Masbro  sekalian yang berbahagia :D ketemu lagi di blog nan kuecil bin imut bin gak ngetop ini :mrgreen: ,Ok kali ini ane mau sedikit berbagi ilmu yang dulu pernah ane pelajari ketika di Yamaha Engineering School (YES) yaitu ilmu tentang hitung-hitungan , bukan untuk menghitung utang tapi untuk menghitung kecepatan sepeda motor berdasarkan kecepatan mesin dan perbandingan rasio yang digunakan :D , tapi sebelumnya masbro harus memahami dulu Jalur Pemindah Tenaga , jadi biar gak mumet nanti ngitungnya :D

Dimulai dari Piston — setang piston — big end — as kruk — gigi primer — gigi sekunder — kopling — Main Axle — pinion gear– wheel gear — Drive Axle — Sproket depan — rantai — sproket belakang — roda belakang.

silahkan lihat gambar kalo bingung :arrow:
Gambarku 1^^ kayak diatas gitu gambaran sederhana jalur pemindah tenaga masbro

Maaf ya kalo gambarnya terlalu bagus :lol: :mrgreen: ,Nah terus terus apa hubungannya dengan gambar diatas :?: begini masbro kalo masbro sudah mengerti urutan jalur tenaga maka kita bisa menghitung berapa kira-kira kecepatan maksimal yang dihasilkan motor disetiap giginya berdasarkan gir rasio yang digunakan , tentunya dengan menggunakan 2 rumus dibawah ini :D

Rumus mencari perbandingan Reduksi total tiap gigi :arrow:rumus reduksi^^lihat gambar paling atas apa yang dimaksud dengan Z1-Z6

Rumus menghitung kecepatan :arrow:rumus kecepatan^^Nah jika sudah ketemu  perbandingan reduksi total tiap giginya maka masbro bisa menghitung kecepatan maksimal ditiap giginya menggunakan rumus diatas.

Ok biar nggak tambah mumet langsung az ane kasih contoh cara menghitung kecepatan maksimal ditiap gigi pada Yamaha Old Vixion , cekiprot :D :

spek old vixi^^ spesifikasi Old Vixion standart pabrik

Langsung saja cara menghitungnya begini :arrow:

Gigi 1 :

kec gear 1^^ hasilnya kecepatan max . di gigi 1 adalah 43,72 km/jam

Lanjut ke gigi 2 :arrow:

kec gear 2^^ kecepatan maksimal gigi 2 adalah 66,07 km/jam

Lanjut gigi 3 :arrow:

kec gear 3^hasilnya kecepatan maksimal gigi 3 adalah 86,72 km/jam

Lanjut gigi 4 :arrow:

kec gear 4^^ hasilnya kecepatan di gigi 4 adalah 108,4 km/jam

Lanjut gigi 5 :arrow:

kec gear 5^^ hasilnya kecepatan maksimal di gigi 5 adalah 129,51 km/jam

Ya jadi begitulah, memang kecepatan maksimal / topspeed motor dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti bobot pengendara, kondisi jalan atau hembusan angin dll tapi biasanya topspeednya gak akan beda jauh dari hasil itung-itungan kita diatas ;) ya paling simpangannya plus minus 5-10% lah :D

Gimana masbro kira-kira sampeyan sudah gak bingung lagi kan dengan cara ngitungnya :?: , jadi jika sampeyan pengen tau topspeed sepeda motor yang anda tunggangi tanpa harus kebut-kebutan dijalan , ya monggo dihitung az secara teori menggunakan rumus-rumus diatas :D , ya itung-itung juga sedikit membantu pihak kepolisian untuk mengurangi angka kecelakaan dijalan gara-gara ngebut nyari topspeed ;) .

Ok deh cukup sekian update postingan kali ini ,Silahkan dikomentari n monggo dikoreksi apabila ada yang salah pada tulisan ane ini :D ,semoga berguna ya mas bro :D

319409_3833997337156_331553420_n

senyumnya bikin gak bingung :oops:

Sekian ,

Salam Kenthoet :D

About these ads

About kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

63 responses »

  1. rusmanjay mengatakan:

    mantap,
    bisa dicoba buat motor2 lain nih :D

  2. z1rider mengatakan:

    Mantap… Kuliah pagi hari nih, hehehe… Pencerdasan otomotif :)

  3. gak ada gear ratio si tua mas… jadi bingung gimana mw ngitungnya…
    :lol:

    • kenthoet mengatakan:

      wah gak ada mas :lol: gak usah dihitung mas lgian tornado sampeyan juga udah kencang bnget ;)

      • pelan kok mas… kalo kenceng2 males ngerem mendadak nya…
        kebanyakan orang nyebrang gak tengok2…

        *tepok jidat

      • kenthoet mengatakan:

        yup, setuju mas,, apalagi tukang becak klo nyebrang jalan , cuma ngangkat 1 tangan az gk pke tengok2 lgsung nyebrang :evil: .*pernah ngerem sampe ngepot2 gara2 hindarin tukang bcak nyebrng sembarangan :evil:

      • kalo saia kemaren ampir nabrak kambing yang loncat ke jalanan, malah ujan2 lg… untungnya tetep kalem n brenti tepat di depan si kambing…

        belom lg penyebrang galau or anak SMA ce yang naek motor zig zag…
        jadi intinya selow aja lah… ikutin kecepatan di jalan itu, kalau di jalan itu max 40 ya ikut disitu, kalo di tempat laen dikisaran 60 ya ikutan maen di angka itu. intinya sih ikutin berapa kecepatan di jalan itu aja, saia cuma menyesuaikan biar tidak di tabrak dari belakang…

        *tepok jidat lg…

      • kenthoet mengatakan:

        heheeh gila tuh kambing :lol:
        iya mas, safety first :D

  4. redbike92 mengatakan:

    sek sek aku masih bingung
    jadi perbandngan gigi itu yang mana bro
    z1-z6 apa itu maksudnya gigi 1-6?

    sorry mas bro
    ane paling lemah kena pelajaran matematika :(

    • kenthoet mengatakan:

      perband. reduksi primer = Z2/Z1
      perband. rasio = Z4/Z3
      perbnd . reduksi = Z6/Z5
      itu digambar paling atas sudah tak kasih keterangan mna yang dimksud dgn reduksi primer , rasio dan reduksi sekunder :D

  5. kharis27 mengatakan:

    mantap tp masih bingung,.,.,.tapi iya sih yah old vixion standar rata2 top speednya 130 an,,.,.

  6. axo92 mengatakan:

    bonusnya… :oops:
    *tisumanatisu?

    wah, jadi digambar beneran to? 8-O
    sangar.. mantep… :D
    perlu ditekuni rumuse

  7. Dr.Feelgood mengatakan:

    artikel yg bikin otak saya mumet, tapi artikel yg beginian neh yg paling saya suka. bosen artikel yg lain mah nyales mulu wkwkwkwwkwk………….. :mrgreen: sangat bermanfaat sekali buat saya. terima kasih bnyak mas :D

  8. juraganneon mengatakan:

    mantap artikelnya mzbro :D

  9. vixieg4744hk mengatakan:

    nice post masbro… tp tetep ndak mudeng ane… :lol:

    *neng Ve mulus bgt yakkk… :oops:

  10. 46@sukses.com mengatakan:

    Hmmm mangtab bro artikel mencerdaskan!! Hmmm ..tu ftonya siapa bro ? Adik kmu ya..hahahaha
    *pas ngarit aku kitone tau eruh..hehehe

  11. initialD mengatakan:

    ngapain susah susah http://www.gearingcommander.com/ ,, hehe pisss , ya pada 10 rb rpm vixion mampu segitu masalahnya naik ke rpm 10 rb berat kan peak power ada di 8500 lbih dari itu grafik power udah turun palagi klo bobot pengendara agak berat,, berarti ,, kalo dibandingkan dengan cb 150 r yg peak power pada 10 rb jika 11.500 rb rpm 146 kph gear 6 dan gear 5 cb 126 kph pada 11.500 rpm ,, kalo ane naik cbr 150 old gear 5 dipanteng sanggup kena limit spedo sampe 135 an kph rpm hmpir ke 12 rb , final gear lbih berat ,, nah kalo new vixion gear naik 1 mata , cb juga naik 1 mata pasti lbih enteng meraung di rpm tinggi ,,,

    • kenthoet mengatakan:

      hehehe susah2 dikit gpp kan mas, nmanya juga belajar berhitung secara teori :D ,sperti biasa mas karakter mesin long stroke cederung ‘lemes’ di rpm tinggi , eh mas sory , bukannya si CB gir blkngnya naik 2 mata mas jdi 45 dibanding CBR yg pke 43 mata ?? CMIIW

      • pak tarno mengatakan:

        dan pada kenyataanya top speed cb 150 gak ada yg sampe 146, di blognya IWB bahkan cuma sampe 123 kpj, olalaaaa,
        cb dan CBR memang beda. mana yg asli dan mana yg bajakan jelas terlihat

      • kenthoet mengatakan:

        onorego ono rupo lah mas :D ,

  12. user_aja mengatakan:

    diameter efektif roda cara ngitungnya gimana mas bro?

    reduksi primer 58/20
    reduksi sekunder 41/13
    gear 1 34/12
    gear 2 30/16
    gear 3 23/17
    gear 4 23/22

    diameter efektif ga tau :D ngikutin 0,6 jg?
    rpm max 11.000 (menurut info mas bro)

    apa mungkin di gear 4 mencapai kecepatan 130 kph utk bebek? :D

  13. munglulusanplaygroup mengatakan:

    Ngebut dalam teori ternyata lebih cerdas ha ha
    Aku suweneng moco-moco artikel ngene iki suuiiip tenan, pembaca iso sinau ora mung eyel2an ra cetho
    *tambahi literature mas ben ilmiah ha ha

  14. munglulusanplaygroup mengatakan:

    Ngebut dalam teori ternyata lebih cerdas ha ha
    Aku suweneng moco-moco artikel ngene iki suuiiip tenan, pembaca iso sinau ora mung eyel2an ra cetho
    *tambahi literature mas “ben ilmiah” ha ha

  15. Agasta mengatakan:

    hasilnya seperti yang di coba kang iwb pakai new vixion

  16. penyembah merk :D mengatakan:

    teori hitung kaya gtu kayanya ga efektif deh, peak power vixion itu kan di 8500rpm shift lebih dari rpm itu malah loss power.

  17. marsudi(gendut) mengatakan:

    Kulonuwun mas…numpang tanya,dr penglaman mbengkel nguthek-2 mesin mio j,bagusnya dikasih minum apa tu mesin?premium/pertamax ato mix ke-2 nya??Maturnuwun…..

  18. ekomoker mengatakan:

    sory nich bro,bukannya rpm mesin itu harusnya rpm mesin pada saat torsi tertinggi? cmiiw
    karena torsi puncak bukan berada pada peak rpm kalo mesin dalam keadaan setandart

    • ekomoker mengatakan:

      kalo rpm mesin vixion pada torsi puncak=8.500rpm maka
      gear1 = 37,16 km/jam
      gear2 = 56,15 km/jam
      gear3 = 73,71 km/jam
      gear4 = 92.14 km/jam
      gear5 = 110,08 km/jam
      ini adalah kalkulasi diatas kertas,di jalan raya akan berbeda hasilnya ditambah pula akurasi spedometer

    • ekomoker mengatakan:

      dan kalo dikalikan akurasi spedo meter vixion ketemu
      128,333 km/jam
      dengan asumsi berat pengendara, selip kopling & lebar kontak tapak ban terhadap aspal tidak diperhitungkan

    • kenthoet mengatakan:

      hehehe…ada benernya juga , tapi kalo di bab yg ane pelajari dulu yg dipake ngitung itu adalah rpm mesin tertinggi mas eko , :D

      • ekomoker mengatakan:

        dari yg saya pelajari ,dapet ilmu dari bapak sarwono edhi (ahm),benar rpm yg digunakan itu adalah rpm tertinggi pada torsi tertinggi,karena pada peak rpm torsi malah menurun dan kecepatannya tidak akan bertambah
        coba deh di cek lagi

      • pak tarno mengatakan:

        pada kenyataanya tidak selalu dilihat dari RPM tertinggi dan RPM torsi puncak.
        kalo RPM tertinggi belum tentu di gigi tinggi motor mampu mencapai RPM tertinggi, dan belum tentu juga motor hanya mampu melaju sebatas RPM torsi puncak, bisa kok lebih dari itu

  19. belalang tempur mengatakan:

    klo kata temen2 anak ahass,pernah juga dapat pelajaran kayak gitu di pmt level 3,cuma rumusnya beda diikit,yaitu kecepatan=rpm roda x keliling roda lha rpm roda sendiri di dapat dari rumus putaran mesin : reduksi total(reduksi total cara ngitungnya mirip om kenthoet),terus keliling roda di dapat dgn rumus pi/3,14 x diameter roda,terus diameter roda sendiri di dapat dgn rumus ya diameter vlg di tambah tebal ban kiri kanan/dua sisi,satuanya di konversi kemeter tapi,(misal diameter vlg 17 inch dikali 0,254 m,1 inch=0,254 m,di tambah tebal ban misal ukuran ban 80/90,jadi tebal ban 90%dari 80 mm/72 mm/0,72 m + 0,72 m,)setelah ketemu rpm roda ya dikali dgn keliling roda,maka hasilnya belum km/jam tapi masih m/jam ya hasilnya tinggal dikali 60 terus di bagi 1000,maka akan ketemu km/jam,ya tetep sama2 ga memperhitungkan selip kopling,terpaan angin,ama bobot pengendara ama gesekan roda ke aspal juga tanjakan,hehehe,bagus om kenthoet lanjutkan dgn tip2 kusunya motor2 yamaha,salah satu amal yg tak terputus ya ilmu yg bermanfaat,wah maaf klo salah,

  20. eko susanto mengatakan:

    vixy gw wkt itu br 4 bln bro,wkt itu gw pernah service ringan d beres trus sama mekanik tutup yg besar d sebelah kiri mesin d buka pdhl ga stel klep tp ada yg d putar porosnya,selesai, lngsng pulang tarikan tambah joss karna abis service,selang 2 hr ko tarikannya jd ga enak d tiap gigi,sama stiap gw pake pertamax atau pertamax+ sama aja tarikannya ky pk premium,dan sampai skrng tiap abis service tarikannya sama aja ky blm d service pdhl dah d ganti pake ax7,kira2 knp tuh bro

  21. badinta mengatakan:

    Bg motor crypton spek piston tiger,klepGl125,cdi brt dualband,karburator karisma tapi lari motornya mentok seperti standartnya

  22. 60x 3,14 x D x N trus dibagi 1000 x i nah saya minta tolong dari mana ya angka 1000 itu didapat?
    belum tau saya om mohon penjelasanya please ^^

  23. Adiezz Xpress mengatakan:

    Kang bro.. Jika motor standar bertenaga 26HP on Wheel di rpm 11rb mampu meraih top speed 170 kpj di rpm 13rb apakah ketika itu motor diupgrade power naik jd 35Hp drpm 12rb akan mndapat top speed yg sama pda rpm 13rb?? Apakah rumus itu msh berlaku?

  24. […] maturnuwun pada mas kenthoetboreup yang di artikelnya mengingatkan rumus-rumusnya yang dulu juga pernah baca dimana gitu tapi lupa.. […]

  25. Richo adp mengatakan:

    Defensif riding. tidak menghalangi kecepatan, namun mengutamakan keselamatan.. jangan sampai kecelakaan menghentikan kenikmatan dalam berkendara. Apalagi buat agan – agan pecinta tour.. hee :D
    Bagus mas bro post nya, ane tertarik walaupun ane masih belum terlalu ngerti sih..

  26. tormustoe mengatakan:

    ikutan nanya aaah,
    klu perbandingan Puley bgm broo? contoh puley tg terdapat pada motor penggerak Diameter 100mm {1000rpm} klu yg dibutuhkan 2000rpm berarti puley untuk penggerak roda diameter brp?

  27. Biant mengatakan:

    misi mas bro
    data diameter efektif roda itu ngambilnya dari mana ya :-?
    soalnya nyari2 di buku petunjuk gak ketemu
    trus putaran max rpm njmx berapa ya?
    maaf banyak tanya, newbie :lol:

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s