Mas bro sekalian masih ingat gak tips cemen ini ❓ nah itukan solusi cemennya tapi yang sekarang ini adalah tips ‘expert’ nya , ya menghilangkan gejala matian n stasioner yang nggak stabil di Mio J dan Soul GT dengan cara memprogram ulang / ReProgram ECU nya. Nah kebetulan kemarin di bengkel tempat ane ada on the spot training / training langsung di bengkel oleh bagian service education ,Β nah apa yang diajarkan?? ya ini mas bro menghilangkan stasioner yang nggak stabil di Mio J dan Soul GT dengan memprogram ulang ECU nya ke versi yang terbaru πŸ˜€ , kebetulan juga laptop dibengkel juga sudah di instal software terbaru buat melakukan pemrograman ulang ECU ini πŸ™‚ .^^ kotak kuning value ECU yang lama, kotak merah value ECU yang sudah di program ulang

Hal ini dilakukan guna menanggapi banyaknya keluhan Mio J yang stasionernya suka nggak stabil, jadi semua Mio J dan Soul GT yang nomor versi perangkat lunak ECUnya masih 00 akan di upgrade ke versi 01. (lihat gbr. bawah dlm kotak biru )

^^kotak biru ECU lama versi 00 di program ulang ke versi 01

Ya kayak hape android gitulah mas bro yang tiap tahun muncul versi terbaru, program ECUnya Mio J inipun menurut info yang ane dapat kemarin tiap tahun akan di upgrade terus πŸ˜€ , dan asyiknya lagi memprogram ulang ECU ini tak serumit yang ane bayangkan alias gampang banget πŸ˜€ , tinggal klik sana ,klik sini, sambungkan terus save selesai deh πŸ˜€ . Nggak usah takut soal biaya, karena memprogram ulang ECU ini memang gak dipungut biaya tambahan kok πŸ˜€ , jadi gini semisal sampeyan servis ringan Mio J lha nanti akan di cek ECU nya motor sampeyan itu sudah pake program versi terbaru atau belum, kalau belum ya langsung dilakukan ReProgram, kalau ditempat ane sih gitu mas bro.Β Soale menurut info yang ane dapat kemarin kalo nggak salahΒ Mio J n Soul GT rakitan bulan Agustus ke atas sudah menggunakan program ECU terbaru yakni yang versi 01.

^^ tampilan hasil memprogram ulang πŸ˜€

Oh iya ReProgram ECU ini hanya untuk Mio J n Soul GT jadi untuk Jupiter Z1 n Vixion belum ada. Jadi gitu mas bro ,Ok deh sekian dulu postingan kali ini kalo ada pertanyaan tulis az di kolom komentar πŸ˜€ Maaf ya kalo ada salah-salah kata atau tulisannya kurang jelas, maklum masih newbie πŸ˜€

salam, Kenthoet πŸ˜€

About Kenthoet Bore Up

pengen jadi bos, doain 😁

Satu tanggapan »

  1. ipanase berkata:

    mangap, di upgrade biar makin canggih kayak andro πŸ˜€

    Suka

  2. kenthoet berkata:

    iya katanya gitu mas bro πŸ˜€

    Suka

  3. redbike92 berkata:

    wah tambah canggih πŸ˜€
    eh softwarenya itu bisa buat otak-atik ECU biar tambah banter motor atau gak kang :mrgreen:

    Suka

  4. kharis27 berkata:

    yahhhh vixion lum ada hehe .,,.,.

    Suka

  5. kenthoet berkata:

    gak bisa mas bro… kalo untuk otak-atik ECU biar banter belum di ajari n gak akan di ajarkan kecuali buat kepentingan balap πŸ˜€

    Suka

  6. kenthoet berkata:

    nunggu vixion baru az katanya pake FI baru lho πŸ˜€

    Suka

  7. kharis27 berkata:

    wow ,. ECU nya bisa di remaping ga mas bro , limiternya udah jebol gak hehe

    Suka

  8. kenthoet berkata:

    wah kalo itu ane kurang tau mas bro… lha produknya az blum loncing πŸ˜€

    Suka

  9. z1rider berkata:

    Wuah, keren juga mas brooo. *Josss πŸ˜€

    Suka

  10. axo92 berkata:

    waduh, batal lah ber aitakata kalo ternyata punya penyakit nggak bisa stasioner.. 😦

    Suka

  11. kenthoet berkata:

    mekaniknya emang keren-keren bro *jadi GeeR wkwkwwk :mrgreen: πŸ˜†

    Suka

  12. kenthoet berkata:

    tenang mas bro…. sudah ada obatnya… mau yg cemen atau yg expert ??? πŸ˜€

    Suka

  13. axo92 berkata:

    ganti karbu.. ahahaha…. πŸ˜†

    Suka

  14. kenthoet berkata:

    walah balik jaman ke teknologi djadoel πŸ˜€

    Suka

  15. axo92 berkata:

    ceesss…..

    Suka

  16. kenthoet berkata:

    kalo liat Ve langsung cesss adem hati ini *hayah πŸ˜†

    Suka

  17. axo92 berkata:

    asikk… πŸ˜€

    Suka

  18. ryan berkata:

    mas bro, bengkelnya dmn ya? ane pngguna soul GT. skrg ini kok rasanya kaya gasnya ngeden wktu 40km/j. mw dong di setting ulang ecu nya. πŸ˜€

    Suka

  19. bagas29ps berkata:

    Re Program emang joss, tapi gimana BBMnya? boros gak?
    http://bagas29ps.wordpress.com/2012/08/17/tes-konsumsi-bbm-si-piksen/

    Suka

  20. kenthoet berkata:

    di daerah Mojosari mas kab. Mojokerto … semua beres Yamaha pasti bisa kok mas reprogram ECU, coba deh mas tanya ke kepala mekanik nya pas service πŸ˜€

    Suka

  21. kenthoet berkata:

    klo BBM bros nggak nya tergantung pemakaian bro… πŸ˜€

    Suka

  22. gogo berkata:

    cuma untuk FI model baru y mz bro, alias bwt vixi ndak ad?

    Suka

  23. kenthoet berkata:

    belum ada mas… mungkin nanti kalo new Vixi keluar katanya pake FI baru πŸ˜€

    Suka

  24. paedhimas berkata:

    Nice info..,thanks bro..

    Suka

  25. paedhimas berkata:

    ada biaya tambahan ,nggak..?

    Suka

  26. kenthoet berkata:

    ok sama-sama mas bro πŸ˜€ thnks dah mampir πŸ˜€

    Suka

  27. kenthoet berkata:

    gak ada mas… gratis πŸ˜€ kalo sampeyan di minta ongkos tambahan laporin az trus masukin koran biar kapok :mrgreen:

    Suka

  28. bimo96 berkata:

    blade gak secanggih ini πŸ˜€

    Suka

  29. kenthoet berkata:

    Blade mu masih karbu djadoel bim πŸ˜†

    Suka

  30. agasta tri berkata:

    masbro,,biar lebih enak tenaganya terutama di tarikanya,apa yang harus di lakukan pada ECUnya mio J????yang perlu di setel apanya???

    Suka

  31. kenthoet berkata:

    wah tarikan mio j emg smooth mas, kalo mau lebih enak yo ganti roller yg lebih ringan, FYI bobot roller mio J stndart itu 9,5gram

    Suka

  32. agasta tri berkata:

    klo COnya dirubah???

    Suka

  33. kenthoet berkata:

    rubah CO?? bisa saja tapi efeknya kurang begitu terasa mas bro.. πŸ˜›

    Suka

  34. tchan berkata:

    Mas bro, klo mio j sy kadang mulus tp klo sering stop n go mulai berat, itu kenapa ya? Ud bosen bolak balik ke bengkel actionnya cuman bersih2 no solution…..

    Suka

  35. kenthoet berkata:

    berat apanya nih mas ??? berat akselerasinya ??? kalo rute yang sering mas bro lalui adalah jln metropolis yg stop n go ada baiknya setelan celah katup nya disetel agak renggang, misal klep in 0,10-0,12 dan klep ex 0,13-0,15 trus naikkan angka CO nya 2 step, atau bisa juga mengganti roller dengan ukuran yg lebih ringan, FYI berat roller mio j stndart skitar 9,5gram πŸ˜€

    Suka

  36. nurdin berkata:

    mio j saya klo baru d gas pasti ada yg ngegeregel sama ad suara tikus knp tuh ngegeber juga sih itu saya ngambil bulan mei gimana tuh

    Suka

  37. kenthoet berkata:

    kalo ‘ngegeregel’ biasanya terjadi karena house kopling yang kotor / ada sisa2 grease CVT yg masuk kebagian rumah kopling πŸ˜€ , nah untuk suara tikus bisa dibaca disini => https://kenthoetboreup.wordpress.com/2012/06/20/tips-murah-menghilangkan-suara-mendecit-kriiikk-kriikk-di-cvt-mio/

    Suka

  38. wingga berkata:

    bore up soul gt gmna nii kalo masalah dari pemasukan bahan bakarnya soalnya kan dia injek,
    terus piston nya sampe brapa mentoknya ..?
    yamaha udah ngeluarin paket blok bore up nya blom broo ..??

    Suka

  39. dani berkata:

    Bro ane baru beli soul GT ada suara Kerrrrrrr gitu kalo lagi stationer kaya rantai keteng kendor kemaren service pertama ane lupa nanya..itu juga kalo dengerinnya serius kalo sekilas ketutup suaranya ama knalpot..Kilometer baru 400–san..maklum motor itu buta bini,,,ane sendiri pakenya oulsar yang km60 rebu dan rantai ketengnya belon ganti..suara kerrrnya samaan soalnya hehehehehe pls help

    Suka

  40. kenthoet berkata:

    kalo menurut ane justru sumber suara keeerrr di soul GT itu dari silenser knalpot mas, soale ditempat ane dah ada tuh Soul GT yg awalnya bersuara keeerrr gitu di ganti knlpotnya pake punyae satria FU (yg punya kebetulan masih SMA) eh suaranya ilang πŸ˜€ , itu menurut pengalaman ane aja lo mas, untuk lebih jelasnya mendingan mas tanyain az ke Service Advisor /kepala mekanik pas service rutin, soale jujur az deh ane klo dah maslah ‘suara-suara aneh’/noise di mesin itu masih kurang peka mas, takutnya nnti malah slah menganalisa n jadi ‘menyesatkan’ πŸ˜€

    Suka

  41. aif vega berkata:

    abis baca nih artikel ane lngsng loncat ambil dompet mo liat mio j ane rakitan bulan pa,eh tau’a g ada bln’a cmn da taun’a doang…
    pngen neh d upgrade pke versi 01 nya,mga z tarikan atas’a makin joss…
    heheee

    Suka

  42. kenthoet berkata:

    gak pake diminta pun bakal langsung di update program ECU nya mas sama teknisi Yamaha pas servis berkala klo memang motor sampeyan masih pake program ECU yg lama (versi 00 ), soale ini dah program wajib dari Yamaha πŸ˜€

    Suka

  43. aif vega berkata:

    wah asik dong y…
    curhat pada orng d blog yg tepat neh ane bwt urusan yamaha…
    oh y 1 lg,klo mio j d tambah pke lampu2 led variasi g bkal apa2 neh mas…?
    mksih om sblum’a
    πŸ˜€

    Suka

  44. kenthoet berkata:

    kalo bisa c jgan memasang aksesoris yg membebani sistem kelistrikan trutama baterai/aki , krna injeksi mio j gak pake kondensor kyak vixion jadi kalo aki ngedrop mka sistem injeksi bekerjanya jdi kurang maximal dan klo aki koit/modar maka motor akan mogok/ mati , tapi tenang sja di mio j kalo tegangan aki sudah kurang dri stndrt mka warning lamp akan berkedip 2x (secara cepat) ,

    Suka

  45. lok boleh saya minjta sofware injeksi yamaha donk,biar bengkel-bengkel kecil pun maju,untuk garap motor injeksi

    Suka

  46. kenthoet berkata:

    untuk saat ini software injeksi Yamaha hanya dibagikan ke jaringan2 Resminya saja mas, gak tahu kalo 2-3tahun mendatang mngkin akan dibagikan juga ke bngkel2 umum πŸ˜€

    Suka

  47. hendi berkata:

    Maap masbro mo tanya : bisa dijelasin ga arti blinking lampu kuning di mio j makasih

    Suka

  48. aif vega berkata:

    yg d spido bkan om?
    setau sya klo yg d spido itu,lmpu yg kuning bwt cheking komponen sensor injeksi dll deh,jd klo da yg brmslah kedip2 deh tuh lmpu.
    jd klo kedip2 msti prksa deh k BeRes apa mslh’a…
    maaf klo slah…
    πŸ˜€

    Suka

  49. kenthoet berkata:

    ya seperti yang mas bro aif vega bilang diatas lampu kuning itu sebagai indikator checking sensor2 injeksi , jadi klo awal start lmpu kuning akan hidup sesaat lalu mati, itu mnandakan klo tdk ada maslah pd sistem injeksi πŸ˜€ , nah klo misal ada masalah / kegagalan fungsi dri slah satu sensor maka lampu kuning akan berkedip secara teratur ,nah klo sudah kyk gtu segera bawa motornya ke BeRes terdekat supaya dilakukan pengecekan lbih lnjut πŸ˜€

    Suka

  50. kikicebol278 berkata:

    mas kalo ngebuat motor mio J gasnya agak ga langsam dikit itu gimana ya ?mio J itu bisa dimaenin ga mass vanbelt or CVTnya ? thx

    Suka

  51. H3 berkata:

    Ane pny Yamaha scantools + 6in1 moto scantools. Bro konthoet bs hub sy kalo mau diskusi….

    Suka

  52. kenthoet berkata:

    siiip πŸ˜€

    Suka

  53. shinchan81 berkata:

    wah nais impo neh, ane br beli mio j soalnya…like this:-) πŸ™‚

    Suka

  54. moedifie berkata:

    soul GT, saya ..
    Saya ubah kelistrikanya tdi AC ke DC, trus psang on/off nya mtong arus, pasang variasi lampu, lampu dpan jga pake HID, trus kiproknya jga d gnti kiprok tiger, stlah 3 blan make c ga da mslah, tpi slbih nya, skrang mtor mati trus, kira” apanya mas bro, mnta solusinya donk, klo servis klistrikan abis biaya brpa.. Kira2..

    Suka

  55. kenthoet berkata:

    pas motornya mati/mogok lampu peringatannya kedip2 gak mas??

    Suka

  56. moedifie berkata:

    nggak mas bro..

    Suka

  57. gwgtlh berkata:

    baru beli n pakai kira 3 bulan soul gt, awalnya nyaman – nyaman aj
    tapi bbrp hari ini kalo dibawa jalan menanjak
    kira2 di 40 km/jam lari motor terasa tersendat sendat
    kira – kira kenapa y? mohon pencerahan ..

    Suka

  58. kenthoet berkata:

    odometer sudah brpa kilometer mas ❓ coba di cek businya mas n klo perlu coba gnti busi punya nouvo z CR7HSA πŸ˜€

    Suka

  59. gwgtlh berkata:

    odometer br 2228, kemaren coba cari top speed
    di trek lurus n kosong, hny dapat 80 k/j
    itu jg ‘handle’ gas udh pol abis ( mentok ! )
    ok trims, tar mo dicoba..

    Suka

  60. zastra berkata:

    mio soul GT bisa dibilang produk gagal yamaha, tarikan berat V belt bunyi, dan tidak seringan honda beat matic ini seharusnya ditarik dari pasaran dan yamaha belajar lagi dengan honda soal tarikan ringan pada matic………

    Suka

  61. mangkus berkata:

    bagaimana kalau tahun mendatang diproduksi ecu imitasi yang fungsinya ada salah satu tidak normal

    Suka

  62. yudistira berkata:

    Pada bulan Agustus 2012 saya tertarik untuk meminang sebuah motor baru,pilihan jatuh pada motor matic andalan Yamaha,yaitu Yamaha Soul GT dengan no. mesin 1KP118581 dan nomer rangka MH31KP001CK117151.Motor ini bodinya macho banget,keren abis dech pokoknya.Sesuai dengan tagline Yamaha Keren,Lincah,Irit.Tetapi menurut pengalaman saya itu semua tidak terbukti.ternyata hanya sekedar bodynya aja yang keren,sedang mesinya berbeda 180 derajad.
    Pengalaman saya memakai Yamaha Soul GT,saat odometer menunjukan 2000km mulai muncul getaran di cvt saat berjalan pada kecepatan konstan 50-60kpj(kilometer per jam).Shock depan dan shock belakangnya keras banget.Apalagi saat melewati jalan yang tidak rata.Pada saat masuk ke bengkel resmi yamaha,saya tanyakan keluhan yang saya alami tersebut ke mekaniknya,dan kata mekaniknya itu gara-gara filter udara nya yang lebih panjang dari versi mio karbu(mekanik yg ahli pasti ketawa nich mendengar jawaban dari mekanik Yamaha yg seperti itu) hingga timbul gejala greg-greg saat kecepatan konstan 50-60kpj.Kalau shock yang keras,diciptakan untuk mendapatkan handling yang mantap (bagaimana bisa dapat handling yang mantap kalau tangan kesemutan dan pinggang sakit karena shock yang keras?). Ya sudahlah, cuma masalah kecil saya kira.Tapi saat odometer menunjukan 4000km kok getaranya semakin bertambah keras.Kerasa greg-greg sampai kekaki,dan larinya juga bertambah pelan,top speed cuma 80kpj.
    Akhirnya saya tlp call center Yamaha pusat Jakarta pada tanggal 27 september 2012 untuk menyampaikan keluhan saya tersebut.Pada tanggal 28 september 2012 pagi sudah ditlp balik oleh yamaha call center Surabaya (bener2 fast respon,but not sure)karena memang posisi saya di Surabaya.Akhirnya bikin janjian bertempat di pusat claim shop yamaha Surabaya yang berada di Pusat Motor daerah Kenjeran,ketemu dengan mas Pawit.Setelah menyampaikan keluhan saya,akhirnya motor saya tersebut ditinggal untuk dianalisa penyebab keluhan keluhan tersebut.Menginap dech 1 hari.Pada keesokan harinya saya dihubungi kembali,masalah sudah teratasi,kata mas Pawit gara-gara rolernya ada yg aus(baru jln 4000km dah aus rollernya,gimana nich mutu part original Yamaha?).sedangkan untuk shock yang keras jawabanya sama dengan mekanik yang pertama menangani motor sayaYa sudahlah yg penting sudah sembuh penyakitnya(greg-greg saat kecepatan konstan 50-60kpj).Saya bisa beraktifitas lagi dengan menunggang motor kesayangan walaupun dengan shock yang tidak nyaman.
    Tetapi setelah pemakaian jarak 10.000km ada gejala baru,tiap start awal dari 0-10kpj ada gejala gredeg-gredeg (getaran pada seluruh boddy motor) yg sangat keras.Rasanya bersumber dari cvt bagian belakang .Power juga menurun saat dipakai jarak jauh dan saat dipakai berboncengan .Motor kembali saya masukan ke bengkel resmi Yamaha (Cahya Persada Motor jln.Sulawesi 39 Surabaya),sekalian buat perawatan rutin.Kata mekaniknya karena stelan klep dan settingan ECU injeksinya kurang pas (untuk keluhan lost power), dan kotor pada bagian cvtnya (untuk keluhan gredeg-gredeg).Ya sudah service ringan(stel kerenggangan klep dan setting ECU) plus bongkar,sekalian dibersihkan cvt-nya (jasa service service ringan dan service cvt berbeda).Setelah keluar bengkel,motor sehat wal’afiat,seger waras.
    Tetapi setelah pemakaian berjalan jarak 350km-an dari saat masuk bengkel gejala greg-greg itu muncul lagi.Karena masih ada garansi service motor saya bawa masuk bengkel resmi Yamaha(Cahya Persada Motor jln.Sulawesi 39 Surabaya) lagi.Oleh mekaniknya(mas Nanda,sama dengan saat masuk pertama di bengkel ini) dibongkar lagi dan dibersihkan lagi cvt-nya.Posis pembersihan ditempat yg sama saat saya pertama masuk bengkel.Mekaniknya bilang kampas ganda (clutch carier assy) dan rumahnya(clutch housing comp) kurang bersih(bagaimana prosedur kerja bengkel resmi yamaha hingga masalah yang sama bisa terulang 2x?).Keluar dari bengkel resmi,seger buger dech,wah kurang bersih berarti kmarin saat masuk pertama,lega juga ternyata cuma kotor aja.tapi setelah 500km dari masuk yg ke-2 tiba2 gejala itu muncul lagi,bahkan makin keras,kayak kampas (clutch carier assy) nggak menggigit sempurna rumah koplingnya (clutch housing comp) ,ini muncul saat motor dalam kondisi dingin dan saat dikendarai di jalan yang macet.
    Saya mulai jengkel dengan banyak masalah yang mulai timbul lagi di motor ini.Akhirnya saya putuskan untuk kembali tlp call center Yamaha Jakarta.Tanggal 22 april 2013 saya tlp dan menyampaikan keluhan yang saya alami.Seminggu lebih kemudian,tepatnya pada tanggal 30 April 2013 saya ditlp Yamaha call center Surabaya,dengan contact person mas Yohan.Saya diminta datang lagi ke pusat klaim shop yamaha di Pusat Motor Kenjeran,ketemu dengan mas yohan ini,kata dia “ini motornya ditinggal ya mas,menginap dulu biar bisa dianalisa dengan tuntas keluhanya”. Sekalian saya keluhkan lagi tentang shock depan yg keras (shock belakang sudah mendingan karena saya ganti dengan shock belakang Honda vario Techno 125 original) juga lost power saat mesin panas,atau saat dipakai berkendara jarak jauh (lebih dari 50KM).Saat dipakai berboncengan juga lemot tarikanya(bagaimana tagline keren,lincah,irit bisa terealisasi,kalau kenyataanya seperti ini?).”ok mas,semua saya cek nanti”,jawab mas Yohan
    Pada tanggal 1 Mei 2013 sore saya ditelepon,motor saya sudah selesai. Pada tanggal 2 Mei 2013 saya baru bisa mengambil motor tersebut.Menurut mas Yohan sudah beres,sudah ketemu rusaknya dan sudah diganti 1 unit cvt bagian depan.Sekalian rollernya diganti,tapi dengan punya motor Yamaha tipe lain yaitu yamaha mio sporty,biar lebih enteng tarikanya katanya mas Yohan .Pengerjaan berikutnya settingan CO dinaikan menjadi +10 (gak tau nich efeknya apa,tetapi yang saya rasakan tarikan tetep berat,malah lebih boros BBM).Saya lega juga sudah ketemu penyebabnya.
    Selang beberapa hari kemudian,tepatnya pada jarak tempuh 450km setelah masuk bengkel pertama, keluhan awal itu muncul lagi.Karena saya sudah punya tlpnya mas Yohan (call center yamaha Surabaya),saya putuskan pada tanggal 10 Mei 2013,untuk langsung menghubungi mas yohan.Kata mas Yohan akan dikonsultasikan lagi dengan Pak Bekti orang yamaha pusat.Pada tanggal 13 mei 2013 saya di SMS mas Yohan untuk (lagi-lagi) datang ke pusat motor Kenjeran.katanya mau diganti satu set cvt belakang (clutch carier assy dan clutch housing comp) sekalian diganti van beltnya.Saya diminta untuk melihat langsung proses penggantian part ini.Ketika part penggantinya ditunjukan ke saya,saya melihat adanya bekas pemakaian di kedua part pengganti tersebut. Menurut penjelasan mas Yohan gak ada stock part barunya,sehingga dikanibalkan dari unit baru,bekas pemakaian itu terjadi saat unit motor yang dikanibal tersebut dites jalan.Ya sudahlah,terima aja,pokoknya diganti dan masalah yang timbul nggak muncul lagi.Akhirnya part dipasang,beres dech,motor saya bawa pulang dengan hati riang,walaupun mulai was-was masalah akan muncu lagi.
    Ternyata kekawatiran yang saya rasakan benar-benar terjadi.Habis pulang kampung tanggal 20 Mei 2013 pagi,masalah itu(greg-greg saat start awal 0-10kpj) muncul lagi.Bahkan muncul masalah baru,yaitu greg-greg saat kecepatan konstan,seperti complain saya pada tanggal 28 September 2012.Saya curiga ini gara-gara penggantian roller yg tidak sesuai dengan bawaan asli soul gt.Saya sudah benar-benar kecewa dengan produk Yamaha Soul GT ini.Setelah saya browsing di internet ternyata bukan saya saja yang mengalami masalah dengan Yamaha soul gt.Banyak pemakainya yang mempunyai pengalaman serupa dengan soul gt saya.Akhirnya saya tumpahkan kekecewaan saya ke call center Yamaha pusat pada tangggal 22 Mei 2013,saya sudah pusing dengan semua masalah yang timbul di motor ini,saya tumpahkan semua masalah yang timbul,dari shock yang keras,power yang hilang saat motor jalan 50km keatas,tarikan berat saat dipakai berboncengan,dan yang paling mengganggu getaran yang keras pada seluruh boddy motor saat start awal (jadi tambah parah setelah diganti satu set cvt bagian belakang).Saking jengkelnya saya minta Yamaha membeli saja motor saya ini dengan harga motor bekas.Daripada terus kecewa,karena motor yang dibeli dengan harga yang tidak murah,dari hasil kerja keras saya selama ini ternyata seperti itu.
    Tanggapan yang cepat datang dari Yamaha,pagi saya tlp Yamaha Jakarta,malamnya saya sudah ditelepon oleh Yamaha call center Surabaya.Tetapi alangkah terkejutnya saya,bukan respon baik yang disampaikan tetapi terkesan Yamaha cuci tangan dengan problem yang menimpa motor saya ini.Mereka bilang tidak bisa mengabulkan claim garansi saya,karena motor saya sudah dimodifikasi shock belakanya.Saya jadi bertanya-tanya,mengapa tidak dari pertama mereka menolak complain saya,sedangkan dulu saya memasangkan shock juga yang memasangkan mekanik Yamaha pusat motor.Dari keluhan tanggal 28 september 2012 juga saya sudah ganti shock belakang motor saya.Jika dipikir dengan logika,juga saat saya konsultasikan dengan mekanik lain diluar Yamaha yang sudah berpengalaman,mereka mengatakan tidak ada hubungannya gredeg-gredeg pada cvt dengan shock belakang yang diganti.
    Apakah seperti ini cara menangani complain konsumen oleh pabrikan besar sekelas Yamaha?Perlu dipertanyakan juga kualitas part dari pabrikan Yamaha ini,setelah motor saya diganti dengan spare part original yang katanya dari unit baru kok masalah malah bertambah parah?bagaimana manajemen dan prosedur penanganan complain sehingga complain berulang terjadi?konsumen dilarang mengganti part selain bawaan asli soul gt,sedangkan pihak Yamaha sendiri mengganti roller soul gt saya dengan roller Yamaha tipe lain yang bukan asli bawaan soul gt(mio sporty) padahal jelas-jelas beda part number di catalog sparepart Yamaha.

    Suka

  63. febri berkata:

    mas knp ya lmpu indikator saya yg warna kuning nyala terus saat motor d hidup kn

    Suka

  64. kenthoet berkata:

    mnding bawa ke BeRes trdekat utk di periksa lebih lanjut kang

    Suka

  65. yadi Nurhadi berkata:

    Masa Baru 4 Bulan Pake mio GT Stret ECU Suadah ga Stabil…

    Suka

  66. yadi Nurhadi berkata:

    trus pake aki baru pun cepet soak ga ada sehari…

    Suka

  67. Zian berkata:

    Apa efeknya bila filter dan tempatnya itu di lepas. ?

    Suka

  68. kenthoet berkata:

    TB nya jadi cpet kotor trus bisa mngacaukan pembacaan sensor2 udara yg ada di TB ( throttle body) IMHO

    Suka

  69. Au berkata:

    kalow seting co soul gt habis berapa bang ?

    Suka

  70. kenthoet berkata:

    klo sekalian servis ringan mah setel co nya gratis kang πŸ˜€

    Suka

  71. armando berkata:

    saya juga merasakan getaran saat tarikan awal. soul gt saya rakitan 2013 bulan 7. Sekarang mulai terasa getaran saat tarikan awal, kilo meter sekarng 4600. kenapaya bos

    Suka

  72. deny berkata:

    mas bro mio soul gt saya sering nembak2,trus kalo di bawa pelan duaranya ngeblekbek gtu dah saya pake knalpot ori tapi di bobok..co udah di naikin di stel gak bisa bisa tetep ajah kaya gtu dolusinya apa mas?

    Suka

  73. deny berkata:

    tarikannya lemot,co tinggi di bawa pelan suaranya ngeblekbek trus nembak kalo di gas tinggi trus di turunin gas nya di naikin sdikit lg gasnya langsung nembak..gimana solusinya mas?saya sudah service di beberapa bengkel resmi tapi tetep gak bisa..kenalpot bobokan tapi knalpot ori.

    Suka

  74. kenthoet berkata:

    coba rollernya pake yg 8gram rata , trus per CVT diganjel o-ring tutup klep bekas mio lama sebnyak 2 buah biar tarikannya enteng ,,
    masalah nembak, coba stel celah busi jadi 0,7mm kalo perlu ganti pake busi NGK CR7HGP tipe platinum ,, stelan CO cukup +3 samapi +5 az gk usah tinggi2

    Suka

  75. kenthoet berkata:

    coba bersihkan bagian kopling sentrifugal dan house koplingnya masbro, biasanya cuma kotor saja ,,

    Suka

  76. tek.yan berkata:

    . bro kenpa motor saya tiba2 mati sendiri bro..

    Suka

  77. kenthoet berkata:

    mngkin kompresinya bocor mas, ketika di kick starter tersa enteng ga?

    Suka

  78. arivolta berkata:

    mas bro…
    apa dampak negatif kalo mio j pake knalpot racing??

    Suka

  79. kenthoet berkata:

    Biasanya knlpotny mletus2 bro

    Suka

  80. temsurya berkata:

    mas bro, kalo sensor orange nyala terus pengaruh ke aki gak y, soalnya motor soul gt ane begitu dan setelah dibwh ke bengkel resmi suruh ganti pelek. pengaruh gak tuh bro, thx

    Suka

  81. Than Zhill berkata:

    mas bro kira kira bira tarikan mioGT ane lebih agresif aneh harus pakai roller yg berapa gram….????
    soalnya cvt ane dah pakai yg 1500rpm…

    Suka

  82. aarreeff berkata:

    info sae om, suwun πŸ™‚

    Suka

  83. thedeadbone berkata:

    punya ane pake nobi 3 bold setingan CO +15 kadang nembak kadang nggak

    Suka

  84. fernando berkata:

    bro, motor gue mio j kalau, di gas pelan ada bunyinya seperti kerik,kerik, di bagian ban belakang itu masalahnya apa ya?

    Suka

  85. Rizky berkata:

    Bro ane punya masalah dengan mio j ne.. awalnya sich motor mandi di kolam hampir kelelep semua ame ane ane nya>>> singkat cerita dah dikeringin hidup biasa lagi. 3 bulan kemudian mati ane bawa ke bkl ymh aki nya cuman di cas doang hidup lagi dua hari kemudian mati lagi, ane tanya katanya regulatornya ane cari nggak ada trus ma mekanik bekel jalanan di jamper pake regulator jenis lai >> motor hidup seperti biasa tapi lampu pada mati semua… pas regulator aslinya ada ane pasang eee idup cuam 5 menit trus mati cdi nya> apakah penggantian atau penjemperan regulator bisa bikin cdi mati ??? tks

    Suka

  86. kenthoet berkata:

    Bisa sja bro.. krna klo pke rgulator lain slain std bisa bkin over charge / klebihan tegangan yg msuk ke bgian ecu/cdi cmiiw

    Suka

  87. syaiupin berkata:

    nice inpho gan, ane baru make mio-J 2 minggu sementara masih ajib2 ae gan, hehehe manteb dah πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

    Suka

  88. nonamedulu berkata:

    om mau nanya nih, mio j saya kok baru balik dari BeRes malah gamau langsam ya? baru stater udh jalan sendiri motornya, itu masalah dimananya ya ?

    Suka

  89. kenthoet berkata:

    Coba cek kondisi roler n kampas gandanya bro, trutama kondisi karet damper kmpas gnda

    Suka

  90. arieflangsa berkata:

    Om
    Mio j ane baru d service injektor a .setelah d pasang putaran bawah langsam gede dan brebet trus lampu indikator nyala 3x lambat 7x cepet ….
    Mohon info d kirim ke no ini 085206129003
    Penting banget om

    Suka

  91. Dedi berkata:

    Mw naxa Gan,,,,Kok motor sy pada saat On dalam wk 15 menit,,,tiba2 lampu injeksinya nyala……..Kira2 masalhnya gmn????soalnya sy udh bw ke bengkel resmi, tp setelah di cek trnyata nda ad maslah…..
    Thankz sebelumnya

    Suka

  92. kenthoet berkata:

    Mtornya mio j y bro?? Kmngkinan sensor ISC macet bro cmiiw

    Suka

  93. defki berkata:

    mang bro mtr mio j saya knapa pas di gas jadi lemot banget naek nya, terus lampu kuningnya nyala terus ketika mtr hidup

    Suka

  94. kenthoet berkata:

    Coba bwa k bengkel resmi terdekat buat di cek broo

    Suka

  95. dan21 berkata:

    Mas, motor ane pas jalan hidup lampu injeksinya, yang salah apaan ya mas? Mhon infonya

    Suka

  96. kenthoet berkata:

    Kabel spidonya jalan gk bro?? Klo kabel spido putus lmpu peringatan akan menyala

    Suka

  97. dan21 berkata:

    Kabel spido nya jalan mas,

    Suka

  98. kenthoet berkata:

    Mngkin ISC nya bermaslah itu bro atau pling apes ecu nya konslet jdi lmpu indikator nyala terus imho cmiiw

    Suka

  99. mas motor mio j saya kok lampu indikator injeksinya nyala lambat 2 kali trus nyala cepetnya saya lupa, tapi pas mesin di nyalakan motornya kok nyedat” kayak kompresi padet atau kelistrikanya kayak gag lancar trus klw di buat jalan ya gag nyedat” tapi pas berhenti nyedat lagi dan indikatornya nyala terus pasmesin nyala
    mohon bantuannya gan
    via email : givirivaldi@rocketmail.com atau sms 081335119914
    mohon bantuannya mas

    Suka

  100. kenthoet berkata:

    Coba bawa k bngkel resmi trdkat buat dicek bro.. Prediksi sya Kmngkinan selang ISC nya bocor itu cmiiw

    Suka

  101. Achmad Yani berkata:

    Mas Bro mau numpang nanya ni,
    Kalo untuk Programer buat Mio J Bore Up gimanah yg enak??
    Spek Motor 58 Klep Standart

    Suka

  102. Achmad Yani berkata:

    Mas bro mau numpang nanya ni,
    Kalo untuk Programer Mio J Bore Up Spek 58 Klep Std tapi buat harian enaknya gimanah ya??

    Suka

  103. usna mj berkata:

    bgmn cr buat pemasang Injector mas bro .

    Suka

  104. cahyo berkata:

    mas bro mio gt lampu indikator nyala 4x panjang n 2x nyala pendek. apa bner itu eprom yg di dlam ecm minta di riset…

    Suka

  105. kenthoet berkata:

    Itu speed sensor nya bro.. Coba cek kbel spido.. Mngkin putus

    Suka

  106. cahyo berkata:

    ya q sempat curiga kyak gtu. ampe kbel spedo udah q cek tpi gk ada yg ptus kabel nya. motor nya sih bsa hidup. tpi lampu indikator nya nyala dgn jumlah 42.truz q coba tuker ama ecm mio j punya tman. sembuh mas. tpi mio j tmn q yg q tuker pke ecm mio gt itu. lampu indikator nya nyala. kira2 ecm itu bsa di bnerin kgak maz
    atau coba di riset gtu..

    Suka

  107. kenthoet berkata:

    Owh kalo sudah kyk gtu spertinya gk bs dibenerin lgi bro.. Mskipun di reset jg gk bkal ngefek.. Satu2nya cara ya musti gnti ECU tuh

    Suka

  108. iqbal bukhori berkata:

    Bro motor ane mio j. Ane baru pasang projector hid. Baru sehari pake udah ga nyalah lampu utamanya. Pas di coba lgi . Nyala. Tapi redup. Ga lama mati . Sama lampu senja terus terusan putus. Tapi cuma yang kiri aja . Lampu senja led ganti ampe 3 kali. Mohon pencerahannya mas bro

    Suka

  109. Cita Putra berkata:

    Mau share aja gan.. sekitar sebulanan terakhir, si “J” jd suka mati2 sendiri (tanpa ada warning), trus karena memang langganan BeRes, sama BeRes disuruh service yang paket sampe cuci tangki segala (padahal ga pernah minum si “kuning”) dan ga pernah telat servis (FYI skrg km udah nginjek 58rb). tapi stationer tetep berasa aneh, dan bener aja di hari ke-3 masih mati2 sampai 5 kali.

    Akhirnya hari ke-4 balik ke BeRes lagi, lalu dicek pake alat yg biasa ga ada kode error, tp saya ngotot minta dicek pake laptop, nah ga ada error juga, tp rpm ga stabil. nah akhirnya para mekanik berkumpul tuh, ini kenapa pula motor aneh begini, ternyata ada yang ingat kalau ECU saya masih yg versi 00 (feb 2012), akhirnya di flash ulang lah pake ROM 01, alhasil SUKSES gan! stationer kembali seperti normal.

    TAPI, ada tapinya nih.. rasanya seperti settingan angin+bensinnya jd stationer berasa “galak” alias rpm tinggi (klo ga salah intip di angka 1500 an), sehingga yang biasa tarikan 90-100 km/jam enteng, sekarang di 80km/jam saja sudah “nggereng” alias mentok gitu. jadi penasaran apakah settingan CO nya jg dirubah.

    Tapi untuk kawan2 semua yang ngerasa belom pernah program ulang ECU, mending program ulang deh biar si “J” kembali sehat! Sukses terus untuk TS

    Suka

  110. kenthoet berkata:

    Trmakasih dh berbagi pnglamannya disini broo

    Suka

  111. zam roni berkata:

    mas kenthoet.. bisa minta/beli software nya untuk ALL injeksi.. lalu beli di mana kabel data nya untuk di colokkan di laptop..

    Suka

  112. kenthoet berkata:

    Software tdk diperjual-belikan.. saat ini hnya untuk jaringan resmi yamaha sja

    Suka

  113. donny berkata:

    Ijin gabung om……sekalian mhn pendapat dari om2 blogger….mio soul gt 2013 sy di bore up sampai Volume 57-57,5=146,7 cm. Durasi noken 265-270(menurut mekanik). Knalpot pake R1. Busi iridium. ECU pake juken brt 2 n koil pake kawahara. Injektor pake kawahara. Roller pake kombinasi 9-10 (lumayan buat PP malang-sby…sekitar jarak 86km sekali jln isi pertamax 20rb..πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†)…yg sy tanyain om…wkt mesin hidup stasioner..asap buangan knalpot masih spt ada sisa bbm meski knalpot gk meletup2…mhn pencerahan dari om2 blogger sekalian. N mhn diposting alamat situs ato yg pnya tabel seting ECU juken khusus mio soul gt yg sdh bore up.
    Tks byk om2 blogger sekalian…πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    Suka

  114. Dofen berkata:

    Gan Maaf nih melenceng Ane mau nanya Mio J saya Pake knalpot Bobok Bikinan, Pas ane Gas Nyampe Kisaran 40Km/Jam Udah Geter Ngeden, Minta solusinya bro

    Suka

  115. kenthoet berkata:

    Coba rolernya diganti yg lbih ringan dr stndart

    Suka

  116. gatot sukoco berkata:

    mio gt saya bunyi tek tek di blok mesin pada saat stasioner kalau jalan hilang kira2apanya mas broo

    Suka

  117. kenthoet berkata:

    Wah klo gak dngerin secara langsung susah menentukan pnyebabnya bro.. Coba sja dibawa ke bngkel terpercaya di kota sampeyan buat di cek

    Suka

  118. nickzhon berkata:

    Sya pengguna mio gt,,,,cma klo lgi semntara ngegass 80/km udah brebet mas…
    Trus klo mw pke softwarenya download aplikasi nmanya apa yah mas……
    Truss alat” yg d butuhkan apa” ajh mas…..

    Suka

  119. gatot s berkata:

    mio gt standart km10.000 kecepatan 60k/m terasa ngeden apanya mas bro

    Suka

  120. kim berkata:

    Maaf mas boss..kl laptopnya..pake yg udah core I3 apa ms dual core..

    Suka

  121. sakata berkata:

    Kalo mio j nya udah di bersihi isc nya

    Trus sampe ganti trotolle body..
    Tpi nggak mau lamsan juga bang
    Selang udah di cek gak ada bocor..
    Kpala busi dah di ganti busi juga tapi gak mau lamsam juga apa ya tu bg

    Suka

  122. kenthoet berkata:

    Injektor sma tekanan fuelpump sudah dicek / dibersihkan blom bro??

    Suka

  123. Jovan berkata:

    Mas saya punya motor mio j tahun 2013 udah bore up 58,5 injector pake punya vixion roller 7 gram rata per cvt tdr 1500 rpm yang lain masih standar tapi tarikan awal enak pas lari 90 nahan mas terus knalpot nya nembak nembak, itu mesti setting ecu?

    Suka

  124. ubay ajha berkata:

    kalau untuk mio gt fi 2013 bisa gk bro and apa semua deler yamaha di indonesia ini sudah pny program ecu nya,?

    Suka

  125. kenthoet berkata:

    Semua dealer bisa

    Suka

  126. didik berkata:

    untuk dapetin sofwer itu untuk kita yg buka bengkel biasa gmna ya??

    Suka

  127. mark berkata:

    sayang banget dari pertama beli soul gt 125 lancar setelah service dan setting ecu sampe sekarang udah hampir 3 tahun sering mati mendadak kalo gas iddle di tengah jalan, sudah ke beres tapi sayang montir beres di daerah saya nggak ada yang beres, nggak ada yang ngerti setting ecu, kelihatan bagaimana cara montirnya setting sangat tidak bisa mengoperasikan laptop untuk setting ecu

    Suka

  128. judin tet berkata:

    yah begitu saja ko repot…..bhaha

    Suka

  129. judin tet berkata:

    ada yg jual knlapot bobokan engga tapi jangan yg harga 50 rb
    chat law ada yah

    Suka

  130. riyan berkata:

    om motor kita berecek itu karena aph ya kasih polusi nya donl

    Suka

  131. dhyon berkata:

    mau nanya gan motor gue mio gt gak ada api bro,gue strter juga nga ad bro sama injeksinya jga ngga nyala padahal udah ganti aki,gue nyoba test kbel masa dri ecu ngga ada bro, mohon sarannya dong bro, thanks

    Suka

  132. Irfan berkata:

    Pertama kabel ada tg korsleting sesudah itu gas nya tidak ada langsam lgi knpa begitu…

    Suka

  133. solikin berkata:

    kalo biaya ganti ecu jupiterz1 brp gan??

    Suka

  134. Radit berkata:

    Klo motor ane mio GT , bisa hidup tapi sebentar trus mati , klo digas malah nga mau hidup kira-kira kendalanya apa ya , apa bisa reset ecu manual , ?? Mkasi

    Suka

  135. Kenthoet Bore Up berkata:

    Cek injektor sama filter fuelpump.nya mungkin sudah buntu

    Suka

  136. eka berkata:

    Mas yang asli buat mio J kode ny yg mana mas. Yg 54P0 apa 54P1
    SAYA BINGUNG MAU BELI MAS..
    TOLONG WA SAYA KE NOMOR INI MAS
    TOLOONG BANGET..
    082282717990

    Suka

Komentar Anda adalah Semangat Saya