sporty saya agak ngasap dikit nih tapi kadang2 aja…

  40. saya mengatakan:

    kalo karet/vakum yg kecil yg ada di samping kiri kabu mio namanya apa ya?? penting gak n gunanya buat apa?? makasihh…

  41. djaenudin mengatakan:

    Tararengkiyuuuu kang bro,ada manfaatnyaa salam woleeesss

  42. ari goendoel mengatakan:

    mas kalo mau bikin mio kipas mendenging dikasih apa ya???

  43. ari goendoel mengatakan:

    samean sidoarjo ndi mas?hehehehe

  44. andre mengatakan:

    Mohon tanya mas. Motor sy mio 2005, standar, km 43.000, jrg service karbu krna sy pake carbon cleaner tiap 3000km, jrg dipake tp dipanasin tiap hari. Td pagi tak coba pake,waktu lepas gas knalpot bledos. Sy ikuti saran mas di artikel ini. Masalah skrg timbul karna skrup angin di karbu gak bisa diputer (kekiri/kanan). Sy gak berani paksa takut terjadi masalah yg lbh besar. Apa skrup angin dikarbu bisa diperbaiki mas?, atau harus ganti karbu 1 gelondong baru?. Makasih ..

  45. ujang mengatakan:

    Untuk xeon bisa nggak tu tips nya ?

  46. agung firmansyah mengatakan:

    kalo misalkan selang vacum di pampet ngaruh ga bro?

  47. andre mengatakan:

    Tolng pencerahannya Mas Bro. Kalo mio lawas (2005) sy mau dipasang roller 12 gram rata semua utk perjalanan luar kota dgn maksud untuk cari top speed. Apa ada pengaruhnya ditanjakan?. Kalo menurut mas bro, solusi settingan roller untuk jarak jauh pake roller berapa gram? dgn asumsi akan menemukan banyak tanjakan. Trims utk jawabannya mas bro.

  48. usup mengatakan:

    Xeonku nembak apanya ms?

  49. ucup mengatakan:

    Xeon nemba

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s