Ya..ya..ya.. ketemu lagi sama ane mas bro n mbak sist. kali ini ane mau berbagi info n tips buat para maticers dan matic owner .Lho kok tips nya tentang motor matic terus ?? motor bebek n motor sport nya kapan??? ya sabar mas bro,kan sekarang motor bertransmisi otomatis alias motor matic penjualannya paling moncer di Indonesia jadi semakin banyak yang punya motor matic semakin banyak pula yang nyari tahu soal merawat motor matic kesayangan nya biar ndak cepet rusak.

Ok langsung saja, CVT (Continuous Variable Transmission)  merupakan penyalur tenaga dari mesin menuju roda belakang pada motor matic. secara sederhana CVT terdiri atas pulley primer,v-belt dan pulley sekunder, nah di dalam sistem kerja 3 komponen CVT tadi tidak boleh terkena oli,minyak atau air karena kalo terkena minyak, oli atau pun air bisa mnyebabkan selip. Lha kan itu komponen bergerak apa itu ndak perlu pelumas biar awet?? kalo ndak boleh kena oli atau minyak trus pelumasannya pake apa?? Maka dari itu mas bro karena ini merupakan komponen bergerak maka pelumasan menjadi sangat penting dan pelumasannya tidak menggunakan oli tapi Grease/vet/stempet. Greasenya pake grease khusus ya soale kalo pake grease biasa bisa2 mencair terkena panas dari mesin.

*grease cvt Yamaha,yg botol kuning untuk pulley sekunder dan yg botol transparant utk pulley primer

Karena ini pelumas dan fungsinya sangat penting maka perlu dilakukan penggantian secara periodik yaitu setiap 10.000-15.000km. Penggantian grease CVT ini cukup mudah kok,tapi kalo mas bro n mbak sist ndak mw repot silahkan sambangi BeRes kepercayaan terdekat. Ok mumpung lagi bongkar2 daleman CVT ndak ada salahnya kita juga mengecek seal/sil pulley primer dan sil pulley sekunder,lho kenapa harus di cek?? karena sil-sil tersebut berfungsi untuk menahan agar grease/stempet agar tidak tumpah keluar/moncrot2 (haiyah bahasane ndeso :mrgreen: ). Dan apabila sil nya ada yang bocor/rusak sebaiknya dilakukan penggantian,karena kalo ndak di ganti bisa2 grease nya bocor dan apabila dibiarkan bocor maka grease/vet nya akan masuk ke dalam clucht carrier /kopling ganda dan rumah kopling ganda sehingga bisa bikin selip kopling ganda, dan kalau kopling ganda nya selip bisa di pastikan tarikan awal nya akan terasa grenjel-grenjel / jendal-jendul kalo di pake di jalan stop n go.

*cek kondisi seal,ganti jika rusak/bocor

*cek juga O-ring,ganti jika rusak/bocor

*beri grease dlm lubang alur torsi cam

*akibat jika grease jarang di ganti

Ok deeh mas bro n mbak sist demikian sedikit tips n trik dari ane, kalo ada yg mau nambahi ya monggo biar semakin lengkap tips nya.. Semoga berguna, Salam :D

Tentang kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

»

  1. Gianluigi mario mengatakan:

    sipp.. pencerdasan otomotip neeh :P

  2. gunungandul mengatakan:

    ciip…masbro,,,bagian itu yg sering dilupakan user taunya cm servis karbu+gnti oli

  3. sponge bob mengatakan:

    nice info bro..

  4. esemelekete mengatakan:

    kurang detail.. bagi awam seperti ane gak membantu banget ini tutorialnya :(

  5. mariodevan mengatakan:

    brpan ya harganya tuh greese??

  6. faqih mengatakan:

    Lha kalo bli puli sekunder harganya berapaan ms bro??,,yg asli brapa n yg sdengan kyk fukuyama ato tokaido itu brap 1set nya ms bro???,,tenky

    • kenthoet mengatakan:

      pulley sekunder orisinal kalo nggak salah 800rbu 1 set nya ( lebih jelas nya liat katalog online yamaha ) kalo yg tokaido sekitar 120rebu an mas bro :D

  7. fannan mengatakan:

    infone Sip…Cak, kalau bisa, nyuwun tulung, tampilkan juga karet dumper kampas kopling mio (ada 3 buah); subtitusinya termasuk cara pasangnya, maturnuwun n salam kenal

  8. Revhin Aditia Putra mengatakan:

    kalo kampas otomatis honda beat masuk gk yah di mio ane gan ??

  9. triadi mengatakan:

    nice post … tulis juga tips buat yang jenis injeksi ya … :)

  10. ronyrony mengatakan:

    mf bos ane mau tanya,apa lubang torsi itu memang ada coakan gtu?

  11. Khemank Hermansyah mengatakan:

    numpang nanya gan brapa 1set cvt lo ganti baru….soalnya punya lagi hancur …..

  12. abed mengatakan:

    mohon pencerahan Mas, nouvo ane tahun 2005, ane udah liat part catalog yamaha. waktu ane lihat dan bandingkan ternyata beda dengan part yg di motor. part>5TL motor>5LW
    trus ane cek lagi ternyata itu nouvo 2003. nah yang berabenya harganya gak nanggung2 mas. makanya ane mo tanya bisa nggak part nya di oplos.
    SECONDARY FIXED SHEAVE COMP. (5LW-17660-00) bawaan motor
    http://img184.imagevenue.com/img.php?image=694433765_240420134037_122_657lo.jpg
    di mix sama (5TL-E7670-00) SECONDARY SLIDING SHEAVE
    suwun ya Mas, kalo deket ane servis sama ente…

  13. Rezky Saputra mengatakan:

    Mikum bos
    pengen cerita, hari ini nih gw pengen ganti grease cvt, kepala mekaniknya bilang “buang2 uang kalo cuma ganti grase cvt doang, greasenya aja cuma 12rb, ongkos bongkar cvtnya 40rb, ntar2 aja kalo pas mau ganti belt”
    jadi bengong gw, ya udah gw balik

    • redkanaya mengatakan:

      emang byk kyk begitu,..
      tp kalo utk perawatan mesin, ya paksa aja mekaniknya.. hehehee..

    • tpabednego mengatakan:

      sebaiknya ikutin standart service , pertama kali ane punya matic, beres nya aja binggung service apanya, kalo service = karbuuuuu terus?
      lah cvt nya kapan? sampe jebol cvt ane..untung cuma primary sliding sheave + roller doang? untung juga part yang ane pake masih import Jepun, cuma kalo rusak??? 2 kali lipat part mio.

  14. doy mengatakan:

    mas brow, ane maw naxa, ane
    perna nemu trotorial di google,
    kataxa klo ruma ruler mio klo di
    gosok pakek autosol tarikaxa
    mantap bro,tpi kmaren ane
    praktekin kok mala jdi lemot tarikan
    pertamaxa ya mas bro,mohon
    penjelasan….

  15. swas mengatakan:

    gan cvt mio ane bunyi “klok klok ” knp itu gan. udah ganti grease. masih tetep bunyi?

  16. yogitama mengatakan:

    gan kalo sil tipis sama sil tebel yamaha mio soul gt kira” brp ya? cz wktu nih ane bawa ke dealer kena 170rb

Komentar Anda adalah Semangat Saya

