Mas bro semua mau curhat n berbagi uneg-uneg lagi nih :P  ,  hmmm.. kejadian ini sebenernya sudah seminggu yang lalu,tepatnya dihari Minggu pas bengkel mau tutup eh ada 2 ekor orang bapak nuntun seonggok Vixion yang mogok :roll: ,nah pas ditanya sama SA katanya bapake yang punya, motor e waktu dipake tiba-tiba mati trus di bagian headlamp, kunci kontak dan dibawah jok keluar asap tebel n bau sangit mas bro :shock:, yah kabel bodynya terbakar / kobong :roll: . Untung tangkinya gak botjor kalo botjor bisa mleduk nih Vixion :roll: :mrgreen: karena takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan makanya  si Vixion langsung di dorong ke BeRes terdekat.

Nah karena baru kali ini ada kejadian kabel body kobong dibengkel tempat ane makanya investigasi terus dilakukan sama SA , setelah dilakukan pengecekan secara sederhana dan yang punya Vixion ditanya-tanya akhirnya yang punya Vixion bilang kalo awalnya motor ini fuse / sekering nya sering putus , baru diganti putus lagi , diganti lagi putus lagi karena yang punya bosen gonta-ganti sekering jadi langsung az sekering nya di jumper , tahu kan maksudnya :?: itu lho mas bro sekeringnya disambung pake kawat, memang sih gak putus lagi tapi kalo ada konsleting bisa kobong kayak gini :roll:

^^ kabel body diatas radiator  kobong :roll:

^^ pas dikupas kulitnya jadi kayak gini :shock: , kobong semua dari depan sampe belakang :roll:

^^ kabel-kabel didalam headlamp & kunci kontak pun kobong dan putus :roll:

Karena waktu itu dah sore n mau tutup bengkelnya makanya mau gak mau Vixion ini harus rawat inap , Nah setelah itu mulai deh dicari dan ditelaah dimana sumber masalahnya sehingga membuat sekering si Vixie ini sering putus dan akhirnya ketemu juga :P , ternyata masalahnya sepele mas bro yaitu ada kabel warna cokelat (+) yang terkelupas bekas dimakan sama tikus yang menempel ke rangka (-) akhirnya terjadi konsleting ,ini yang bikin sekering sering putus tapi karena sekeringnya sudah dimodifikasi / di jumper makanya sekeringnya tidak bisa memutus arus listriknya ketika terjadi hubungan pendek tersebut dan akhirnya kalo terjadi terus-menerus akibatnya wuuussss… kobong :D

biang kerok nya :evil:

Nah karena ‘luka bakar’ nya termasuk parah hampir semua kabel berwarna cokelat,merah dan kabel-kabel lain yang berdempetan dengan 2 kabel tersebut itu kobong dan putus makanya mau tidak mau harus menguliti kabel body si vixie ini dari depan sampai belakang buat di benerin dan disambung lagi 1 per 1 :shock: , ini nih pekerjaan yang bikin puyeng :roll: , mana yang punya motor minta cepet selesai lagi karena motornya dipake kerja n mobilitas kemana-mana, katanya motor e cuma 1 tok ini :roll: tambah puyeng deh .

^^kabelnya dikuliti

ruwet banget kabelnya vixion :roll:

Apa yang anda pikirkan ketika harus ngurutin kabel warna-warni sebanyak ini :roll: :?:

Ruwet sih tapi akhirnya selesai juga kok walaupun hampir seharian bekerja cuma buat benerin nih Vixion :D , nah untungnya ‘kobong’ nya kabel body tersebut gak ngefek apa-apa ke ECU artinya ECU n sensor-sensor lainya masih sehat wal afiat :P  Lega… :D.

Ok deh mas bro pesan moral dari curhatan ane ini adalah jangan sekali-sekali men-jumper sekering kalo sudah putus, karena sekering fungsinya sebagai pengaman apabila terjadi konsleting pada sistem kelistrikan, kalo masih nekat ya hasilnya kayak Vixion diatas :P

Nah sekian dulu curhatan ane kali ini mohon maaf kalo ada salah-salah kata, maklum masih newbie :D , semoga bermanfaat  :D

bikin gak ruwet nih :oops:

Hidup ini memang ruwet mas bro,bahkan lebih ruwet dari kabel-kabelnya Vixion tapi setelah memandang senyumnya si Veranda hidup ane jadi gak ruwet lagi :oops: , Terima kasih Ve :oops: :mrgreen: *kliniktongfengmode:on :lol:

Silahkan dikomentari ;)

Salam, Kenthoet :D

About these ads

Tentang kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

»

  1. z1rider mengatakan:

    Aduh, kok bawa – bawa tangki bocor sih ? :roll:
    *ntar dimarai iwak tempe lho, hehehe.

  2. bagas29ps mengatakan:

    kabelnya buanyak banget O_o

  3. Nofgi mengatakan:

    Aku juga pernah habis nyuci motor gitu keluar asap dari si Vixi, untung ra popo sampai sekarang …
    Btw kabele Vixion iku ruwet banget mas …

    http://nofgipiston.wordpress.com/2012/09/24/pengalaman-memakai-pertamax-dan-premium-di-vixion-ane/

  4. axo92 mengatakan:

    8-O
    ngerii… :(

  5. paedhimas mengatakan:

    Pelajaran berharga ini,kalau sekring sering putus berarti ada kabel ya konslet,segera bawa ke ahlinya jangan di jamper, makasih infonya ,bro..

  6. yudha depp mengatakan:

    untung ketahuan
    kalau enggak bisa meledug
    ditengah jalan
    gosoooooong dah
    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/09/helm-loe-bersih-enggak.html?m=1

  7. erwinkrenbiz mengatakan:

    lebih aman di jumper pake kawat baja skalian<biar 1body motor kbakar?wkwkwkwk
    kaabbooorrrr. . . . .. . .

    • kenthoet mengatakan:

      wkwkwkw ini nih salah satu tips dari SA yang sesat :twisted: :mrgreen:

      • erwinkrenbiz mengatakan:

        wkwkwkwk. . . .ane emang SA sesat.tapi cuma becanda bro?
        kalo di bengkel baru srius. . . .
        ane juga pernah ngalamin bikin kabel body full punya vixion gara2 ada kabel yg dimakan tikus trus nempel rangka ampe motornya ikut kebakar.mau beli kabel body empunya mongtor gapunya dana,ya alhasil harus bikin sendiri ampe 1hari penuh. . .dasar tikus KAMPRET. . .

      • kenthoet mengatakan:

        wahhh sadis2 tikus di malang ya mas bro :shock: , semoga di tempatku gak ada yang kayak gitu :P , bisa puyeng lagi kalo harus ngurutin kabel kayak gitu :roll:

      • erwinkrenbiz mengatakan:

        malah yang lebih parah kejadian itu terjadi selama 3hari beruntun bro,apa gak puyeng ne kepala?
        tikus disini sadis2. . .
        oia dulu kepala sekolah YES udah Pak ilham wahyudi bukan?

      • kenthoet mengatakan:

        whahahah ngenes mas klo gitu :D bisa2 ditempeli koyo tuh kepalanya :mrgreen: . Kalo yang angkatan 1 (angkatanku) instruktur nya memang pak ilham, pak dwi n pak pawit tapi gak tau deh kepala sekolahnya siapa :roll: , mungkin pak ilham kali ya :?:

  8. vixieg4744hk mengatakan:

    weladalahh.. kuabel e uakeh bgt mas Jo.. 8O
    Ruwett…

    *kalo yg paling bawah bikin otak ane tmbh ruwet.. :oops: :twisted: :lol:

  9. kharis27 mengatakan:

    busyed untung ga meledug tuh pikson,,,, kabelnya bikin pusying mending liat foto yg paling bawah ademmmmm.,,. :lol:

    • kenthoet mengatakan:

      seandainya tangkinya bocor tak jamin mleduk tuh vixion mas la wong konsletingnya pas di bawah tangki :roll:
      iya bener daripda pusing mending memandang senyum si Ve yg bikin ‘mupeng’ :oops: :lol:

  10. DPC Paintwork mengatakan:

    rongsokan smash q yo ngunu tak jumper tp gak kobong,??? yo ngene montor nriman, Suzuki gitu loh!!!!!!!! weh….ruwet dab nek kyok vixion,?! Veranda unyu – unyu (^ ^,)

  11. velanrynstef mengatakan:

    kasian bapaknya :(
    itu veranda fotonya nggak ruwet, nah kalau dah “ngurus” orangnya hadeuh jangan bertanya :)

  12. ipanase mengatakan:

    mantap lek, kabel megison pun sudah pernah ku bedah, banyak airnya, tapi belum pernah konslet, heheh, di bedah karena ganti isolasi baru ( yang lama getas )

  13. PuguhP mengatakan:

    ruwetnya bgt kabel si pikson,, tapi untung foto yg bawah mukannya nggak ruwet :mrgreen:

  14. redbike92 mengatakan:

    wehehehe
    berati kalau jumper ke ahlinya aja ya kak :D
    wah kena brapa tuh bapak2 yang punya V-ixion?

  15. kickpoint mengatakan:

    pernah juga bro burhan ane bodi nya dimasuki curut, untungnya gak sampe korslet. krn motor gak mau hidup. coba buka body semuanya, dapat tuh penyakit. di bagian kanan dibawah tanki. ntah kabel apa namanya ane gak tau yg putus(maklum ane kan bkn org bengkel) :mrgreen:
    yg penting di perbaiki.

    btw nih bro, gmn sama tutup lampu senjanya? udah jd diperbaiki? tuh buka mika emang harus bersabar bro. :smile:

    oya bro, seminggu yg lalu si burhan ane cekokin jamu yamalube carbon cleaner satu botol+bensin full tank, dan sampe sekarang blm ada isi bensin lagi. trus kemaren pagi pas dipanasin, agak keluar asap kehitam2an trus ane gas tinggi bro, tuh asap hitamnya pada keluar sebanyak2nya ( gak sebanyak mobil diesel sih, tapi byk asapnya mirip2 kalo ring pistong yg udh kena), apa gak masalah tuh bro??? emang sih sejak ane ganti ring piston pas KM 35rb an(krn udh berasap putih, pas dicek emang minta ganti), smpe sekarang udh 57rb an gak pernah lagi servis besar.

  16. kickpoint mengatakan:

    kalo dibilang rajin sih emang bro, cuman rajin mencampur 2:1 (Pertamax : bensin), belakangan ini udh jarang diisi pertamax. bkn gak mau bli, tp kaya’nya tuh pertamax lama tersimpan di tank spbu tempat ane. jadi gak nyaman bro, takut kualitasnya gak bgs lagi… alias “basi” (kata pak erte)… :smile:

    “keep rockin’ and SAY NO TO MAHOBAND” :evil:

    • kenthoet mengatakan:

      wah masih mending masih ada campurannya pertamx dikit2 *eh banyak ding :lol: , lha jupie q murni bbm subsidi minumnya :lol: keep on metal n say yes to Veranda :oops: :mrgreen:

  17. dimpil mengatakan:

    jupi ane juga pernah bro……. spidonya kobong…………………….
    langsung ane cpot tuh kabel… potong dan beres…..

  18. brigade15 mengatakan:

    gileeeh, semoga aja piksen ane gak sampe kyk gini, sempet liat sih dijalan piksen yg dari mesinnya keluar asep bnyk bangettt mungkin gara gara aer radiator kosong kali yah http://brigade15.wordpress.com/

  19. Wah sampai kayak gitu konsletnya…

    salam kenal bro

  20. Dimas mengatakan:

    Pada Mas brow smua yg tau soal klistrikan..!! Aku mw tanya ni soal perkabelan mhon bntuanya y,, saya pnya bead matic kok sekering nya sering putus ya, it apa penyebabnya .. Sampek puyeng cari masalahe gak ktemu” jug. . .. Thanks

    • kenthoet mengatakan:

      wah itu berarti ad bagian kabel yg konslet mas, trus dimana letak konsletnya?? ya klo itu harus di cek pake AVO meter/multi tester :D mulai dari depan sampe belakang :)

  21. gembalakambing mengatakan:

    kalo benerin kabel gitu habis biaya berapa y
    mohon balasannya…
    arif

  22. azizyhoree mengatakan:

    seremmmmmmm liat kabel sing di brodoli , tapi adem maneh pas nontok gambar paling ngisor :mrgreen:

  23. Agoen'x Arievengeance mengatakan:

    mas bro minta pencerahannya. motor ane jupiter z 2009 klo buka gas atau lampu sein,rem, sama lampu besar idup c kabel massanya deket soket (bekas bongkar) kebakar. apa ya sakitnya. klo spul assy gak mungkin. soalnya baru ganti. minta bantuannya agan” yang pada pro. terima kasih.

  24. Artho gendut mengatakan:

    Mast brow klakson variasi pd vixi ane kbel masanya ane tempelin pd body trus stlh 2hri tiba” sekring putus apakah gara” kbel masanya dipasang pd body -@artho

  25. ega mengatakan:

    tu nyampe brapa bro mbenerin semua kabel body? :D

  26. Samuel Widya mengatakan:

    Tidak akan pernah sia sia bila kesukaan kita memberikan pengetahuan kita kepada sesama … sebab kita diciptakan untuk saling mengasihi dan ujung nya menyenangkan hati TUHAN , Gbu

  27. adi mengatakan:

    kabel vixion beres gantian kabel ane yg ruwet gara2 seyumaman
    ;)

  28. sidiq mengatakan:

    Itu kenapa gak diganti satu set kabel body aja gan?
    Daripada ngurutin satu persatu

  29. sidiq mengatakan:

    Itu kenapa vixion gak ganti kabel body satu set aja
    Drpd ribet ngurutin satu persatu

  30. ariev_dunkta mengatakan:

    itu kabel kalo di sambung2in bisa buat main layangan haha

    om kentoet piksen ane ko udh ganti pake komstir ori blum dua bulan udah oblak lagi ya haduh pusing nih, punya saran komstir yg awet pake punya apa ya om? :mrgreen:

    minta pin bb nya juga dong om kalo bole :D

    • kenthoet mengatakan:

      waduuhh masak cuma 2 bulan usianya masbro ?? klo saya sih biasanya pake komstir ori az lumyan awet kok , tapi grease/ stempet nya saya pakai grease cvt buat komstirnya bro

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s