Mas bro sekalian, akhirnya bisa nulis lagi di blog ini ;) , dan bagi sampeyan yang sudah lama setia nungguin artikel baru di blog ini, sekarang sudah bisa bernafas lega :lol:

Ok langsung az,artikel kali ini adalah lanjutan dari artikel yang kemarin yaitu tentang perawatan motor injeksi, kalo yang kemarin kita sudah mbahas tentang cara membersihkan Throttle Body-nya Yamaha Vixion ,nah kali ini ane mau mbahas soal Fuel Pump . Mas bro tahu Fuel Pump (FP) kan :?: itu lho ‘sesuatu’ yang ada di tangki BBM yang bunyinya Nguiiiiiiiinnnggggg….pas awal sampeyan meng- ON -kan kunci kontak di motor injeksi :DNah di motor injeksi, Fuel Pump (FP) berperan sebagai penyuplai bahan bakar bertekanan ke Injektor , dan tekanan yang dihasilkan oleh fuel pump di tiap type motor injeksi bisa beda-beda mas bro , contohnya: tekanan FP vixion adalah 250 Kpa , Jupiter Z1 adalah 290 kpa dan Mio J n Soul GT adalah 324 kpa , itu adalah tekanan FP standart nya mas bro , nah gimana kalo tekanan FP nya kurang dari standartnya :?:

Kalo tekanan FP nya kurang dari standartnya biasanya itu ada gejala ‘mbrebet’ mas bro atau kalo parah bisa sampai mogok sepeda motornya :roll: ,memang sih mbrebet / mogok di motor injeksi itu bisa disebabkan dari berbagai faktor, salah satunya ya gara-gara tekanan FP yang gak normal , jadi gambaran sederhananya gini, bensin dipompa oleh FP trus dialirkan menuju Fuel Hose (selang bensin) lalu menuju ke injektor,fungsi tekanan disini adalah agar bahan bakar yang disemprotkan injektor itu menjadi kabut, semakin besar tekanannya maka hasil semprotan injektornya juga semakin bagus tapi kalo tekanan FP nya kurang dari standart nya maka hasil semprotan injektornya  juga sudah tidak membentuk kabut lagi tapi kayak menetes gitu karena kurang tekanan , makanya mesin bisa mogok / mbrebet. CMIIW :P

Nah sekarang pertanyaannya bagaimana caranya mengetahui tekanan yang dihasilkan FP dimotor injeksi :?: apakah dengan cara menempelkan telinga ditangki BBM trus kontak di ON sambil mendengarkan bunyi Ngguuuinnnggg nya fuel pump :D  , kalo bunyi Nggguuuiiiiiinnngg…. nya keras / banter berarti tekanan FP nya normal :mrgreen: ,…… ahhh.. itu mah djadoel mas bero :lol: :mrgreen: sekarang yang pasti-pasti az deh yaitu mengecek tekanan FP menggunakan alat ukur yang namanya Fuel Pressure Gauge . kebetulan di tempat ane sudah ada alat kayak beginian ;)

^^ tuh ada namanya dah wujudnya

Cara menggunakan nya mudah kok mas bro, tinggal colok-colok az :D , lepas fuel hose dari FP lalu colokin deh fuel pressure gauge nya, ujung yang satu dicolokin di FP dan ujung yang satunya lagi dicolokin ke Fuel hose yg menuju ke Injektor :D

^^kayak gini jadinya :D

Nah kebetulan yang dipake praktek kali ini adalah vixion milik teman ane yang odometernya sudah jalan sekitar 43ribu-an km, jadi nggak ada salahnya kita cek sama-sama apakah FP nya masih normal ataukah sudah ‘bermasalah’ :?: . FYI tekanan FP Vixion standart adalah 250 kpa.

 Pertama, setelah fuel pressure gauge (FPG)  terpasang dengan sempurna lalu putar kunci kontak ke posisi ON ,bisa dilihat digambar bahwa jarum langsung menunjuk ke angka 250 kpa, lalu hidupkan mesin ,lalu buka gas secara perlahan mulai 2000rpm, 3000rpm, 4000rpm..dst sampai limiter ECU bekerja, sambil melihat pergerakan jarum Fuel Pressure Gauge (FPG) nya , jika FP nya normal maka jarum FPG nya akan stabil di angka 250kpa, seperti dilihat pada gambar di rpm 10000 pun jarum masih stabil ,berarti FP nya masih normal bin sehat wal alafiat :D .

Nah sekarang apa saja yang bisa membuat tekanan Fuel Pump menurun dari standart nya :?: :

1. Bensin habis / mau habis ,jangan berharap tekanan FP bisa normal kalo bensinnya gak ada :D ( paling sering terjadi di bengkel )

2. Filter fuel pump kotor / tersumbat , filter gunanya buat menyaring ‘benda asing’ di bensin agar tidak masuk ke injektor,tapi kalo filter sudah terlalu kotor juga bisa menghambat ‘sedotan’ dari fuel pump itu sendiri sehingga tekanannya pun ikut menurun :D ( ini juga banyak terjadi )

3. Aki tekor , motor FI sangat tergantung pada aki / baterai sebagai sumber listriknya karena aki akan ‘membagi’ tegangan listriknya ke semua sensor-sensor dan ECU agar semua sistem FI bisa berjalan dgn semestinya, jadi kalo bisa jangan memasang ‘aksesoris motor’ yang menambah ‘beban’ kerja aki sehingga aki tidak cepat tekor. (banyak juga terjadi)

4. Fuel pump sudah rusak / tidak berfungsi dengan baik (paling apes nih :D ) , mau gak mau mas bro harus beli fuel pump baru . (jarang terjadi tapi ada yang pernah ngalamin :D )

5. (silahkan di isi sendiri :D :lol: )

Gimana mas bro sudah lumayan jelas kan sedikit informasi ane diatas soal fuel pump :D , semoga berguna bagi mas bro yang punya motor bersistem Fuel Injection :D

Udah dulu ya segini az dulu, kalo ada yang mau nambahi, monggo , mau berkomentar juga monggo , mau bertanya juga dipersilahkan :D (akan ane jawab semampu ane ) tapi ditulis dikolom komentar az ya :D

Uuupsss…. :oops: Kalo lihat senyuman manis cewek yang satu ini bikin ‘fuel pump’ ane selalu bekerja :oops: :oops: ceeeessssss :mrgreen: :P :lol:

Ve kawai badai :oops:  , kawai tsunami :oops:  , kawai gempa :mrgreen: , kawai puting beliung  :lol: dll deh pokok e :oops: :lol:

Semoga berguna ya :D

Salam, Kenthoet :D

About these ads

About kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

194 responses »

    • kenthoet mengatakan:

      tambah’ono mas kalo ada yg kurang , sampeyan kan sudah ‘expert’ dibidang beginian :D

    • dianz gokil 46 mengatakan:

      mas broo..motorku ada kendal kyk artikel e panjennengan.yg brebet.tenaga juga gak maximal.busi ganti ping 5 wes.tangkinya wda di cek sama mekaniknya katanya gda apa2 fp nya wda.injeksinya wda dibersi’in beres.tapi tetep aja yg brebet kayak mau mati kehabisan bensin.masak anae satu bulan ini servis wda 3 kali tp gda hasilnya.gmn ni mas bro jalan keluarnya.kayaknya di bengkel yg aku service kan gda pengetesan kyk pnyae pnjenengan itu.aku lho rutin service tiap bulannya.sama ganti oli.

      • kenthoet mengatakan:

        kelistrikannya dh dicek blum masbro :?: mksude kondisi spul n kiprok nya gmna??? soale klo bgian itu bermaslah juga bisa bkin mbebet,,,, biasanya “penyakit” spul itu menjangkit di vixion yg usaianya diatas 3tahun

  1. erwinkrenbiz mengatakan:

    nice inpo,bisa dipraktekin nih ke si ijo 2tak [hloh emang bisa apa?]gk nyambung

  2. axo92 mengatakan:

    eh eh, foto siapa itu dipajang-pajang? 8-O :oops: :roll:

  3. DPC Paintwork mengatakan:

    bikin fala ané fusing…

  4. ipanase mengatakan:

    ndue alternatip karet tutup tangki nggo megison ra lek, ukurane duwure bebek yamaha i, gede pokoke

  5. gogo mengatakan:

    kayak tensiometer yah,,
    bsk udah jadwal servis neh, di tiap dealer udah ad alatnya kan bro??

  6. Maxy mengatakan:

    bro,selain fuel pump,faktor apalagi y yg buat vixion brebet bro?klu ganti kem pakai kawahara k2 apa bisa berpengaruh?trus dlu gnti busi ke beres yamaha di kasi busi xeon yg cr7..apa bisa jadi penyebabnya jg?udah pakai piggyback tetap aja brebet..mhn infonya,tx

    • kenthoet mengatakan:

      bnyak mas sperti : injektor kotor/tersumbat , filter udara yg kotor ,koil n busi yg ‘setengah’ mati ,dll :D setahu ane mas, kebanyakan kalo dah ganti kem aftermarket ‘biasanya’ selalu muncul gejala mbrebet,terutama di rpm bwah-tengah CMIIW , pemakaian busi dengan kode panas yg lebih rendah dri stndart motor biasanya mnjadikan usia pakai busi jadi lebih pendek. misal klo pake busi stndrt mmpu di pakai sampai 6000km tp klo pake busi yg angkanya dibawah stndart cuma smpai 3000-4000km az CMIIW

  7. bagas29ps mengatakan:

    motorku kui..
    kemarin kok motorku mati mendadak yah pas di jalan? untung bisa nyala lagi :(

  8. Muhammad Aulia mengatakan:

    om kenthoet mau tanya nih, kalo alat2 injeksi kyk FP trs thorttle body trs injector2 gitu dibersihinnya gapake alat2 diatas bisa om? beres sini kyknya belom nyediain deh alat2 gitu :( http://brigade15.wordpress.com/2012/11/30/30-11-2012-hari-bersejarah-bareng-vixionku/

  9. PuguhP mengatakan:

    bro kalo motor kepanasan bisa mati y?

  10. sport user mengatakan:

    ijin share mas bro

  11. vixieg4744hk mengatakan:

    fuel pump ane pernah macet bro… pdhl gak pernah kehabisan bensin. katanya sih gara2 kejemur thu motor.. tp setelah ane diemin kira2 15 menit, normal lagi.. :D vixie ane keluaran pertama…

    waduw bonusnya broo.. *kaga nahannnn… :oops:

  12. redbike92 mengatakan:

    wah kalau SUpra PGM-FI adik ane cara cek tekanan fuel pumpnya sama gak kak Jo :D ?

  13. ax125 mengatakan:

    Motorku masih karbu masbro :(
    Dan tromol tentunya …. :cool:

  14. 2in4 mengatakan:

    bisa untuk semua motor injeksi dong…? ya liat buku manual dulu..

  15. 46@sukses.com mengatakan:

    Waw..fto yg di bwah…lho kok lama gak update bro..ulas juga tetang tune up bro,.biar sesuatu..

  16. rojopati mengatakan:

    numpang nanya mas

    vixy sy kan rencanane mau dicat ulang lha kata tukang catnya tangki+FPnya harus dilepas sama bensin dikuras..lha pertanyaan saya stelah FP dipasang trs tangki diisi bensin lg lgsg dinyalain spt biasa atau gmn ya apa nanti kyk vixy kehabisan bensin soalnya pas dicat itu tangki harus dlm keadaan kosong

    • kenthoet mengatakan:

      ya lngsung dinyalain seperti biasa az mas , gak ad pengaruhnya kok hbis lepas fuelpump atau gak lepas fuelpump , asal arus listrik dri aki nya normal fuelpump nya pun akan normal :D

  17. wong meseng mengatakan:

    mas, mbok tulung bahas engine cut off tambahan yang bisa dipasang dibawah jok piksen.
    pasti pernah dimintain tolong pasang kan?

    • kenthoet mengatakan:

      engine cut off paling sederhana di piksen, hmm tinggal balik az posisi Lean Angle Sensor (LAS) nya mas , dijamin mogok total motor e :D *sesat :twisted:

      • wong meseng mengatakan:

        kalo yg itu kan repot mosok kudu nyopot pake obeng terus mas?
        biar kalo parkir mudah pengoperasiannya.

        itu LAS kalo sering goyang/kena getaran (misalnya diikat pake karet) cepet rusak ngga?

      • kenthoet mengatakan:

        gak usah diobeng mas, kan udh ada colokannya 2 biji , sebenernya gk usah di obeng pun gak akan goyang2 klo udah nancep dicolokan nya mas :D
        klo sering goyang2 mngkin bs jdi cpet rusak mas, soale kan di dlm LAS itu ada kyk semacam bandulnya :D IMHO CMIIW

      • wong meseng mengatakan:

        ohh udah ada colokannya toh, besok deh tak coba buka bautnya. berarti ga di baut gpp toh?
        makasih infonya mas, ane agak alergi ama pengaman model alarm.
        lebih tertarik bikin yang biasa.

      • kenthoet mengatakan:

        silahkan dicoba :D

  18. bimo96 mengatakan:

    ribet mana broooo servis motor injeksi ama karbu??? :D

  19. nanorioken mengatakan:

    mas motor vixion ku baru 1 th udah telat bensin terus…
    dah jalan eh mati sendiri, gas di turunin lama 2 hidub lgi udah saya ganti busi dan saringan udara masih gitu aja knapa ya mas??

    • kenthoet mengatakan:

      coba bawa ke Bengkel n dibersihkan bagian injektornya barngkali sudah kotor sehingga tdk bisa mnyemprotkan bhan bakr dgn sempurna trus sekalian cek juga tekanan fuelpumpnya n cek juga koil pngapiannya mas brngkali ad yg gk beres dgn koil motor smpeyan :D

  20. 46@sukses.com mengatakan:

    Sing due warung gak tau update,samar nak gupak oli po…?

  21. gus jaya mengatakan:

    Mas gan nanya dikit nie.
    Motor adik ane vixi keluaran 2011.
    Ud pasang klakson inova.
    Ngaruh banget ga tu ke output kelistrikannya…?
    Setiap pencet klakson pasti lampu ngedip.
    Ngaruh ga ke fuel pumpnya….
    Suwun mas.

    • kenthoet mengatakan:

      waaahh klo itu yo ngaruh bnget mas k aki nya. biasanya bikin aki cepet tekor, nah klo aki tekor suplay arus listrik yg dikirim ke sensor2, fuelpump n ECU jd gk mksimal shingga kerj sistem injeksi ny pun jd kurang mksimal

      • gus jaya mengatakan:

        Tapi motor bukan versi aho gan.
        Pas malem aja kadang klakson orang.

        Klo diganti pake aki susi FU yg 5A gemana gan…?

        Nanya lagi.
        Hehhehehe

  22. kabayan mengatakan:

    mas bro ane mau nanye nih!!
    gmn crnya bwt ningkatin tenaga mtor matic injeksi,misalkan dri 110cc jd 130cc gmn??
    apakah harus gnti piston atw gmn ,bs gak??
    ♍άќªšΐђ(◦’⌣’◦) sblmnya :-)

    • kenthoet mengatakan:

      klo bikin matic dri 110cc mnjadi 130cc cara paling mudah n murah yo diboreup mas alias diameter piston diganti dgn ukuran yg lebih gede dri ukuran standart :D

  23. genbox mengatakan:

    bro, mau tanya nih.
    klo setiap service vixion saya dibengkel resmi kok cuma sebentar doang ya?
    padahal klo kita baca buku servicenya, banyak banget yang harus di cek, klo ada bagian yang tidak dicek sesuai dengan buku service apa bisa komplain?

    • kenthoet mengatakan:

      biasanya di setiap bngkel resmi sudah disediakan kartu SOP servis berkala di setiap motor mas, meliputi 19-21 point pengecekan :D , kalo mas merasa kurang puas bisa lgsung bertnya/ komplain k kepala mekanik / service advisor nya mas :D supya diberi pnjelasan yg lebih detail lgi :D

  24. romeo mengatakan:

    bro…
    vixion saya tahun 2010
    baru2 ini ada sdikit troubel
    klo dpake jalan lama trus lampu utama nyala smua tiba2 lampu kuning di spedometer yg gambar tangki nyala trs brebet lalu mati mesinya
    trus didiemin sebentar hbs tuh lampu di matiin bisa nyala lagi
    tp bresiko kan bro klo lampu dimatiin bisa2 jadi santapan sarapan/makan siang pak polisi (maklum dsini polisnya “rakus”)
    sudah saya bawa ke bengkel resmi yamaha katanya kiproknya hrs ganti
    tp saya kurang yakin sama yamaha dsini (saya tinggal di medan bro)
    pas saya buka2 web katanya fuel pumpnya yg hrs dganti..
    trus gmn ini bro?
    mohon pencerahanya…
    trus bro klo tahu brp harga kiprok vixion dan harga fuel pumpnya?
    thanks bro…

    • kenthoet mengatakan:

      kalo fuel pump rasanya enggak deh masbro ,kmungkinan besar emg dri kiprok mas tpi sebelum ganti kiprok ada baiknya di cek dlu spul pengisiannya mas, tahanan spul pngisian old vixi antara 0,6-0,9 ohm , klo diatas itu brrti ad yg g beres dispulnya , hrga kiprok vixi skitar 250rbuan n spul nya skitar 190rbuan (lebih jlasnya buka katalog online Yamaha mas :) ), oh iy klo boleh tau odometer vixi nya masbro udah brpa km ?? n bohlamp lmpu depannya masih pke yg orisinal bawaan motor kan??

  25. muhammad subhan mengatakan:

    makasih artikelnya mas… kebetulan ane punya vixsen jadi bisa merawat dengan baik..

  26. bang_Jack mengatakan:

    matur nuwun mas bro artikele…
    mas bro, posting artikel bwt vixion lg donk…
    aku mw ngrawat my Blacky (vixion itemku) nih…
    tp males ke bengkel…
    jd pengennya ngrawat di rumah aja…
    hehehe…:)

  27. ferdi ans mengatakan:

    mas bro, motor saya kecelakaan trus pas di hidupin kunci kontakny gk ad suara “ngiiiiiiiing”..
    dan gk mw hidup mas bro, tapi setelah d engkol bisa hidup..
    akn tetepi setelah di matikan dan di hidupkan pakai kunci kontak tidak ada suara “ngiiiing” ny lgi n di engkol gk mw hidup…
    karena apa tu masalahny mas bro..
    mohon bantuany mas bro?

    • kenthoet mengatakan:

      motornya apa masbro :?: vixion ya :?:
      1. coba cek sekering n soket2nya n baterai / aki nya sekalian
      2. cek kunci kontak , trutama soketnya , atau klo perlu lgsung ‘jumper’ az tanpa kontak buat ngecek kunci kontak masih OK atau bermasalah
      3. cek saklar engine stop , cek kabel2nya n soketnya :D
      yg sering ane temui dibngkel itu soket kunci kontak vixion yg suka ‘ngefong’ alias gak conect

      • ferdi ans mengatakan:

        thank you mas bro..
        y motor ny vixion..
        tadi dh ane bawa ke bengkel masalahny ad pada engine stop..
        korslet krna patah dudukan engene stopny..
        trus sampai rumah mati karena jumper rusak..
        dan dh diganti pakai yg 15 ampere…
        vixion brpa ampere mas bro standardny?
        bsog pn mw gnti lgi engine stopny..
        biasanya hargany brpa mas bro?
        mas bro orang mana?

      • kenthoet mengatakan:

        mksud e sekeringnya y bro :?: klo sekering vixion pake 20 Amp bro :D … wah kurang hafal hrga sprepart bro :)
        ane orang Kualalumpur van java alias Sidoarjo masbro :lol: ,,

  28. ferdi ans mengatakan:

    hahaha..
    ok mas bro..
    thanks y mas bro informasinya..
    sekring yg bagus merk ap mas bro?
    oh y bagaimana qt agar tau kalau baterai aki kering qt abis daya pemakainy mas bro?

    • kenthoet mengatakan:

      merk apa az yg penting ukurannya sma kyk stndrt bawaan motor :D

      yo dicek pake AVOmeter masbro,, tegangan aki normal minimal 12,4volt klo <12,4 volt perlu di setroom ulang / dicharge :D

  29. ado mengatakan:

    apa bener motor inject harus diisi pertamax ??

    • kenthoet mengatakan:

      pake pertamax atau enggak itu trgntung dri perbandingan kompresi dari motornya masbro, setahu ane klo perbandign kompresi >9,0 : 1 sebaiknya di ‘minumin’ pertamax , terlepas dri itu motor udah injeksi atau bukan IMHO

  30. ferdi ans mengatakan:

    mas bro, setelan gas ane sering lengket mas bro?
    klw d gas kadang2 lengket mas bro..
    padahal udh d ksi isolatip biar dia maen jga<
    gw isolatip d dekat sarung gas yg mnghbgkn dngan permainan gas engine stop..
    apany itu y mas bro?
    apa per gas bwahny mas bro?
    kereta gw vixion mas bro.. :)

    • kenthoet mengatakan:

      lengket gmana to masbro mksud e??? ane kok bngung ya :?: :roll:
      lengket mksude berat pelintiran gas nya atau wktu gas di tutup penuh terasa masih ngegas gtu :?:

  31. Ahong mengatakan:

    Ikut naya mas brow,apa bner klo vixy abis buat jatoh,injeksny udah g normal,,kaya biasanya,

  32. try you no mengatakan:

    posisi on pompa bensin bunyi sebentar terus mati waktu distarter pompa bunyi lagi tapi mesin gak idup,itu apanya ya…

  33. ahmad rozikin mengatakan:

    Nek. Filter vixion di copot efek ke nak opo ae mas jon…..

  34. ahmad rozikin mengatakan:

    Nak filter vixion di copot efek e nak endi ae mas jon

  35. abe mengatakan:

    mas apakah ada efek pada motor injection yg menganut lampu depan dc jika kita memasang saklar lampu pada motor aho kdepannya!

  36. hermansyah mengatakan:

    Gimana brow cara ngorex mesin jupiter z1 ??!!!

  37. Immo mengatakan:

    masbro..numpang tanya nih…
    NVL ane baru 2 bulanan, spdometer baru km 1200 an, dulu pas servis pertama km 900 ,ane dah keluhin masalah brebet22 kasusnya sama yang ada d atas22, trus dah dganti ma busi baru jadi normal..eh sekarang balik brebet lagi. masalahnya apa ya masbro ? ap FPnya ? kelistrikan normal masbro.

    • kenthoet mengatakan:

      mbrebetnya di rpm atas ,bawah atau tengah masbro???
      klo di beres terdekat ada fuel pump pressure gauge boleh juga tuh di cek tekanan fuel pumpnya untuk memastikan :D

  38. yayan mengatakan:

    gan jual soket fuel pump juga ga,??????di tunggu gan kbrnya belinya di mana?contac yayan 021.98068764

  39. bwai mengatakan:

    Om, mau nanya ni, jarum RPM dimotor ane lepas, gimana cara masangny lg?

  40. bian mengatakan:

    .ikut nimbrung nanya mas bro.
    .motor ane vision,trus kmaren khabisan bensin.
    .wktu khbisan ane isi bensin bisa xala lg,tapi masalah.a kgak bunyi nguuuuuuiiiing dan lampu injeksi d spido kagak xalalagi,trus stater tangan.a (kagak tau bahasa mekanik.a),it kgak bisa xala,jadi xala.hin.a harus stater kaki,trus klau d stater kaki dalam keadaan lampu xala juga kgak mw xala entu motor
    .it knapa ew mas bro…?
    .ap fuel pump.a bermasalah,apa kelistrikan.a,,,?
    .d tggu jawaban.a…

    • kenthoet mengatakan:

      klo dilihat dri gejalanya , itu dri klistrikannya bro mgkin karena 1. aki tekor , 2. skering n soket nya bermaslah n coba cek juga kondisi pengisian dri kiprok ke aki normal apa gak ,,, utk lbih pstinya bawa ke beres terpercaya di kota masbro

  41. ilya mengatakan:

    assalamu’ alaikum
    kang, iso bantu q kn,, 1 bulan lalu saya kcelakaan jd NVL ru 2 bulan beli lgsng ancur yg alhamduliLLAH skrg dh baik (abis 3,2 juta kang,, poso smpe 2 bulan k’dpn awakq) hee e tragis
    nah tp ne motor mren sering mogok & masuk beres dh 4 kali smpe mren bongkar total breng kawan2 beres yamaha & alhamdulillah lancar jaya motor’y (sblum’y ana sempat klaim & fuel pump dh ready re pihak dealer/gratis smbil merengut divisi pemasaran’y hee e)
    kang,, saya butuh bgt alat Fuel Pressure Gauge’y, sampean bisa bntu saya buat beli’y ?
    trus harga’y piro kang ?
    dimana beli’y kang, bantuin nggeh
    tak tunggu info’y di;
    ramadhan.taufan@gmail.com
    082334128106
    matur suwun dulur,,

    • kenthoet mengatakan:

      wah sory gk bisa bntu klo urusan gtu kang… soale biasanya itu hnya dijual untuk jaringan resmi yamaha saja IMHO

      • ilya mengatakan:

        ohhh.. ngono ?
        kirain tuh alat dijual bebas ? hee e
        tp mren cari2 alat semisal y nemu tp gk pke bypass ke unit injectior’y (h’y ut ukur pressure fuel pump doang tanpa mesin utama hidup),,
        mslh’y kang ne dealer minim tools’y jd rencana mo bntu,, mren z wkt mo cek semburan injector’y mlh pke kertas ?
        lo’y vixion lama spray’y fokus sdg NVL mlh gk nyembur sm skali (beda sistem injeksi’y) smpe boss mekanik bingung kirain emg rusak ?? hee e
        trnyta pas pke tangki NVL baru (yg bkl dijual tuh d’dealer) sami mawon hee e
        jd scra manual dh fuel pump’y dirawat;
        disemprot2
        digosok2 tiap line fuel’y &
        line instalasi kelistrikan’y dijepit2 pke tang (wow ekstrim hmpir2 ane marahin tuh boss mekanik’y tp alhamdulillah msih inget sm jenggot ane yg dh 15 cm wkwkwk)
        bgtu dipasang lg ??
        lgsng gas poll tuh mekanik smpe jumping hee e
        lancar jaya motor’y alhamdulillah
        trus sore’y lgsng balik ke kota tempat ane kerja (jarak 67 kilo) smbil pelan2 urut throtle gk lebih re 7000 rpm’y hee e
        tkut mogok kang cz jln lintas propinsi (hutan lindung kanan kiri’y) jd hmpir gk ada penduduk sepanjang jalan ?
        bisa kebayang kn lo’y mogok lg ?
        syerem…. hee e
        dsni KUTAI TIMUR KAL-TIM smpean bisa puas bejek2 performa motor cz lintasan yg berbukit bukit tinggi, tikungan tajam/cilukba tau2 ada tronton ? hee e
        bnr2 medan yg tepat buat eksplor performa motor,, mlh jalan mulus aspal’y nh ? asyik2 hee e
        tp ane bukan speed freak kang, jd nikmati bgt pemandangan & ngrasai galak’y torsi si Blaki (NVL ireng ane) wkt ditanjakan terjal nan panjan… hee e
        enak bgt power si Blaki nh ?
        enteng & power melimpah sjk start & sgra terlimitasi swkt rider’y gas poll ?
        hee e ky punya jiwa z nh motor, tau z lo’y yg naikin org’y serampangan ?
        hee e
        oy jd curhat hee e
        inti’y smpe detik ne ane puas pke yamaha kang, udh harga spare part’y trpampang di katalog’y (dealer gk bisa mainin harga lg) & unit’y nh full perform ut kelas’y Mantap.
        terus brkarya yh kang, saya tunggu tiap tulisan2 smpean yg edukatif ne…
        ane taufan, tiang jawi lahir neng perantauan hee e

      • kenthoet mengatakan:

        Ok kang , terimakasih udah mau mampir n curhat2 disini :D semoga NVL nya awet seumur hidup kang hehehe :D

  42. ilya mengatakan:

    Aamiin Ya RABB,, matur suwun dungane kang,,, peace be upon you
    oy skedar share nh,, kawan ane nh ge upgrade Byson’y kang & yg dituju adlh
    R.A.T racing speed sidoarjo,, td sh dh BBM’n & skrg tmen ge siap2 ngirim piston kit & Head Cylinder buat di reamer sm sesepuh dsna,, hee e
    menurut smpean sesepuh neng R.A.T super jos guandos to kang…. cz gk sabar nunggu byson tenaga dewa racikan eyang sepuh R.A.T dibejek2 ane nh… hee e
    salam sedulur,,,

    • siauz mengatakan:

      Broo, ane mw nanya nih, vixi ane thun 2012 ptih,udah ganti knalpot , ais udh ditutup , kendala nya bgnii, motor digas terkadang loss power gitu broo disertai dengan nembak”, ada yg tw knpa berserta solusi” nyaa .thanks

  43. andi mengatakan:

    Mau tanya nih,motor vixion yg 2013 saya klo mesinnya hidup suara ijectionnya hidup trus,,
    itu bermasalah gk mas broo.
    ditunggu blsannya

  44. Edhu mengatakan:

    Mas bro, vixi punya saya, ketika d’ganti lapu depannya, motor lebih panas dan tidak stabil. jalannya juga sering tersendat. mohon solusinya mas bro!!!

  45. ariwendi mengatakan:

    q py mtr vixsen pas ta stater bunyi ya keras bgt kaya digas, q ud lepas kbel gas ya,tp masih tetap , klu blh tau it apy bro

  46. Heru Purwoko mengatakan:

    mz kenthoet gmana cara membongkar thorrtle body tolong kasih gambran ya aq msh bingung mau bongkr bgian yang itu. sblum nya mksih mz

  47. Djamal mengatakan:

    Salam Kenal.
    Bgmn Bisa Dapat Alat Fuel Pressure Gauge.?

  48. agus salim mengatakan:

    thanks mas informasinya berguna bgt.kbetulan aq mekanik bengkel umum yg gk terlalu ngrti msalah motor injeksi

  49. gushar mengatakan:

    posting ente bermanfaat gan….lanjutin terus gan jadi sodaqoh bukan cuman duwit…hehehehehe postingan ente juga sodaqoh yang tak ternilai harganya..semangat dahh

  50. ghofar gokiel abiezz mengatakan:

    bro gw mau tnya mtor vixion gw tu kl di starter it ad bunyi kyk selip gtu entah it dbgian dinamonya to apany trus lampuny lngsng redup kyk gax kuat tlng solusiny broo…thankz.

  51. ind mengatakan:

    Bro klo pompa vixion diganti misalnya dengan punya mio J. bisa gak. kan bentuk pompa mio j lebih kecil. soalnya ada rencana dibuat trail tp tetap injeksi

  52. Amran mengatakan:

    Ok nnti kt coba

  53. Amran mengatakan:

    Nnti di coba

  54. Amran mengatakan:

    Nnti d coba

  55. Amran mengatakan:

    Man’s

  56. JejaringIndonesia mengatakan:

    nice post, Jangan lupa kunjungi kami JEJARING INDONESIA

  57. hasanuddin mengatakan:

    mas bro aku juga mau nih….gimna prosedur pemaangan fuel pump baru?….

  58. ragil mengatakan:

    assalamu’alaikum mas broe
    sebelumnya trimakasih bisa curhat dengan mas bro,,,:-D jadi begini mas bro, pixsen ane bikin ulah lagi nie, sepulnya baru ane ganti 3bulan yang lalu, sekarang udah kebakar lagi. kira2 apa penyababnya mas bro? mohon pencerahannya
    matur tengkyu….

  59. ardiansyah dede mengatakan:

    sory masbrow sya mw tanya,,ciri2 vixi ane sma kya yg di atas tp sambil di iringi lampu indikator wrna kuning yg menyala trus (tidak berkedip)……di tengah prjalanan dalm kecepatan kurang dari 30kmj trkadang lampu indikator itu mati dn motor langsung brebet,breber pun tidak hilang sampai lampu indikator nya menyala lg…tlong solusi nya trima kasih..

  60. aris mengatakan:

    Tanya gan piksen ane gk bisa nyala padahal lampu netral nyala didobel start bisa tapi mesin tetep gak idup pakai ongkel juga gk mau,injeksinya gak dengung lampu kuning mati

  61. chris29 mengatakan:

    Mau tx nih mas bro, vixion ane klw panasmesinx bunyi berdecit .. Itu knp yah?

  62. rudi al huda mengatakan:

    v xion ane kayak telat bensin apa penyebab ny n gmn cra mengatasinye …… suwon mas…..

  63. zetrial mengatakan:

    mas saya punya motor yupiter mx .accu baru tiga bulan pakai bendit baru di ganti,sekarang ngak mau di stater ,mohon bantuanya ya mas terimakasih terlebih dahulu

  64. Ardi mengatakan:

    Mas gw mau tanya, tapi harap dibalas ya…? Vixixon gw thn 2007 bln11, aki udah soak tapi gw biarin aja maslh keuangan mas heheh.. Tai masih tetap hidup cuma payah distarter, suatu ketika saya isi pertamax esok paginya panasin jlan keling sebentan sekat 3km terus blik kerumah lagi gw standar 2 posisi mesin masih hidup trus gw gas gas kira kira setengah atau mingkin lebih tiba tiba keluar asap putih sedikit turun gas tiba tiba mati mesinnya gw engkol tuh mesin payah idup starter juga ga bisa gw diamin beberapa detik idup kembali tapi agak merembet setikit lama lama bru normal… Mohon mas dibantu apa kira kira yg ga benar dimotor saya.. Terima kasih mas.. Ardi dari medan” salam satu aspal.

    • kenthoet mengatakan:

      Lbih baiknya ganti aki dlu az bro, klo aki dah normal baru di cek bgian pngisiannya, seperti kiprok n spul pngisiannya, soale klo pasokan listrik ke ecu ndak stabil bisa bkin motor jdi brebet n gk gormal

  65. choetox mengatakan:

    om mw tanya ni om..vixion 2009 ane akhir2 ini angkatan gas nya kok rada2 telat ..jadi kyk ngeden dlu kalo di gas tu..akselerasinya molor bgt..kira2 penyebabnya apa ya .. kondisi motor masih standar smua.

  66. agung mengatakan:

    mas sy mau tanya…sya bru bli vixion 2014 waktu nyalin kontak ke on suara injeksi bunyi..terus mati…tp pas di setater mesin nyala…ko suara injeksinya jg ikut bunyi terus.waktu di jalanin jg injeksinya bunyi terus…apa itu ga kenapa-napa mas???…

  67. dani mengatakan:

    Mas broo mau tanya ane pake old vixi 2013,, tiba2 motor ane g bisa d starter elektrik, tapi stater kaki bisa, keadan lampu nyalah indikator kelap kelip, lampu netral jua nyalah, trus keadaan rpm awal 0 d gas baru mau naek, kira2 masalahnya apa yah?

  68. yanda mengatakan:

    Maaf om mau nanya, vixion ane keluaran 2010, sering mati2 sendiri kalo lg jalan, pertamanya brebet2 dulu trs mati, itu solusinya gmn om, bersihin filternya doang apa kira2 ada problem lain? Thx

  69. uliel mengatakan:

    Punten masbro… Mungkin sblume udah ada yg tnya tp ane pngen tnya lbih jlas… Ane punya nvl thn 2013… Tadi sore pas lgi jlan tiba2 mau mogok kyak khbisan bnsin pdhl bensin masih ada… Trus tiba2 jg ada suara nembaknya masbro… Kira2 knp ya… ? Tlong bgt masbro… Klo bsa bles lewat sms ya… Ni nomer ane 087737055595… Mksh sblume mas…

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s