Mas bro sekalian ane mau curhat lagi nih.. :D kemarin sebelum mau libur panjang Idul Fitri  ane ‘disambati’ (haduh bahasa indonesia nya apaan ya :? :roll: ) sama temen seperjuangan ane *halah :lol: , hmmm dia sambat katanya Suzuki Spin 125 kesayangan nya gak bisa lari ,,, di gas poll nothok jedhok jarum speedometernya cuma bisa nangkring di angka 90 km/j gak kuat naik lagi , itu pun mesinnya udah ngeden banget :???: padahal 2 hari yang lalu sebelum dia ganti velg ukuran 17″ katanya dia Spin nya bisa nyundul di angka 110 km/j ,,,nah setelah ganti velg ukuran 17″ topspeednya langsung drop banget.. hmmm aneh gak :?: :???: 

^^ nih penampakan motornya sebelum ganti velg :D

^^ ini penampakan sesudah ganti velg 17″ dengan ban depan ukuran 2,25 n belakang 2,50

Hmmm kalo menurut ane sih gak aneh mas bro, kenapa ??? Masih ingat gak mas bro dengan kasus Jupiter ane yang ini , ya kalo di Jupiter ane topspeed jadi turun drastis dari 105 km/j menjadi cuma 90km/j hanya gara-gara ganti gir speedometer milik Mio berkode 5TL, begitu juga Spin teman ane ini mas bro yang awalnya memakai velg ukuran 14″ diganti dengan ukuran 17″ dengan ukuran ban setara motor bebek topspeed nya juga gak jauh-jauh dari angka 90km/j ,artinya bisa ditarik kesimpulan kalo gir speedometer motor matic yang ukuran ban nya 14″ jika dipasang di motor bervelg 17″ maka kecepatan yang ditunjukkan di speedometer akan ‘seakurat’ GPS ;) .jadi bukan motornya yang lemot mas bro :D tapi speedometer standar sepeda motornya az yang ngibulnya kebangeten :mrgreen: .

Nah demikian curhatan ndak penting dari ane, kalo ada yang kurang percaya sama tulisan dari ane ini ya monggo dipraktekkan dan dibuktikan sendiri ;) ya tho?? gitu az kok repot :lol: . Sekian dari ane mohon maaf kalo ada kata-kata yang kurang berkenan , maklum masih newbie :D , Oh iya jangan lupa komentarnya ya mas bro?? :D

^^ duuhh si Ve cemberut ajah :oops: ceesss :oops: :mrgreen:

Salam, Kenthoet :D

About these ads

About kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

99 responses »

  1. redbike92 mengatakan:

    Yeah pertamax :mrgreen:
    kalau bebek ane diganti 18″ spedonya akurat gak ya :mrgreen:
    (komen ngawur)

    titip bebek ya bro :D

    http://redbike92.wordpress.com/2012/08/20/baru-paham-ternyata-bajaj-pernah-buat-motor-bebek-dan-skuter/

  2. axo92 mengatakan:

    asem telat.. :evil:
    iya memang bener.. :D
    berarti masih mending skiwep yak, ring 26 bisa nyundul 110 lebih.. :mrgreen:

  3. axo92 mengatakan:

    komenku ilang.. :roll:

  4. yudha depp mengatakan:

    Artikel yang menarik
    kebetulan ane punya suzuki spin
    tunggangan istri ane.

    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/08/tips-membuat-blog-jadi-cepat-tenar.html?m=1

  5. axo92 mengatakan:

    asem telat.. :evil:
    berarti masih lebih jos skywave ya, ring 16 bisa nyundul 110. :mrgreen:

  6. axo92 mengatakan:

    aku nggak bisa komenn…. :(

  7. z1rider mengatakan:

    Terkesan lemot, padahal belum tentu, hehehe. Have a nice holiday brooo :D

    http://z1riders.wordpress.com/2012/08/20/jepret-iseng-motor-berplat-nomor-nyaris-kembar-brooo/

  8. bagas29ps mengatakan:

    pake pelk segede itu tetep nyaman ga bro naikinnya?

    http://bagas29ps.wordpress.com/2012/08/20/pasang-stiker-tni-haram-hukumnya/

  9. bimo96 mengatakan:

    si ve minta dicipok sama yg punya warung :D wkwkwk

  10. idadzzz mengatakan:

    yang bawah joss bgt. . .

  11. z1rider mengatakan:

    Selamat, mas bro masuk blog of the day, peringkat 84 :D
    cek di sini : http://botd.wordpress.com/top-posts/?lang=id

  12. aldyazgn mengatakan:

    wah kenapa gak pake ukuran 16″ aja bro pake punya nouvo?
    spin memang joss.. sayang banget suzuki malah nyuntik mati motor ini

    http://justaldy.wordpress.com/2012/08/20/gak-ada-kasur-fu-pun-jadi/

  13. Nofgi mengatakan:

    Disambati = Dicurhati … Paleng sih …
    Btw tu motor Suzuki kok dteng ke bngkel Yamaha ?
    Mau selingkuh pabrikan ta ? Hehehe …

  14. pengamat mengatakan:

    jebakan betmen ini mah, emang begono kalo gir spidonya sama, kalo mau 160km/jam on spido pake ring 10 inchi aja bos….

  15. kharis27 mengatakan:

    kalo depan ring 14 belakang pake ring 17 gmana mas bro hehe :mrgreen:

  16. tito mengatakan:

    Motornya Suzuki spin, tp koq service nya di Yamaha…? Apa wes ganti mesin xeon 125 :mrgreen:

  17. kid13 mengatakan:

    suruh ganti pelg 12 in aja temennya biar top speednya naik lagi :mrgreen:

  18. AndwiCF mengatakan:

    ganti speedo meter ANdroid aja,djamin akurat 95%.haha

  19. hanny mengatakan:

    menthok g gan?? pkk ban 2,25 ma 2,50????
    ane pkk 2,15 ma 2,25
    klw gak mentok pingin ganti bgtu juga

  20. kimiraikomeng mengatakan:

    masbro, skalian mau tanya nih…
    Kl utk mio soul GT bisa ganti velg ukuran 17 ga ya?
    Krn cover filter+cvt nya kok nggedibel bgt (haaallaah)
    Pengenya sih pake ukuran 1.60 + 1.80 tp ragu apakah bs dpasang ga ya,tanpa perubahan” lain..

    Nuwun kang….

  21. click! mengatakan:

    Maaf mengomentari thread yang udah basi mas.
    Pertama, yang lebih akurat memang GPS.
    Perbedaan itu mungkin terjadi karena yang sebenarnya dihitung sebagai pembacaan oleh speedometer adalah kecepatan angular/kecepatan putaran seperti rpm yang dikonversikan menjadi kecepatan linear yang satuannya km/jam.
    Yang dibaca oleh speedometer sebenarnya adalah jumlah putaran roda mas.
    Kalo rumusnya : v = w.r (kec. linear (m/detik) adalah kec. angular (radian/detik) dikalikan dengan jari2 (meter))

    Intinya mungkin begini. Jika untuk menunjukkan kecepatan 100 km/jam, matic standar yang menggunakan ban 14″, rodanya harus berputar (katakanlah) 1000 putaran/menit. Lalu matic itu diganti bannya jadi 17″ yang akhirnya untuk menunjukkan kecepatan 100km/jam bannya harus berputar (katakanlah) 900 putaran/menit. Sampai disini rumus diatas itu berlaku. Tapi karena gir speedometernya gak ikutan diganti; gir itu masih membaca putaran roda dgn asumsi ban yang digunakan masih 14″ padahal ban sudah diganti jadi 17″ yang pasti berputar lebih sedikit untuk kecepatan dan jarak yang sama).
    Jadilah kecepatan yang dibaca di speedometer turun menjadi (katakanlah) 90 km/jam. Sang pemilik jadi bingung deh… Kok, ban diganti dengan yang lebih besar kecepatannya malah turun??? Wew…

    CMIIW

  22. balizt mengatakan:

    velg ny ukuran berapa gan? kq muat dipakein ban ukuran 2.25 sam 2.50?
    tlong knfirmasi, thamk gan.

  23. boy mengatakan:

    Pantesan, 44D ku ganti pake velg 17 cuma dapet 100 ga bisa naik lagi..
    Kira-kira deviasi speedometer nya seberapa jauh ya antara 14 & 17 ? Misal pake velg 17 dapet 100, kalo di speedometer pas pake velg 14 jadi berapa ya ? :D

  24. Hudha mengatakan:

    Gw jg mo gnti ring’17 stngah lingkar wrna putih susu trus tromol ma ruji’a crom<<udah dapet tinggl nyari ban'a,,
    ,,mnurut gw cocok pke ban 225 uad blakng truz dpn'a 215 ncirr

  25. Alvin Ardiansah mengatakan:

    kalau ring 17 harus ganti gigi rasio agar perpoma enak

    http://rasyd-modifikasi-motor-manna.blogspot.com/

  26. makan.bakmi.pedes.gila mengatakan:

    gini gan, setau ane pernggantian Velg dan gir speedo sangat berpengaruh…

    cara menghitung kecepatan speedometer adalah menggunakan SUDUT BAN, sehingga jika Velg motor mas bro di ganti dengan Rim lebih besar dari standar pabrik, maka jarum speedo akan lambat. begitu juga sebaliknya

    Contoh :
    Spin Rim standart 14″ d ganti rim 17″ lari 80 km/h (speedo) maka sebenarnya Spin tsb berada pada kecepatan diatas 80km/h bisa aja sampe 100km/h

    kalo motor bebek Rim std 17″ trus d ganti pake Rim 14″ maka kecepatan d speedo akan jauh lebih tinggi dr kecepatan aslix, misal lari 100km/h (speedo) maka sebenarnya lari hanya dibawah 100km/h

    CMIIW

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s