Hallo mas bro sekalian sebenarnya kali ini ane ingin nulis tentang kesan pertama ane nunggangi motor bebek injeksi pertama Yamaha yaitu si Jupiter Z1 atau bahasa jawanya itu test ride  ;) tapi karena artikel test ride sudah banyak yang bahas secara lebih lengkap di blog-blog ‘dewa’ seperti di TMCblog atau om Iwanbanaran makanya ane mau bahas singkat az ;) , lagian juga sudah basi masak motor sudah launching beberapa bulan yang lalu kok baru sekarang bikin artikel test ride :D

Ok deh langsung az kebetulan beberapa hari yang lalu ada 2 ekor Z1 yang mampir ke bengkel buat ‘nyerpis gratisan’ :lol: , nah setelah sekian lama menunggu akhirnya datang juga kesempatan itu yaitu nyerpis Z1 plus test ride ;) ,sebenarnya sudah ada berkali-kali Z1 mampir ke bengkel tapi sialnya yang punya motor itu gak mau nyerpis, cuma mau tap oli doang :evil: , tapi penantian itu terbayar sudah kemarin :D

Oke kesan pertama liat body nya yaitu lebih bantet / padat dari yang versi karbu , buntutnya agak mendingan gak terlalu lebay kayak yg versi karbu tapi masih kurang menarik n terlalu ‘biasa’ menurut ane, trus panel speedonya juga lebih simple n gak ‘ngejreng’ kayak yg versi karbu IMHO , trus suara knalpot nya kalo menurut indera pendengaran ane kok mirip-mirip sama suara knalpotnya absolute Revo ya :?: :roll: tapi ini sedikit lebih ngebass, riding positionnya gak beda jauh sama si Jupie cuma jok nya Z1 sedikit lebih tebal n empuk , tarikannya hmmm…. enak sih ;) maklum lah motor masih baru, gak tau deh 5-6tahun lagi pasti rasanya gak akan beda jauh sama si Jupie biru :mrgreen: ‘ oh iya ane ngetestnya cuma sampai gigi 2 az di kecepatan 50km/jam maklum tempatnya nya terbatas cuma 100meteran az ;) .

Nah yang ingin ane tekankan disini bukan test ride yang ane lakukan bersama Z1 ini tapi suatu ‘keanehan’ yang ane temui waktu nyerpis si Z1 , berawal dari rasa penasaran ane yang ingin tau berapa sih limiter ECU nya Z1 ini ,yo wes lah ane memberanikan diri membetot gas Z1 sampe mentok limiter :) padahal sudah jelas kalo masa inreyen gak boleh membetot gas sampe mentok tapi karena penasaran,yo wes gak papa lah sekali-sekali :mrgreen: , nah waktu ane liat ke layar PC kok WOW..!! limiternya tembus 11ribu rpm mas bro, tinggi juga untuk ukuran bebek 115cc SOHC overstroke :D , kalo nggak percaya liat az gambar di bawah ;) . No pict = HOAX :D (klik gambar untuk memperbesar)

tembus 11ribu rpm :D   *klik gambar untuk memperbesar

(UPDATE) Limiter ECU Z1 Ada yang tembus sampe 11150 rpm :shock: cekibrot:

klik gambar untuk memperbesar :D

Kenapa ane bilang ‘aneh’ :?: ya aneh az masak bebek limiternya 11ribu rpm sedangkan sportnya cuma 10ribu rpm *lirik vixion ;) padahal secara logika kan si vixion speknya lebih mumpuni kalo dipasangi limiter lebih tinggi selain sudah diasyl silinder n forged piston, juga sudah pake radiator n klepnya juga dah 4 biji ‘ sedangkan Z1 cuma pake forged piston tapi masih pendingin udara ;) ,

Hmmmm….. jadi apakah ini berarti Yamaha serius  untuk membuat bebek ini ‘kencang’ dari lahir sesuai dengan DNA ‘mbah-mbah’ nya :?: :roll: I don’t know, biar waktu yang menjawabnya :D . Ok deh mas bro sekian dulu curhatan ane kali ini mohon maaf kalo ada salah-salah kata maklum masih newbie :D Silahkan dikomentari ;)

Buat ane mau bebek kencang kek, mau sport lemot kek bodo amat yang penting senyum Veranda tetap ‘kencang’ di hatiku :oops: :oops: :mrgreen:

^^Pliisss jangan senyum terus nanti ane bisa GIILLAAAAAAA….. :oops:

Sekian, Salam Kenthoet :D

About these ads

Tentang kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

»

  1. bimo96 mengatakan:

    pertamaxxxx
    kalo blade brapa ya??? ayo diadu :mrgreen:

  2. kharis27 mengatakan:

    wah vixion kenapa ga nyampe 11rb ,,,, :lol:

  3. vixieg4744hk mengatakan:

    waoww… denger2 ECU nya bisa di setel layaknya PJ MJ motor karbu? bnr ga sih?

    btw, lbh bagus kalo Ve yg di atas motor nya tuhh.. :lol:

  4. kickpoint mengatakan:

    selain piston gempa, yz crank juga punya andil bikin performa si z1 jadi mumpuni dibanding versi karbu. kalo vixy baru juga ditemplokin yz crankshaft bakalan mantab tuh, kan bikin naik performa…
    IMHO…

  5. bagas29ps mengatakan:

    Piksen cuma 10rb, jupi bisa 11rb..
    kalo seandainya sama” 150cc, piksen ane ketar-ketir nih :mrgreen:

  6. kickpoint mengatakan:

    hati2 lo bro blg “batok n body bergetar: :mrgreen:
    ntar ada fb yg marah lho…

    X8 bro yang O.S nya udh 2.1 (eclair)…
    ada rencana sih mau ganti ke tipo, soalnya udah pake OS terbaru yg 4.0 :smile:

    • kenthoet mengatakan:

      walah jupie q juga batoknya getar kok mas bro tapi cuma bagian ‘paruh’ nya az yg biru2 di lampu senja itu lho, kalo kena jln gak rata mesti getar2 :evil:
      wah abang ane baru seminggu yg lalu ambil yg tipo mas bro , murah ya Hp skrg 1,5jt dh android 4,0 :twisted:

  7. kickpoint mengatakan:

    jujur bro kenthoet, kalo ane baca lagi komen ane dibagian “piston gempa” td, ane ngakak sendiri jadinya…

    “jadilah yang pertama…”(music background)
    “hi performace bike…” (music background lagi…)
    “dengan teknologi fuel injection dan PISTON GEMPA…”(kkkrrrrrrrrr #batok n body)
    buahahaha… :mrgreen:

  8. kickpoint mengatakan:

    wah, itu bautnya longgar bro. tinggal copot mika aja. trus ketatin lagi tuh baut ato tambah selotip timbal balik, cuman masalahnya, ada pada saat buka mika. keras bro krn lem nya itu. ane aja sampe patah tuh klem mika yg 7 spot itu, krn dipaksa.
    ada juga cara lain, suntikan yg gak pake jarum trus diisi sama minyak tanah. trus ditembak kan ke seluruh sisi lem mika. tunggu kira 10 menitan sampe lumer tuh lem baru congkel pake obeng (-) pelan2.
    ato pake cara lain, pecahin tuh mika sampe habis (dgn syarat sediain dulu mika baru seharga 30rb, ditempat ane segitu). pas udah ketat baut tutup lampu senjanya baru pasang lagi mika baru.
    daripada ganti lampu baru bro, seharga 80rb. mending mika dipecahin.

    tu cara udah ane coba semua bro. pas ane ngecat reflektor bagian luar.

    • kenthoet mengatakan:

      OK mas bro, thnks banget saran nya :D, kayaknya yg menghilangkan lem mika pake minyak tanah patut di coba tuh soale sayang juga kalo harus di pecahin mika head lampnya :D

  9. sinbe mengatakan:

    Ah ah ah… (VR46Mode:on) Si z1 emang kentjang ya, kalo ktm dijalan ane ajak tarik2an kayaknya asik tuh. :mrgreen:

  10. Nofgi mengatakan:

    Hebat juga tu Jupi …
    Vixi aja gk nyampek segitu.
    Berani diadu si Z1 sama si Jupi biru … ? Hehehe …

    http://nofgipiston.wordpress.com/2012/09/13/wew-harga-knalpot-racing-ninja-250-injeksi-13-juta-sob-ckckck/

  11. blueZ mengatakan:

    jupi burhan juga kalo ga salah limiternya ada di 10.000 rpm, dimana bebek lain cuma sampe 9500 :D
    salam sesama pemakai jupi burhan bro :)

  12. DPC Paintwork mengatakan:

    sesuk nek entuk landasan sawah tumbas tp scorpio…amin. veranda sweety(^ ^,)

  13. touringrider mengatakan:

    disinyalir berani dilimit segitu karena model balancernya baru..

  14. erwinkrenbiz mengatakan:

    yang punya warung mekanik beres yah.ane S.A di malang jatim bro.salam mekanik Y****A

  15. rider gunung MALINO mengatakan:

    nge bayangin… VE tembusx berapa RPM ya????? :)

  16. vixy182 mengatakan:

    kalo di adu sama shogun kebo yg fresh gimana ni ya power nya :-)

    • kenthoet mengatakan:

      wah menarik juga tuh mas kalo seandainya ada shogun kebo yg masih ‘perawan’ bisa diajak adu kebut sampe limit bareng Z1 ini :D , tapi sayangnya shogun kebo dah ‘almarhum’ sejak bertahun-tahun yang lalu :( , thnks dah mmpir :)

  17. z1rider mengatakan:

    Untung yang digangbang bukan Z1 ane, xixixi :twisted:

  18. Rizqibe mengatakan:

    Mirip kasusnya Ninja 250 sama ER-6. Ninja 250 limit di sekitar 13.000 RPM, ER-6 di sekitar 11.000 , tapi top speednya si ER-6 dalam keadaan standard itu 125mph alias 200km/h, Ninja 250 kalah jauh. Kesimpulannya batas RPM gak terlalu pengaruhi performa karena tergantung karakter mesin. Ducati Panigale 1199 aja RPM nya mentok di 12.000 , tapi 300 km/h tembus tuh

    • kenthoet mengatakan:

      iya mas bro, tapi kan itu motornya kubikasinya gede jadi pantes dong di kasih rpm tinggi, lha ini kan cuma ‘bebek’ SOHC overstroke 115cc eh dikasih limiter 11ribu rpm… buat apa coba?? :roll: mau ngebut :?: ngebut kok pake bebek :?: xixixixi :mrgreen:

  19. Rollerman mengatakan:

    tumben yah Yamaha Indonesia mau ngasih ECU yang limitnya lumayan tinggi??
    yaa kalau CDI Fino dari Thailand(pada sistem karbu) sih percaya ngasih limit tinggi,lha ini YAmaha Indonesia lhoo
    mungkin biar bisa buat kanibal part Vega ZR FI juga jadi biar bisa wuzz

    • kenthoet mengatakan:

      nggak tau tuh masak yg dikasih limiter tinggi malah bebeknya bukan sport nya, andai vixion limiternya 11ribu pasti mantep tuh :D thnks ya mas dah mampir n komen2 disini :D

      • Rollerman mengatakan:

        oke Bro,makanya artikelnya yang unik2 kayak gne,menguak rahasia yang blum pernah dbuka

        coba bkin artikel ttg Unlock ECU Mio J,pasti geger tuh,haha atau ECU Jupiter Z1

      • kenthoet mengatakan:

        wah kalo meng’Unlock’ ECU itu belum diajarin/ ditraning kan mas bro , soale setau ane itu hanya digunakan untuk kebutuhan kompetisi bukan buat harian CMIIW :D

  20. paijo mengatakan:

    lam knl brow semua,ini baru persahabatan gk saling hina.

  21. velanrynstef mengatakan:

    kalo limiter soul gt berapa mas :?

  22. PuguhP mengatakan:

    penasaran make jupiter z1, kalo pake yg karbu udah pernah dan lumayan galak putaran bawahnya dan motor paling enak untuk ngalay :mrgreen:
    bro kalo mau bikin suara knalpot jupiter karbu nggak terlalu berisik gimana?

  23. z1rider mengatakan:

    Tadi siang nyoba sparing sama New Blade, tarikan awal Z1 kalah mengalah. Lha gigi 1 cuma tak sampein 25, 2 sampe 45, 3 sampe 75. Masuk 4, baru bisa deh say good bye ke rider New Blade.

  24. RC110R Rider mengatakan:

    Mengutip dari
    http://hourex150l.wordpress.com/2012/04/04/batas-aman-putaran-mesin-rpm-bagi-piston/

    “Adapun Kecepatan Ideal Piston (PS) adalah 21 meter/Detik (21 m/s)
    Dan untuk menghitung Kecepatan Piston Kendaraan di dapat dengan Menggunakan Rumus:
    ( 2 x Stroke#dalam satuan meter# x Rpm)/60″

    Sekarang dengan konsep diatas mari kita perkirakan bagaimana keawetan mesin njz1 vs nhb !!!!

    Jika data jupi z1 tadi dimasukkan
    stroke jupi z1 : 57,9 mm, rpm maks 11000
    maka kecepatan piston = ( 2 x 0,0579 x 11000)/60 = 21,23 m/s

    Jika data new blade dimasukkan
    stroke new blade : 55,6 mm, rpm maks 9500 (menurut asumsi bro kenthoet dg bebek biasa kemungkinan malah lebih rendah)
    maka kecepatan piston ( 2 x 0,0556 x 9500)/60 = 17,60 m/s

    KESIMPULAN : Dengan kecepatan piston yang lebih rendah 17,60 m/s vs 21,23 m/s secara teori mesin new blade akan cenderung lebi awet dari njz1, tetapi dengan adanya forged di njz1 maka untuk piston umurnya akan setara, mengapa saya berani bilang nhb bisa setara???karena walau bahan piston nhb bukan forged biasa, dengan kompresi dan kecepatan piston/detik nhb yg lebih rendah dari njz1, jelas akan membuatnya sama2 awet dg piston diasil njz1 sxpun, karena beban yg diterima piston nhb saat beroperasi ternyata lebih ringan dibandingkan beban yang diterima piston njz1
    Yang kekuatannya tidak imbang adalah di sektor silinder njz1 vs nhb, dapat dipastikan umur silinder njz1 akan dibawah umur silinder nhb, silinder njz1 bukan dari diasil tetapi silinder biasa…sehingga dengan beban kerja yang lebih berat padahal kualitas material sama dengan silinder nhb maka silinder njz1 akan lebih cepat tergerus dibandingkan silinder nhb…

    • kenthoet mengatakan:

      siip mas bro memang secara teori benar demikian :D tapi kenapa Yamaha masih berani memberi garansi mesin Z1 selama 3tahun atau 34 ribu km dengan spek mesin ‘diatas rata-rata’ motor bebek kelas 110-125cc :?: apakah yamaha nekat?? oh tentu tidak karena memang mesin Z1 sudah ‘lulus uji endurance’,ya seperti kebiasaan yamaha yg selalu ngetest motornya selama beribu2 km dijalanan seluruh indonesia sebelum motor itu dilempar ke pasar,kenapa ane berani bilang begitu??? karena salah seorang intruktur ane di YES dulu adalah ‘mantan’ test rider old vixion ditahun 2005-2006 sebelum vixion loncing di tahun 2007 ,jadi seorang test rider memang tugas nya hanya ‘memperkosa’ motor sampe limit dan membawa motor hasil ‘perkosaannya’ ke bagian RnD untuk diperiksa apakah motor itu sudah lulus dan layak untuk dilempar atau harus diperbaiki lagi :D , jadi jgn heran kalo motor2 test ride dlm 1 thun tahun odometernya bisa 50rbu km lebih.. jadi masalah awet atau nggak awet time will tell lah kan sudah di garansi :D
      nah kembali lagi tujuan ‘dibangunnya’ Z1 ini adalah untuk mengembalikan ‘nama baik’ jupiter yg sempat ‘memudar’ gara2 si NJZ karbu makanya yamaha berani ngasih spek ‘diatas bebek sekelasnya’ untuk membuktikan kalo ‘jupiter itu masih kencang’ :D
      nah kembali ke spek NHB yg “lebih bersahabat” kenapa Honda hanya memberi garansi cuma 3tahun??? seharus nya 4 tahun dong :?: :mrgreen:

      • z1rider mengatakan:

        Oh, jadi ini toh sebabnya kok kemarin sms ane, hehehe. Sekedar tanggapan singkat : Apa iya sih di saat riding harian, semua rider NJZ1 manteng rpm 11 ribu terus ? saya rasa tidak. Hanya orang yang (imho) kelewat gila aja yang nggeber sampai limit (11 ribu rpm) saat riding harian.

      • kenthoet mengatakan:

        iya bro hehehe.. :oops: :mrgreen: aq lupa soale makanya sms smpeyan kemarin :D ,,,
        iya biar kayak MotoGP bro mainnya di rpm tinggi terus :mrgreen: :lol:

      • RC110R Rider mengatakan:

        @kenthoet: ingat garansi 5 tahun yamaha hanya untuk silinder diasil dan forged piston saja…sedangkan komponen mesin lainnya sama dengan honda yaitu 3 tahun, dan kasus silinder z1 yang BUKAN DIASIL saya kira yamaha tidak akan berani menggaransi 5 tahun masbro, paling khusus silinder jupi z1 garansi hanya 3 tahun….coba tanya ama bro z1 rider yang dah punya jupi z1..

        @z1rider: hahaha…ya ndak to masbro….tapi manteng rpm mpe limit dah jadi kebiasaan saya pas di jalan sepi buat kompare speed dan aksel ama motor lain…..(khusus buat speed freak)
        walaupun ketika harian tidak mpe batas limit tapi tetap saja, di kecepatan yang sama rpm yang diraih nhb vs njz1 akan lebih tinggi njz1 bro….lihat saja power njz baru keluar di rpm yang lebih tinggi dari nhb, ditambah lagi njz1 itu LEBIH OVERSTROKE dibandingkan NHB (NHB;55,6 vs NJZ: 57,9)…ingat semakin panjang strokenya semakin besar friksi yang terjadi di piston, dan mesin akan lebih cepat lelah…..
        kayaknya pengembangan njz1 ini masih dalam taraf tune up njz1 doank bro..belum total racing oriented….seperti blade ke nhb…
        Beda kalo gen njz 1 bisa merubah konstruksi mesinnya mjd overbore…pasti gak ada lawannya dah kalo urusan speed…overbore = dna balap motogp..

      • kenthoet mengatakan:

        lha dikomentar diatas kan udah tak tulis kalo gransi mesin Z1 cuma 3tahun / 34.000 km mas bro :D , hayo pasti gak dibaca :lol:
        memang power 10,06ps Z1 baru keluar di rpm 7750 dan artinya lebih tinggi 250rpm dibanding power max. 8,4ps NHB yg muntah di 7500rpm ,
        hehehe.. tenang mas para insinyur disana sudah memikirkan gimana cara mengurangi friksi dipiston pda engine overstroke :D sperti : penggunaan forged piston (dimensi lebih pendek n kompak tapi lebih tahan ‘pukul’dibanding piston cast konvensiaonal) , Thin ring piston ( pasangan’e forged piston , ring piston lebih tipis tapi lebih kuat dri ring piston konvensional) , piston cooler ( sebuah nozle dicrankcase yg menyemprotkan oli ke pantat piston, untuk menstabilkan suhu piston :D FYI semua gen Jupiter sudah pake ini) ,spiny sleeve silinder :D n YZ crank with hollow pin , n gigi rasio 3 n 4 dibuat lebih gede biar tahan main di RPM tinggi :D
        Z1 memang gak racing oriented tapi kalo pinjem istilahnya suzuki,Z1 itu Street Performance a.k.a SP :D
        gak mungkin yamahmud bikin bebek overbore buat harian , motor buatan YIMM yg overbore cuma RX-King n scorpio az selebihnya overstroke n square :D

  25. omanfaqod mengatakan:

    baiyuh…mugo2pistone standare emang dibuat segitu

  26. denyfr mengatakan:

    hohho pertamax gan.. :P
    tapi all new jupiter z1 telah memiliki teknologi fuel injection dengan performa tinggi… juga disebut sebagai sepeda motor bebek injeksi kencang dan irit… okelah pokoknya

  27. ipanase mengatakan:

    tapi pas aku njajal kae betot gas sitik wis responsif lek, mosok yo cepetmen sekali gas langsung keno limiter, jadi idle rpm to max rpm singkat yo, koyo balap, josss ( kapan balap bebek e pake injeksi ki ) sayang disini masih jarang :( tapi di dealer ada

  28. kankkunk mengatakan:

    tembus 11000?mantep banget buat ukuran bebek waras..malah cuma beda tipis sama cs1 yg 11250an.. :) *sayang belum nyoba sendiri :mrgreen:

  29. sugiyantokenz mengatakan:

    edan baru tau beberapa hari yang lalu juga habis njajal, emang khas yamaha responsif biangets

  30. Thespecialman ucen mengatakan:

    Ada yang tau wilayah jogja yang jual blok kopling jupiter z 115cc versi karbu.?
    Harganya brapa.?

  31. Dr.Feelgood mengatakan:

    wow mantap tenan, limiternya tinggi gitu :D buat adu top speed pasti joss neh.

  32. nugi mengatakan:

    Jupi z yg 110 bukannya limit sampe rpm 10 ribu ya? percuma bro limiter sampe sgitu.. gak bakal pernah tercapai saat dipakai jalan dgn cc 115, terkecuali kondisi gas duduk saat motor diam atau cc naikin min. 135

  33. joko mengatakan:

    pantesan powernya aja tembus 10DK bahkan melebihi rivalnya yg bahkan 125cc sekalipun, mantap nih

  34. aeeagle mengatakan:

    Artikelnya Bensol biru!

  35. speed_lover mengatakan:

    mau 11.000 kek mau 20.000 kek! tetep aja keok ama old bale gue!

  36. nelvian mengatakan:

    iyaa ve :D

    *mampir karna ve mau ijin konser :mrgreen:

  37. alwy jupiter Z1 mengatakan:

    buset 11rb rpm gelah benar
    JZ1 ni tumbus 10,6ps 8,500 rpm da jos lajune
    JZ1 ni motor apa chi ko MX kalah ???

  38. ffdfdf mengatakan:

    jz1 jos gandos larinya, cuma sistem breakingnya yang payah banget

  39. […] , dimulai dari ECU yang limiternya di set lumayan tinggi yaitu dikisaran 11ribu rpm (lebih jelasnya baca disini) lalu fuel pump yang mampu menghasilkan tekanan konstan sebesar  295 Kpa disuplai menuju injector […]

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s