mejeng bareng NVLHi Brooooooooo……….. :D  heheheh sory nih masbro akhir-akhir ini ane jarang ngurus blog ketjil ini dikarena kan ane sekarang lagi sibuk syuting dan pemotretan ekekekek…  :mrgreen: :mrgreen: jadi maaf seandainya artikel baru ndak mbrojol2 trus komen2 bertumpuk2 belum ada yg ane bales :roll: ,

Ok deh langsung az ke pokok bahasan, yaitu disuatu hari yang cerah  tapi mendung (wew aneh … :roll: ) ada seekor NVL beserta penunggangnya mampir ke tempat ane , dan si penunggang NVL itu pun mengeluh , “Masbro Lampu Netral’e sepedaku kok mati yow ?? padahal sek oleh rongwulan (2 bulan , red) ..?? dadi gak iso langsung  di dobel starter, kudu mencet kopling disek baru iso di dobel ???yo’opo iki mas :?: ?? “

Hmmmmmm….. penasaran ,, langsung az ane periksa, ane standarin tengah tuh motornya, ane puter ban belakang ,weeehh lancar jaya muternya , berarti memang dalam kondisi netral nih motor ,,, ane coba pencet elektrik starter gak bisa nyala , trus ane coba tekan kopling sambil ane pencet elektrik starter baru bisa nyala dia ,…. hmmmmmmmmmmmmmm….. kayaknya ane dah tahu masalahnya dimana :cool:

Netral mati^^contohnya lampu netral modaarrr…

Mau tahu penyebab nya :?:

Jadi masbro apabila NVL sampeyan mengalami hal serupa gak usah galau  , karena penyebabnya cuma Switch Netral nya macet , switch netral NVL berada di crankcase sebelah kiri, diatas sebelah kanan dari nomer mesin , disitu ada benda hitam yg diikat oleh 2 baut kiri dan kanan :D . Benda itulah yang jadi biang kerok matinya lampu netral NVL , tapi tenang gak ada yg perlu diganti kok cukup dibersihkan saja :D

Foto0711Pertama, buka kedua baut pengikatnya pake obeng plus (+) ,lalu cabut ‘benda hitam’ tersebut maka akan terlihat seperti gambar diatas .

Yups.. yang bikin mati adalah pelor/peluru dari switch Netral tersebut macet/nyantol ,sehingga tidak bisa menyalurkan arus negatif / Massa ke lampu indikator sehingga mengakibatkan lampu indikator ogah nyala CMIIW .

Penanganannya tinggal cungkil/ cabut pelor dari ‘sarang’nya pake obeng minus (-) keciill dan kalo dah terlepas tinggal ampelas pake ampelas 800/1000 bagian samping pelor tsb sampe halus n sampe pelornya bisa keluar-masuk di lubang tersebut dengan lancar :D

Kalo sudah beres tinggal pasang kembali semua bagian ke kondisi awal , oh iya kalo masang ‘benda hitam’ tadi jangan lupa bagian O-ring yg ada didalamnya jangan sampai rusak ye kalo  rusak nanti olinya bisa ngrembes lho .. OK sekarang silahkan lihat dasboard NVL dijamin lampu Netral nya udah idup lagi :D

akhir kata sekian dulu dari ane , semoga  tulisan sederhana ini berguna bagi para NVL rider yang ada diseluruh dunia :D

Oke deh tetap sehat ,tetap semangat biar kita bisa jalan2 dan lihat yang bening2 :oops:  , pokok’e Makjlebbbbbb…..  :D

601053_317513061713541_997272889_n

Sekian,

Salam Kenthoet SOHC operstroke 5 speed :D

About these ads

Tentang kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

»

  1. permen karet mengatakan:

    kapan bonceng yang ada difoto bang kenthoet?? :D

    kapan2 coba test komsumsi si operstroke bang,ane rencana ganti motor karena setelah nyoba2,ternyata si operstroke jauh lebih enak buat cornering daripada byson ane, :lol:

  2. ax125 mengatakan:

    kadang klo lampunya mati gitu tak kira giginya cuma nyantol masbro :lol:

    liat paling bwh pengen pingsan :oops: , tp klo di tv kok pd jelek ya :mrgreen:

  3. deidara mengatakan:

    whh,, bening….

  4. athleteriders mengatakan:

    woh jupine ganti opersetroke 5 sepid, ayo mbak ve di bonceng mas kenthoet :P

  5. ideapa mengatakan:

    Yang pake payung itu nanganinnya gemana om bro…?
    Hehe
    :$

  6. ekomoker mengatakan:

    lha nggowo NVL ae ga iso bonceng bonusnya apalagi bawa WTF :D :mrgreen:

  7. Sinbe mengatakan:

    Putih… Bening… Seger… Bonusnya. :mrgreen:

  8. ᅫᅫᅫTORRESᅧᅧᅧ mengatakan:

    Ganti pake enam speed qiqiqiqi

  9. popo mengatakan:

    Ada niat ganti klakson masbro??

  10. frans mengatakan:

    bang kenthoet
    salam kenal saya rider Z1 hha
    bang mw tanya nih…?? kok z1 saya
    kalo pagi” pas warming up
    ada suara tek” di mesin dalam posisi netral
    kalo pas panas,suara tersebut agak hilang bang tapi masi ada…??
    itu kenapa ya bang
    qiqiqiiq

  11. Fordi mengatakan:

    mas,klo pas inreyen nvl yg bner gmn sih?klo di bku manual kan 0-500km pertama maks 5000rpm,kl msal lbh2 dkit boleh gk?soale klo manut bku mnual,rpm sgtu cm jln maks 40kpj.selak sing mburi nglaksoni trs.hehe

  12. fnaufala mengatakan:

    woohh saiki salame hai broo :lol:

    woh ternyata benda sekecil itu pengaruh y,, :-D

  13. thedeadbone mengatakan:

    maaf OOT: kang mau nanya td ane ada kejadian di mio J…pas berangkat itu normal trus berhenti sejam buat bayar motor trus udah selesaai kan,nah pas mau pulang kok Mio J ane jd aneh ya DIstater elektrik ga bisa nyala walaupun udah digas,trus ane kick stater itu rasanya Ngelos ringan langsung kebawah kan biasanya agak berat ttp aj ga bisa,nah ane diemin 5 menit udah normal lg itu kira” tanda” apa ya yg eror kang? lampu injeksi tp ga kedip”

    • kenthoet mengatakan:

      itu tnda kompresinya bcor mas, biasanya dipayung klep terdpat bnyk tumpukan kerak/karbon shngga bkin klep gk bs mnutup sempurna pas langkah kompresi ,

      • thedeadbone mengatakan:

        oh gtu mas kiraiin akinya ngedrop…trus penangannya k beres tggal bilang bersihin payung klep gt mas ato kompresi bocor?? cuma sekali sih kejadian e sampe skrg blm terjadi lgi tar tkut e knp” ato mati mendadak pas lg jalan kan bahaya hehehe

      • kenthoet mengatakan:

        lebih mudahnya sering2 az tangki BBM nya di isi pertamax 92 atau 95 :D ,krna pertmax emg dah trbukti bkin mesin jdi tetep bersih :D IMHO

      • thedeadbone mengatakan:

        lhaaa mio j ane cuma di isi premium pas dr dealer aja mas bis itu alhamdulillah ane isi pertamax plus trus tp bulan ini cuman pertamax aja premium malah belum pernah sekalipun beli seliter….itu kira” trobel yg lain selain dari sisi bahan bakar ap ya mas?? coz langganan bengkel resmi ane banyak yang lagi magang karyawan e hehehe

      • kenthoet mengatakan:

        coba cek bagian yg pling mudah az dlu , yaitu busi :D , klo boleh saran sih mnding gnti az businya pakai yg platinum dri NGK kodenya CR7HGP cocok buat Mio J n soul GT :D

      • thedeadbone mengatakan:

        oke siap komandan bis lebaran tak beli itu busi…kira” itu di beres ada ga mas? harga brp? biar lsg siap beli heheh

      • kenthoet mengatakan:

        klo diberes blum tntu ada bro , coba az cri di toko onderdil yg kelihatannya lngkap… hrganya skitar 25rbuan

      • thedeadbone mengatakan:

        oke siap mas bro…

        eh iya 1 lg mas,busi yg cocok buat FU 2012 ap ya? pertamax,ane dpt busi yg jelek udah gosong 6bln ini e

        btw wes dpt boncengan blm neh?? heheh

      • kenthoet mengatakan:

        coba busi NGK platinum CR8EGP az masbro,,,,,

        blum om :( hiikkksss,….

      • thedeadbone mengatakan:

        sip suwun mas…

        btw nenek ane nyidam pengen bonceng NVL e…mau daftar jadi boncenger e mas kenthoet boleh?? hehehe

        peace

      • kenthoet mengatakan:

        kalo nenek sampeyan masih perawan gpp :mrgreen:

      • thedeadbone mengatakan:

        udah perawan lg mas pake daun sirih biar rapet pet pet pet… hehehehe

  14. 46@sukses.com mengatakan:

    Sibuk pacaran,blog nya di anak tirikan…
    K k k a b,..

  15. araidomore mengatakan:

    Bonuse bikin pelorku sesek….. Tapi moh di amplas… :-)

  16. 46@sukses.com mengatakan:

    Motor buntut mlayune koyok lowo..nak aku due luput nyuwun sepuro..
    *

  17. lampu gear 2 motor ane dah mokat ama lampu indikator lampu jauh nya…
    tapi yang laen fine2 aja…

  18. ipanase mengatakan:

    mantabh suhu :D

  19. Achnan mengatakan:

    mantap, trima kasih min NVL ku udh normal kmbali

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s