Sebenernya sih ini gak penting-penting banget buat dibahas, tapi gak apa lah ane bahas az daripada blog ini sepi gak ada tulisan anyar (maklum blog kelas emperan rek  😦 ) , lumayan juga buat nambah pengetahuan soal dunia perbebekan sampeyan semua 😆 , biar makin pinter kalo lagi angon bebek dijalanan :mrgreen:

Sebuah  komparasi sederhana antara Jupiter Z1 dan Force 115 ,tulisan ini juga untuk menjawab pertanyaan yang sering mampir ke telinga ane soal perbedaan antara Jupie Z1 dengan Force , hal itu dikarena kan kalo dilihat sepintas mesin yang disandang 2 bebek ini mirip2 ,apakah benar demikian ❓ yuk di bahas bareng2 ae ala blog katrok ini 😀

gambar nyolong dari pak haji TMCBlog :lol:

gambar nyolong dari pak haji TMCBlog 😆

Dari segi  desain body , kalo masalah ini semua orang juga sudah tahu , Jupie Z1 tetap pada ciri khasnya dari sejak awal gen Jupie lahir di dunia yaitu dengan penggunaan double headlamp sebagai penerangan di siang maupun malam hari (AHO soale)  sedangkan Force yang merupakan generasi penerus Vega (IMHO) tetap setia pake single headlamp. Berat isi dari kedua motor inipun pun di set berbeda menyesuaikan “peruntukannya”  masing2, ,Jupie Z1  mempunyai berat isi 102 kg (CW) ,101 kg (SW) dengan sudut caster 26,5 derajat dan wheelbase nya 1240mm sedang Force mempunyai berat isi ‘hanya’ 93 kg dengan sudut caster 26,2 derajat dan wheelbase nya 5mm lebih pendek dari Jupie Z1 yaitu 1235mm hal ini dimaksudkan agar Force bisa lebih lincah meliuk-liuk ditengah padatnya lalu lintas dan Jupie Z1 bisa lebih anteng digeber di kecepatan tinggi IMHO . Kapasitas tangki BBM dan bagasi didalam jok pun berbeda kalo Jupie Z1 kapasitas tangki nya  4,1 L dan kapasitas bagasi nya hanya 7 liter sedang si Force tempat BBM nya hanya bisa memuat cairan sebanyak 3,9 liter dan kapasitas bagasinya bisa sampai 9,2 liter

Sekarang dari segi mesin, weeeehhh ini nih yang ditunggu-tunggu 😀 , yups meskipun memakai teknologi  mesin yang sama seperti  spiny sleeve silinder , forged piston dan YZ crank dan sama2 menggunakan teknologi FI a.k.a Fuel Injection tapi karena “peruntukan” dari 2 motor ini berbeda maka sistem FI yang digunakan juga beda 😀 , Jupiter Z1 yang menggunakan paket FI dari Keihin lebih mengutamakan ke Performa mesin , dimulai dari ECU yang limiternya di set lumayan tinggi yaitu dikisaran 11ribu rpm (lebih jelasnya baca disini) lalu fuel pump yang mampu menghasilkan tekanan konstan sebesar  295 Kpa disuplai menuju injector yang mempunyai 6 lubang yang posisinya tepat mengarah ke lubang intake , ditambah aliran udara yg dipandu oleh Sensor unit yg  terdiri dari 3 sensor yaitu TPS , IATS dan IAPS yg nemplok di throttle body berdiameter 22mm yang terpasang di intake manifold berbahan plastic dengan model Down Draft  membuat nya menjadi  minim hambatan , suplai udara yang cepat dan maximal menjadikan tenaga mesin yang besar pula , maka nggak heran jika power maximal Jupie Z1 sentuh 10,06 PS (7,4 Kw) / 7750 rpm dan Torsi maximal 9,9 N.m /6500 rpm yang disalurkan melalui kopling besistem Diapragma multiplat yang di akhiri dengan final gear kombinasi  41/13 .

aliran udara Z1 ngeploong :D ,.. *gambar nyolong dari TMCBlog.com

aliran udara Z1 ngeploong 😀 ,.. *gambar nyolong dari TMCBlog.com

Sedangkan Force menggunakan paket FI dari Mikuni yang mengedepankan Torque yang membuatnya ringan namun tetap bertenaga , dimulai dari ECU 33pin yg limiternya di set di angka 10200-an rpm , fuel injector mempunyai 4 lubang yang mendapatkan suplai bahan bakar dari fuel pump tipe brushless dengan tekanan 295 Kpa, sedangkan aliran udara dikawal oleh throttle body berdiameter 24 mm dengan 3 sensor utama membuatnya mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 8,72 PS ( 6,41 Kw) / 7000rpm dan torsi puncak sebesar 9,53 N.m /5500rpm yang tersalur melalui kopling bersistem pegas multiplat yang diakhiri dengan final gear 41/14 😀

Limiter ECU Force 115

Limiter ECU Force 115 (klik gambar untuk memperbesar burung anda :mrgreen: )

Gimana Masbro udah jelas kan sekarang ❓ Jadi seperti itulah kira-kira gambaran head to head antara Jupie Z1 vs Force yang Sehati tapi beda Jantung 😀 ,

Biar gak bingung monggo dilihat tabel sederhana berikut ini ➡

Z1 vs Force

Z1 vs Force

Oke lah kalo begichu silahkan dikunyah-kunyah , trus ditelan, lalu dicerna dalam usus trus dikeluarin lagi ,tapi kalo udah jangan lupa cebok dulu ntar dilalerin lagi :mrgreen: hoooeeekkkk 😆

Ve lagi lihat layangan :roll: :?:

Ve lagi lihat layangan 🙄 ❓

Sekian dan Terima kasih 😀

Salam Kenthoet 😀

About Kenthoet Bore Up

pengen jadi bos, doain 😁

Satu tanggapan »

  1. darkpaintcustom berkata:

    pertamax rek ™Ќîiîk.·:::D Ќîiîk :D::·. Ќîiîk™

    Suka

  2. darkpaintcustom berkata:

    nitip jemuran cek garing sempak e ™Ќîiîk.·:::D Ќîiîk :D::·. Ќîiîk™

    gaswattt..!!! Forget..!!!??

    Suka

  3. ipanase berkata:

    kayane jik enak z1 😀

    Suka

  4. Nofgi berkata:

    Kalau desain ane vote Z1, kalau peforma nggak tahu, lom pernah coba soale hehe.

    Apa Model Fairing Yang Cocok Buat New Vixion … ???

    Suka

  5. kenthoet berkata:

    iyo lek, Z1 lebih nendang IMHO

    Suka

  6. kenthoet berkata:

    Rp.9850 / liter 😀

    Suka

  7. kenthoet berkata:

    di pepe ndukur wuwung ae :mrgreen:

    Suka

  8. ndesospeed berkata:

    kalo wakt malem dtengah hutan aki z1 soak bisa brabe ki

    Suka

  9. kenthoet berkata:

    malem2 nang hutan lapo hayoo ??? 😆

    Suka

  10. ndesospeed berkata:

    Mudik lek kan ngliwati tengah sawah daerah mojoagung pe kandangan hahaha

    Suka

  11. kenthoet berkata:

    makane sebelum mudik diserpis dulu motor e ben gak mogok di tengah hutan :mrgreen:

    Suka

  12. ndesospeed berkata:

    Kwakakakak lak mulie ndadak lek.dwei powerbank e vixi iso g lek

    Suka

  13. kenthoet berkata:

    sek tenang, maslah kuwi masih dlm proses percobaan tunggu sja hasilnya beberapa bulan kedepan 😀

    Suka

  14. permen karet berkata:

    Z1 lebih mantap. . Digas pol ga heboh kayak bebek lain getarannya

    Suka

  15. aif vega berkata:

    ko bsa gtu y…
    kya’a nih mtor bda d FI ama final gear+tipe transmisi y yg bkin bda kenceng’a…
    hehehe

    om bndingin jg mio j vs soul gt vs x-ride jg dong jd pnasaran…
    hahahaha

    Suka

  16. Sinbe berkata:

    force keren tuh injeksi kentjang :sambil elus2 old blade: :mrgreen:

    Suka

  17. vicman80 berkata:

    Cuman….sayang’e RRA’ne hora isa tak kanibal rek…. 😦

    Suka

  18. tole berkata:

    z1 jos..sekali pakai ( pinjem punya sodara) langsung “manut” motornya. ga perlu penyesuaian dulu koyo njz ku. kalo force ga tau rung njajal soale. oio lek.. gir set z1 iso ga di gawe nang njz?

    Suka

  19. marsudi(gendut) berkata:

    kudune yo ngono kang artikel minimal keluar baru seminggu 3 kali,imho…hehehehe

    Suka

  20. ᅫᅫᅫTORRESᅧᅧᅧ berkata:

    Bedo perangkate kopling….ckckckck

    Suka

  21. cakepan Vega RR…
    eniwei Vega itu masih Karbu ya?

    Suka

  22. kenthoet berkata:

    kalo dilihat langsung ane lbih suka force mas Roy, kelihatan lebih ‘wah’ dibanding vega ,,,
    Vega masih karbu semua masbro

    Suka

  23. kenthoet berkata:

    ya doakan saja bro 😀

    Suka

  24. kenthoet berkata:

    kayaknya bisa bro IMHO CMIIW

    Suka

  25. kenthoet berkata:

    jupie q yo kalah 😦

    Suka

  26. kenthoet berkata:

    iyo kang ,, ribet klo mw kanibal

    Suka

  27. kenthoet berkata:

    masih kencengan Z1 kyknya om

    Suka

  28. kenthoet berkata:

    jossss 😀

    Suka

  29. kenthoet berkata:

    enak Z1 bro IMHO

    Suka

  30. sneroz YK berkata:

    PWR nya masih tinggi force ya ??

    umm anu gan
    mo curhat
    masih trauma
    mosog jupi burhan ane disalip revo
    dikejar, mentok di 100 an
    revo malah tambah ngacir

    Suka

  31. otong berkata:

    Mas utk kopling house dkknya dr Yamaha Force bs g di pasang di Z1, apa ada modif kusus???. Trims

    Suka

  32. sneroz YK berkata:

    tapi ane gak sekali dua kali ketemu revo yang ‘menggila’

    pernah juga ketemu revo cornering, rolling speed di perempatan fly over jombor
    footstep e mepit karo aspal

    asem tenan og wkwkw

    Suka

  33. redbike92 berkata:

    4 kecepatan seesaw? tipe seesaw itu apa kak Jo
    bedane ambek Rotary apa hehehe

    Suka

  34. ekomoker berkata:

    jupi burhan setandart memang ngeden di speed 80 keatas masbro secara mesinnya over stroke
    kalo revo old mesinnya overbore apalagi dikolter
    nah karakter over bore memang bertaji di rpm atas apalagi mesin c series masih mengandalkan cdi ac non limiter beda dg jupi burhan yg overstroke ,karakter over stroke unggul saat akselerasi dan cdi jupi burhan menganut DC dilimit lagi
    kalo sama2 jalan dan adu top spit jelas jupi kalah (dg catatan sama2 setandart) nah kalo dalam kondisi diam trus adu drag yg jupi seng ada lawan

    Suka

  35. ekomoker berkata:

    apaaaaaaa atlit 2T sampe kalah sama motor kemaren sore dan cuma 115cc
    #kaborrrrrrrrrrrrrrrr 😀

    Suka

  36. athleteriders berkata:

    itoe betoel adanja, biasa darah muda kan darahnya para remaja asek asek 😛

    Suka

  37. user_aja berkata:

    nice inpoh masbro 😀

    kayanya Z1 ane udah kena penyakit komstir oblak nih 😦 padahal umur baru setaun lebih 2 bulan, padahal jalan yg dilewatin tiap hari aspalnya mulus. bikin pegel tangan nahan stang.

    rencana mau minta distel ke beres, tapi klo kudu diganti kira2 harga komstir se-set buat Z1 kena harga berapa masbro?

    Suka

  38. fnaufala berkata:

    oh, tak kirain bedanya cm di sistem kopling,,

    lah klo misal TB Z1 di tuker pake force yg 24mm pengaruh gak?

    Suka

  39. kenthoet berkata:

    gak tau bro , belum pernah nyoba 😀

    Suka

  40. kenthoet berkata:

    di setel az dulu bro , klo udah parah baru diganti IMHO
    komstirnya klo nggak slah sma kyk jupie lawas skitar 130an satu set CMIIW

    Suka

  41. kenthoet berkata:

    rotary N-1-2-3-4-N ===> posisi top gear lgsung bisa di Netralin
    seesaw N-1-2-3-4 ====> klo mau Netralin harus mundur 1 per 1 😀

    Suka

  42. kenthoet berkata:

    revo opo kang sneroz YK absolute revo apa revo lawas ??

    Suka

  43. kenthoet berkata:

    mungkin bisa sja asal satu set IMHO CMIIW

    Suka

  44. kenthoet berkata:

    balapn dijalan umum ❓ , kalah jadi abu , menang jadi arang 😀 , jadi woles az , riding pelan2 sambil nikmatin pemandangan rider cwe pake hotpants 😈

    Suka

  45. redbike92 berkata:

    wahhh agak gak praktis sih
    tapi kelihatannya seesaw lebih aman hehe

    Suka

  46. athleteriders berkata:

    mantaaabbbb kathok gemeeezzzz 😆

    Suka

  47. user_aja berkata:

    ok sip, makasih infonya masbro

    Suka

  48. 46@sukses.com berkata:

    Force kayakne bener2 jozz..skali plintir wuzz..tiap hri liat tetangga,cewek..make..gak ngeden blass..enteng..

    Suka

  49. kenthoet berkata:

    ya gitu deh masbro 😀

    Suka

  50. kenthoet berkata:

    pamer paha mulus 😳

    Suka

  51. kenthoet berkata:

    jossss…. tapi aku luwih seneng karakter mesin e Z1 nguuennnngggg 😆

    Suka

  52. amad child child berkata:

    revo lawas lemot kang(g mesin cseries)…tpi klo revo 110 or absolute revo emang kenceng….njz ane waktu std juga kalah ama absolute revo adu topspeed…malah ama blade njz ane sejajar…
    #upss ane bukan fanboy ya..jush share pengalaman….tpi klo posisi skrang revo lewat soal enjuzer udah diboreup jdi 125…ama yg 125 pun bjaban kecuali domba garut ya…

    Suka

  53. fnaufala berkata:

    dicoba donk, riset 😆

    Suka

  54. r6torsi berkata:

    force jg pake yz crank toh mas?
    kl buat boncengan enakan z1 apa force?

    Suka

  55. kenthoet berkata:

    iya mas pke yz crank juga ,,
    klo diliat2 kmungkinan enkan force mas soale torsiny kluar di rpm yg tdr trllu tinggi imho

    Suka

  56. zr rider kndal berkata:

    ve lagi liat poster cagub/ pembalap jatim = knthoet bor up… hihiuihihi

    Suka

  57. kenthoet berkata:

    aseeekk 😆

    Suka

  58. Z1 merah berkata:

    Salam Z1 🙂

    Suka

  59. kenthoet berkata:

    josssss 😀

    Suka

  60. Mia berkata:

    Blog emperannya keren hehe
    thx infonya krn dah menjawab pertanyaanku : jupiter vs force. syg ga ada test ridenya 😀

    salam kenal

    Suka

  61. kenthoet berkata:

    salam kenal juga 😀

    Suka

  62. fajarbuslovers berkata:

    Wih… Udah jarang ngomen di sini…
    Padahal ane termasuk aktif di dunia maya. (Upload Instagram)
    Jadi bingung mau milih motor baru kayak gimana….
    Antara Force, Z1 ama pesaing sebelahnya Suzuki Titan.
    Kalau Titan, you know lah masih pake karbu dan non injeksi
    Di beberapa blogger motor bilang, Force bisa nembus 120 km/h, Jupiter Z1 115 km/h (tau dah apa ada lagi yang bilang Z1 bisa 120 juga) dan Titan 120 Km/h (di video YouTube, Top Speed Titan ada yang nembus bro).

    Moga-moga, udah move on, bisa beli motor, bisa buat touring Bekasi – Banyumas PP deh.. hehehehe….. Gapapa bekas, yang penting bayar cash (amin).

    PS: Ntar kasih foto cewek bisa gak guys di sini? Pasokan foto cewek gue banyak cuy….

    Suka

  63. kenthoet berkata:

    semoga cepet kebeli motornya bro , kalo boleh saran sih mending z1 az bro ,, gampang buat wheelie 😀

    Suka

  64. Gundul_Pacul berkata:

    nambahin komen buat force klo buat boncengan agak naik masbro klo bonceng cewek sih oke nih nempel trus..klo bawa barang di belakang agak susah soalnya posisi nunggingnya itu. klo untuk sehari-hari sih oke aja nih ga service ampir tiga bulan masih aman aja (atau masih baru ya?)

    Suka

  65. kenthoet berkata:

    Yg pnting gnti olinya jgn smpe tlat broo

    Suka

Komentar Anda adalah Semangat Saya