Hi Brooooooooooo…..  😀 ketemu lagi di blog emperan ini , pasti udah kangen ya sama tulisan baru ane ❓  duuhh dikangeni rek , jadi maluu 😳 :mrgreen:  😀 , OK kali ini ane mau sedikit curhat aja soal motor  ane ,  NVL blonde (titanium gold) milik ane yang palanya unyu-unyu kayak centong nasi  itu :mrgreen:  baru aja ane buat percobaan ,ane pasangin Kondensor atau Kapasitor milik old vixion , ada yang belum tahu apa itu kondensor ❓ silahkan tanya mbah Google atau tanya bloger2 yang ahli dalam masalah elektronika seperti Om Eko Moker Juragan DIY4ALL.wp.com atau om Ipan Juragan Pertamax7(dot)com ,soale ane males jelasinnya 😆 : *harap maklum lagi tanggal tua rek 🙄

tutup tangki NVL

Hal ini dikarenakan di NVL tidak ane jumpai part tersebut padahal menurut ane part tersebut berperan cukup penting, apalagi untuk motor injeksi yang ‘kehidupannya’ sangat tergantung dengan baterai / aki , karena jika aki soak, motor bisa tetap berfungsi (walaupun hanya sementara)  Listrik cadangan yang tersimpan di kapasitor bank bisa memberikan pasokan listrik ke sistem  FI. Part ini juga berfungsi stabilkan arus listrik agar main di 12–14 volt. IMHO CMIIW 😀

Kondensor old vixie di NVL

Kondensor old vixie di NVL

Ok langsung az part yg punya kode 3C1-H1965-00 dipasangkan ke motor ane , kutub positif ke kabel warna merah dan yg negative ke kabel warna hitam , langsung aja ane test pake aki bekas Mio J yg udah soak ,karena kalo nunggu aki motor ane sendiri yg soak kelamaan brayyyyy 😎 😆 , FYI aki yang ane test ini jika diukur menggunakan AVOmeter dalam kondisi tanpa beban adalah 12,3volt , tapi begitu dikasih beban , misal kunci kontak di-ON kan maka tegangan listriknya langsung drop tinggal 3-4 volt aja , ketika dipasang di Mio J standart meskipun di kick starter sampe dengkul sampeyan copot gak bakalan hidup deh motor’e lha wong buat ngidupin lampu WARNING yg ada di spidonya az dah gak kuat.

Foto0762

Foto0761

Gimana hasilnya jika aki tersebut dipasangkan ke NVL ane yang udah pake kondensor ????? ketika aki sudah terpasang dimotor lalu kunci kontak di-ON kan , ternyata oh ternyata si NVL masih bisa menyapa ane dengan sapaan khas nya Hi Bro ….!!! 😀 coba ane tendang kick starter , tendangan pertama motor masih gak mau hidup , tapi tendangan kedua motor langsung hidup walaupun agak mbrebet , n jarum RPM goyang2 gak jelas (mungkin karena suplai listrik yg kurang) , ane panasin mesinnya sekitar 1 menit , jarum RPM mulai agak stabil lalu ane coba buat ngidupin lampu sein , klakson n lampu rem ternyata joss gan motor gak mati 😀 , tapi begitu ane pencet tombol elektrik starter langsung mati dia 😦 ,tapi ane kick starter 2x langsung hidup lagi dia gan 😀 ,, sedaaaaapppp 😀 , gak rugi deh keluarin duit 130ribu kalo ada hasilnya gini 😀 paling nggak buat jaga2 misal nanti motor ane akinya mendadak soak 😀

Lalu ane coba lepas aki nya n ane hidupin motor tanpa aki ternyata gak mau hidup gan walaupun udah diongkel sampe berpuluh2 kali (sampe pegel dengkul ane ngongkelnya) , setelah ane cek bareng teman ane ternyata kalo tanpa aki, kiprok NVL gak mau ngluarin setrum ,kenapa bisa begitu ya ❓  ❓ 🙄 ada yang bisa memberikan pencerahan ❓ *jadi bingung 🙄

971967_212057922292520_1380021500_n

Veranda juga bingung ❓ 🙄

Wes ah segini az dulu ceritanya masbro besok-besok kita sambung lagi 😀 , silahkan dikunyah – kunyah 😀 dan semoga berguna 😀

Sekian

Salam Slebor miring ikikikikikiikkkk….. 😆

Kenthoet Boreup 😀

About Kenthoet Bore Up

pengen jadi bos, doain 😁

Satu tanggapan »

  1. bapakeVALKYLA berkata:

    JOOSSSS…..
    tambah ilmu neh kiyeh…

    kalau yg bawah udah soak belum tuh? :mrgreen:

    Suka

  2. kenthoet berkata:

    weeeehhhh masih josssssss nek kuwi pakdhe 😎

    Suka

  3. emir99 berkata:

    Koq bisa ya, padahal NVL itu kelistrikannya AC gak seperti Old Vixie yg Full-DC.. Gini aja, kl diengkol gak mau nyala berarti tinggal diubah aja jalur kelistrikannya seperti Old Vixie.. IMHO CMIIW

    Suka

  4. kenthoet berkata:

    sepertinya gak semudah itu mas, 🙄

    Suka

  5. jengky berkata:

    disinyalir foto paling bwh gak pake aki setrumnya tetep paling kuat!

    Suka

  6. pak RW berkata:

    wah ternyata dijadiin artikel ya bro???maap maren gk sempet upload potonya capasitor yang ane kasih tau

    Suka

  7. emir99 berkata:

    Oh ngono yo.. Itulah kenapa saya blm pantas FI ready & blm disapa ‘Hi Bro’ sm sinchan, msh blm paham sih kelistrikannya.. Hehehe. Apalagi blm nanti dipasang projie HID & ballastnya, tambah mumet.. Wah, brarti PR buat sampean itu mas.. Hehehe 😆

    Suka

  8. ekomoker berkata:

    kapasitor untuk menyalakan motor butuh yg kapasitasnya besar masbro
    kapasitas penyimpanan pada capasitor di representasikan dg satuan FARAD , semakin tinggi kapasitasnya semakin baik,bahkan di luar negeri 6 ultracaps dapan dipake buat menyalakan mobil lho
    cuma harga ultracaps dipasaran masih muahallllllll yg kapasitas 3-5 farad bisa nyampe 3jt bro yg merek bagus
    tapi buat motor beli aja capasitor bank di toko2 sond system mobil, harganya biasanya berkisar 500 – >1jt tergantung kualitasnya

    Suka

  9. kenthoet berkata:

    20.000 volt itu kang kayak di gardu induk PLN setrumnya haha :mrgreen:

    Suka

  10. kenthoet berkata:

    kang no.hp sampeyan sing aktif iku sing endi ??? pm di fesbuk ae yow, soale aq btuh bantuan iki ,,,

    Suka

  11. ekomoker berkata:

    awas kliru mengko dipikir ultracaps = pil kuat :mrgreen:
    ultracaps itu= ultra capasitor (kapasitor yg kapasitasnya besar)

    Suka

  12. kenthoet berkata:

    kebanyakan PR kang , ngelu ndasq 😆

    Suka

  13. kenthoet berkata:

    oke suhu, terimakasih penjelasannya 😀 ,
    baru tahu aq kalo ada pil kuat merknya ultra caps 😆

    Suka

  14. pak RW berkata:

    udah ane PM brow

    Suka

  15. malah baru tahu kalau old vixion pake caps , joss nih
    soal kirprok ga mau ngeluarin listrik tanpa aki, wah, kayak mobil aja 😀

    Suka

  16. darkpaintcustom berkata:

    absen lek mlebu bengi budal bareng batman ™Ќîiîk.·:::D Ќîiîk :D::·. Ќîiîk™

    Suka

  17. fnaufala berkata:

    berati downgrade dari yg old vixie y om ikutnya :mrgreen:

    Suka

  18. vicman80 berkata:

    Aseeekkk….nambah ilmu maneh…
    #bookmarks sik pokok’e…. :mrgreen:

    Suka

  19. masshar2000 berkata:

    wah..jago ngutak atik motor ya…jangan2 emang punya bengkel nih…

    Suka

  20. rusman berkata:

    mantap… berarti kelistrikan yang AC cuma buat headlam saja ya?

    Suka

  21. athleteriders berkata:

    lek tanpa aki g mau nyala ki sebab-e nganu bro, koyoke kang eko luweh ngerti timbang aku :mrgreen:

    Suka

  22. gasspoll83 berkata:

    mantaps jaga jaga sebelum terjaga

    Suka

  23. jurigkamera berkata:

    Wes aku jd kepengen pake, kondensor sor ah 😀

    Suka

  24. budizaky berkata:

    Nang mio j iso ga kang?

    Suka

  25. ᅫᅫᅫTORRESᅧᅧᅧ berkata:

    Capasitor bank…
    Weleh mantep artikelle…
    Pasang ayuk pasang…
    Di slebor miring wkwkwkwk

    Suka

  26. masih kalah canggih ama motor ane.
    motor ane biar kata akinya mampus juga masih bisa idup. cuma gak mau idup kalo bensinya udah mampus di tangki…

    😆 😆 😆

    Suka

  27. kenthoet berkata:

    ahaha,,, beda generasi n beda teknoloji mas Roy 😛

    Suka

  28. kenthoet berkata:

    ayok segera pasang biar gak nuntun klo klo aki tekor 😆

    Suka

  29. kenthoet berkata:

    spertinya bisa kang CMIIW

    Suka

  30. kenthoet berkata:

    ndang pake 😀

    Suka

  31. kenthoet berkata:

    ya seperti itulah kira2 😀

    Suka

  32. kenthoet berkata:

    wassseeeemmm di imbal2no 😈

    Suka

  33. kenthoet berkata:

    iya om 😀

    Suka

  34. kenthoet berkata:

    wah kebetulan belum punya om 😀

    Suka

  35. kenthoet berkata:

    jooooosssssss 😀

    Suka

  36. kenthoet berkata:

    konsekwensi agar harga jual tetap kompetitif 🙄

    Suka

  37. kenthoet berkata:

    gak bareng wong mlijo ae 😆

    Suka

  38. kenthoet berkata:

    walah mosok bru tahu lek ❓

    Suka

  39. redbike92 berkata:

    owh berati fungsinya kondensor motor itu kayak UPS ya
    kalau lampu mati, CPU komputer isa nyala sebentar buat save data
    lha terus nek kiprok NVL gak bisa nyetrum lak dipasang kondensor yo gak onok hasile mas bro?
    terus sekarang nasib kondensornya gimana hehee

    Suka

  40. frontdiskbrake berkata:

    vixi koq dipasangi kondensor ki arep nggo opo? Emange arep vixi pake mesin uap po?
    Munine guruku pas sekulah playgrup mbiyen, nek sing nggo nyimpen listrik sementara kuwi jenenge kondensator,
    sori lho kang nek keminter, kemlinthi, tp ora gembagus wong munine ibuku aku pancen bagus.

    Suka

  41. vixieg4744hk berkata:

    koq di NVL malah ga ada kondensor e lek???

    Suka

  42. kenthoet berkata:

    kalo aki dilepas memang kiprok gk bisa nyetrum , tpi klo ada aki (meskipun tegangannya < 12volt) masih bisa nyetrum bro ,nah setrumnya itu yg akan disimpan di kondensor buat nyuplai listrik ke sistem FI biar motor bisa jalan meskipun aki nya udah mulai soak IMHO

    Suka

  43. kenthoet berkata:

    tujuan nya biar NVL masih bisa hidup mesinnya meskipun tegangan akinya udah dibawah standrt
    setahu saya kondensor / kondensator / kapasitor itu sama cuma beda istilah saja IMHO CMIIW silahkan di cek di http://id.wikipedia.org/wiki/Kondensator atau http://id.termwiki.com/ID:capacitor_(condenser)

    Suka

  44. kenthoet berkata:

    wahh gak ngerti masbro, mngkin buat nekan cost produksi ❓ 🙄

    Suka

  45. Kobayogas berkata:

    nyeraaahhh kalo soal kelistrikan, mesin aja masih cupu ilmunya wkwkwwk…
    ane pake capbank cuma di R4 aja buat ngimbangin audio (pdahal audionya juga bukan level kontes). krn ada indikatornya ya cukup membantu deh tuh si capbank buat tau daya listrik tggal berapa…(tp tetep aja kecolongan 2x aki tekor wkwkwk).

    Yamaha NVL atau Honda CBSF? CBSF atau NVL?

    Suka

  46. kenthoet berkata:

    silahkan lambaikan tangan ke kamera kalo nyerah om hahah..
    suwun dah mampir om 😀

    Suka

  47. redbike92 berkata:

    berati kalau motor karburator macam Stefanie dan Bluetifull gak bisa dipasangi kondensor begitu?
    Hehehehe

    Suka

  48. Kobayogas berkata:

    Wkwkkwk…
    Sudah, tapi gak disamper2in nih…
    Sip sama2

    Suka

  49. kenthoet berkata:

    bisa saja masbro , lihat tuh megison nya mas pertamax7 kondensornya berderet2 CMIIW silahkan cek di blognya 😀

    Suka

  50. redbike92 berkata:

    hehehe
    kapan kapan wae mas Jo, tak carii satu-satu di arsipnya Pertamax7 hehehe

    Suka

  51. user yamaha n honda berkata:

    yg jelas masih unggulan honda yg injeksi berarti,tanpa aki terpasangpun mesin tetep hidup dgn cara di engkol karena semua dilengkapi kapasitor bank,termasuk cb 150,n line up motor2 injeksi honda lainya yg pake elektrik dan kick stater,ga tahu klo cbr 150n cbr 250 injeksi karena ga pake kick stater dan,soalnya lom pernah ppunya,.makanya ga sempet nyoba,.

    Suka

  52. fnaufala berkata:

    bener sih, buat nutupin velg lebar+RDB 😀

    Suka

  53. Mas Sayur berkata:

    modif teoritis ala mekanik… boeh di coba tuch.bagi para pemilik nvl sayange aku gak duwe nvl..cuma si macan ompong dg mesin tipe kaizen yg “katanya” jadul 😦
    http://bakulkangkungjpr1.com/2013/09/29/tergeser-oleh-zaman/

    Suka

  54. ekomoker berkata:

    gimana mau keluar setrum kalo mesin ga mau idup masbroooo 😀
    kalo pengen bisa tetep idup meskipun tanpa aki , pasang aja kapasitor yg ukurannya besar (1 farad kek) , atau pasang kapasitor bank untuk audio , dijamin tuch motor bisa idup tanpa aki 😀 , asal kuat aja nendang kick starternya biar kapasitor terisi muatan listrik 😆

    Suka

  55. athleteriders berkata:

    lho lak tenan to, kang eko ki luwih ngerti timbang aku :mrgreen:

    Suka

  56. athleteriders berkata:

    lho lak tenan to, kang eko ki luwih ngerti timbang aku :mrgreen:

    Suka

  57. andrea DJuno berkata:

    Maaf ne para suhu sekalian menurut ane kenapa new VIXI gak mau hidup kalo gak ada aki.nya ,,, itu bisa saja ,,, karena di new VIXI ECU di kontrol dari batrai mirip dengan kerja mobil ,,, sedang kalo old VIXI ECU di kontrol oleh arus dari dynamo yang di searahkan oleh kiprox ,,,, setidaknya itu yang aku pelajari saat berexperimen milik motor teman ,,, maklum yang di pekek hanya motor jadul RX-Z jadi gak bisa Experimen lebih ,,, ngomong2 poto yang bawa kok selalu siVE ,,, kenapa nabila gak di masukin juga -_-“

    Suka

  58. ekomoker berkata:

    Kliru nulis’e brot,bukan lebih ngerti tapi yg bener itu “tahu lebih dulu” ,jarene pak sarwono edhi mbiyen 😀

    Suka

  59. kenthoet berkata:

    masalah nya nyang jaga warung sukanya sam si Ve 😳

    Suka

  60. kenthoet berkata:

    klo old vixi tanpa aki dan tanpa kondensor , ketika di kick starter dri kiprok masih bisa keluar setrum sekitar 9 volt lho om eko …

    Suka

  61. kenthoet berkata:

    biar jadoel sing penting gak rewel pakdhe 😎

    Suka

  62. kenthoet berkata:

    tutup tangki sama spido + ban juga 😀

    Suka

  63. andreas DJuno berkata:

    Hahahaha ,,, . .–:–.
    . / | \
    . ‘-..-^-..-‘
    . |’ . ‘ . ‘|
    . | l l |
    . | |
    . | l l |
    . | . . |
    . | l l |
    . I, ‘. ‘ , I
    . /( __ _)\
    . I( __ __))
    . I( __ __))
    . \(___ _)/ Siiiiippppppppp..!!!
    . \ :>
    . >
    . _/ \_
    Gan aku ada pertanyaan nih ,,, !!!
    Cara tunr up mensin injeksi itu bagai mana ,,,

    Suka

  64. vixieg4744hk berkata:

    maybe broo.. pdhl untuk motor injeksi, part tsb lumayan penting ya.. 🙄

    Suka

  65. athleteriders berkata:

    lho lhaiyo 😛

    Suka

  66. Herman-Arts berkata:

    ikh bonusnya bikin bingung .. 😉
    mampir ya kang ..

    Suka

  67. fnaufala berkata:

    bisa jadi bisa jadi

    Suka

  68. egalatif berkata:

    tapi kalo old vixion masih mau tuh bro d kick walopun ngga pake aki 😀
    ngemeng2 kapasitor bank nya merk apaan om?

    Suka

  69. pak tarno berkata:

    tapi kalo di motor karbu biasanya kalo soket kontak dicabut, motor malah bisa distater (pake kick) dan nyala walau tanpa kunci kontak.

    Suka

  70. rizal berkata:

    pnya ane OV ko kadang jarum rpmY gk stabil & klo mencet klakson brgan ma ngerem trz lampu utama nyala ko gk keras c suaraY.pdahal aki dh gnti yg 6A.

    Suka

  71. bimo96 berkata:

    Fu bisa gak ya dipasangan kek gitu 😀 . . . .hehehehehehe…
    makin keren aja NVL nya…

    Suka

  72. kenthoet berkata:

    bisa az bim, tpi hrus modif T atasnya dlu buat dudukan raiser klo di FU … CMIIW

    Suka

  73. bimo96 berkata:

    Wahhhh … gak jd deh kalo gtu bro hehehe….

    Suka

  74. kenthoet berkata:

    aki gk perlu gede2 kang yg stdrt az ckup , coba di cek sistem pngisian nya mulai spul n kiprok / regulator rectifier

    Suka

  75. kenthoet berkata:

    hmmm… ❓ aq blum pernah liat yg kyk gtu pak tarno 🙄

    Suka

  76. kenthoet berkata:

    iya soale old vixie pngisiannya pake 3 phase mas jdi listrik e gedhe 😀
    merk MORIC klo nggak slah ingat

    Suka

  77. […] ane mau nyurhat saja soal motor ane yang berteknologi motojipi hehehe setelah bulan lalu berhasil masang kondensor Old vixi dan stang si byson di NVL yang puji Tuhan sudah lunas juga stangnya , Nah sekarang mumpung udah […]

    Suka

  78. touringrider berkata:

    wah mirip honda jazz dong mas. cmiiw

    Suka

  79. […] ngedip . # capasitor bank nvl | mazped.com Review: pake elco 15000mf aki soak ragelem di selah # cappasitor bank oldvixion di nvl | kentoetboreup Review: pake kondensor ovi ,aki soak nvlnya bisa di […]

    Suka

  80. agus berkata:

    Salam kenal gan, saya baru baca artikel tentang capasitor buat NVL. Soal’ya NVL saya dah pernah mogok gara2 aki’ya soak. Jadi harus ganti aki baru, sya kepikiran buat nambah aki 1 lagi buat cadangan sekalian buat tambah accesoris lampu + klakson… Kira2 gimana ya gan bisa kasih saran..? Thanks

    Suka

  81. agus berkata:

    Hai bro… NVL saya dah pernah mogok gara2 aki’ya soak, setelah baca artikel ini boleh juga tuch dipasangin. Tapi saya kepikiran mau tambahin aki lagi biar bisa buat cadangan sekalin buat tambah accesoris lampu + klakson besar. Kira2 gmn ya bro, bisa kasih saran apa ada solusi lain..? Thanks

    Suka

  82. kenthoet berkata:

    klo akinya dobel nnti kiproknya yg gak kuat ngisi masbro

    Suka

  83. wandy berkata:

    Saya bli kondensor old vixi tp bngung mau masangin kabel soalnya di kondensor ga ada tanda positif n negatif hehe

    Suka

  84. kenthoet berkata:

    Cek pake avo meter om

    Suka

  85. Wisnu Fvb berkata:

    mnurut ane sih ga trlalu penting pasang konsider, karna nvl udh nerapinh sistem CUT OFF yang fungsingya menghentikan pengisian aki ketika aki sdh terisi penuh. jadi kebocoran atau over charging pada aki sudah dapat di minimalisir oleh sensor tsb. CMIIW

    Suka

  86. CuPcAkE berkata:

    ngilmu

    Suka

  87. ipanase berkata:

    iseng juga ah

    Suka

  88. amazingzodaman77 berkata:

    Masbro mau tanya nih, kalau mau bikin nvl fullwave harus pak kiprok tiger? Saya ada rencana pakai klakson keong dan lampu led atau hid. Ada yang bilang tinggal di fullwave in aja pake kiprok bawaan. Yang baik dan benar gimana yah? Karena saya awam sekali di bidang ini. Thanks…

    Suka

  89. herp berkata:

    cara pasangnya sekalian ga di jelasin om..? biar bisa pasang ndiri,,, maklum, takut kesetrum

    Suka

  90. Wahyu eko berkata:

    Kalau old vixion gue bisa hidup tanpa aki bro….

    Suka

  91. […] Nah jikalau sampeyan kuatir aki tiba-tiba soak dijalan, bisa kok pasang Kondensor atau Kapasitor Bank milik Old Vixion di Xabre ini untuk jaga-jaga , dan cara ini sudah ane praktekin di NVL ane disini ➡ , Iseng Pasang Kondensor Old Vixion di New Vixion Lightning…..!!! […]

    Suka

  92. Adya Razan berkata:

    itu langsung pasang? Atau harus diakalin dulu biar kepasang? Mohon penjelasannya suhu

    Suka

  93. kenthoet berkata:

    Bisa lngsung pasang dgn ngakalin soketnya

    Suka

  94. Adya Razan berkata:

    Masangnya harus bikin konektornya dulu engga mas? Saya baca do blog sebelah kok harus bikin konektor dulu pake molex

    Suka

  95. kenthoet berkata:

    Pake konektor bisa, gak pake juga gak masalah

    Suka

Komentar Anda adalah Semangat Saya