Ya..ya..ya.. ketemu lagi sama ane mas bro n mbak sist. kali ini ane mau berbagi info n tips buat para maticers dan matic owner .Lho kok tips nya tentang motor matic terus ?? motor bebek n motor sport nya kapan??? ya sabar mas bro,kan sekarang motor bertransmisi otomatis alias motor matic penjualannya paling moncer di Indonesia jadi semakin banyak yang punya motor matic semakin banyak pula yang nyari tahu soal merawat motor matic kesayangan nya biar ndak cepet rusak.

Ok langsung saja, CVT (Continuous Variable Transmission)  merupakan penyalur tenaga dari mesin menuju roda belakang pada motor matic. secara sederhana CVT terdiri atas pulley primer,v-belt dan pulley sekunder, nah di dalam sistem kerja 3 komponen CVT tadi tidak boleh terkena oli,minyak atau air karena kalo terkena minyak, oli atau pun air bisa mnyebabkan selip. Lha kan itu komponen bergerak apa itu ndak perlu pelumas biar awet?? kalo ndak boleh kena oli atau minyak trus pelumasannya pake apa?? Maka dari itu mas bro karena ini merupakan komponen bergerak maka pelumasan menjadi sangat penting dan pelumasannya tidak menggunakan oli tapi Grease/vet/stempet. Greasenya pake grease khusus ya soale kalo pake grease biasa bisa2 mencair terkena panas dari mesin.

*grease cvt Yamaha,yg botol kuning untuk pulley sekunder dan yg botol transparant utk pulley primer

Karena ini pelumas dan fungsinya sangat penting maka perlu dilakukan penggantian secara periodik yaitu setiap 10.000-15.000km. Penggantian grease CVT ini cukup mudah kok,tapi kalo mas bro n mbak sist ndak mw repot silahkan sambangi BeRes kepercayaan terdekat. Ok mumpung lagi bongkar2 daleman CVT ndak ada salahnya kita juga mengecek seal/sil pulley primer dan sil pulley sekunder,lho kenapa harus di cek?? karena sil-sil tersebut berfungsi untuk menahan agar grease/stempet agar tidak tumpah keluar/moncrot2 (haiyah bahasane ndeso :mrgreen: ). Dan apabila sil nya ada yang bocor/rusak sebaiknya dilakukan penggantian,karena kalo ndak di ganti bisa2 grease nya bocor dan apabila dibiarkan bocor maka grease/vet nya akan masuk ke dalam clucht carrier /kopling ganda dan rumah kopling ganda sehingga bisa bikin selip kopling ganda, dan kalau kopling ganda nya selip bisa di pastikan tarikan awal nya akan terasa grenjel-grenjel / jendal-jendul kalo di pake di jalan stop n go.

*cek kondisi seal,ganti jika rusak/bocor

*cek juga O-ring,ganti jika rusak/bocor

*beri grease dlm lubang alur torsi cam

*akibat jika grease jarang di ganti

Ok deeh mas bro n mbak sist demikian sedikit tips n trik dari ane, kalo ada yg mau nambahi ya monggo biar semakin lengkap tips nya.. Semoga berguna, Salam 😀

About Kenthoet Bore Up

pengen jadi bos, doain 😁

Satu tanggapan »

  1. Gianluigi mario berkata:

    sipp.. pencerdasan otomotip neeh 😛

    Suka

  2. kenthoet berkata:

    makasih mas,, 😀 padahal yg nulis ini orangnya ndak pernah cerdas :mrgreen:

    Suka

  3. gunungandul berkata:

    ciip…masbro,,,bagian itu yg sering dilupakan user taunya cm servis karbu+gnti oli

    Suka

  4. kenthoet berkata:

    yups betul mas bro.. motor matic memang butuh perhatin lebih 😀

    Suka

  5. sponge bob berkata:

    nice info bro..

    Suka

  6. kenthoet berkata:

    iya gan… thanks dah mampir 🙂

    Suka

  7. esemelekete berkata:

    kurang detail.. bagi awam seperti ane gak membantu banget ini tutorialnya 😦

    Suka

  8. kenthoet berkata:

    Ok gan thanks saran nya, next akan di bahas lebih detail lagi, intinya jangan lupa mengganti grease CVT karna fungsinya sangat penting.. 😀

    Suka

  9. mariodevan berkata:

    brpan ya harganya tuh greese??

    Suka

  10. kenthoet berkata:

    kalo ndek bengkelq hrganya 12rebuan az mas bro 😀

    Suka

  11. faqih berkata:

    Lha kalo bli puli sekunder harganya berapaan ms bro??,,yg asli brapa n yg sdengan kyk fukuyama ato tokaido itu brap 1set nya ms bro???,,tenky

    Suka

  12. kenthoet berkata:

    pulley sekunder orisinal kalo nggak salah 800rbu 1 set nya ( lebih jelas nya liat katalog online yamaha ) kalo yg tokaido sekitar 120rebu an mas bro 😀

    Suka

  13. fannan berkata:

    infone Sip…Cak, kalau bisa, nyuwun tulung, tampilkan juga karet dumper kampas kopling mio (ada 3 buah); subtitusinya termasuk cara pasangnya, maturnuwun n salam kenal

    Suka

  14. kenthoet berkata:

    subtitusinya bisa pake karet dumper kampas kopling ganda milik honda grand mas , 😀

    Suka

  15. kalo kampas otomatis honda beat masuk gk yah di mio ane gan ??

    Suka

  16. kenthoet berkata:

    masuk mas, kampas mio n beat bisa saling tukar , tpi kampasnya az gak sama rumahnya 😀

    Suka

  17. triadi berkata:

    nice post … tulis juga tips buat yang jenis injeksi ya … 🙂

    Suka

  18. ronyrony berkata:

    mf bos ane mau tanya,apa lubang torsi itu memang ada coakan gtu?

    Suka

  19. kenthoet berkata:

    klo di mio sporty gak ad sebner e mas, itu coak gra2 kurang dirawat n makenya yg sruntuln suka buka gas scra mndadak

    Suka

  20. numpang nanya gan brapa 1set cvt lo ganti baru….soalnya punya lagi hancur …..

    Suka

  21. kenthoet berkata:

    klo yg ori siapin dana kurang lebih 900rbuan masbro 😀

    Suka

  22. abed berkata:

    mohon pencerahan Mas, nouvo ane tahun 2005, ane udah liat part catalog yamaha. waktu ane lihat dan bandingkan ternyata beda dengan part yg di motor. part>5TL motor>5LW
    trus ane cek lagi ternyata itu nouvo 2003. nah yang berabenya harganya gak nanggung2 mas. makanya ane mo tanya bisa nggak part nya di oplos.
    SECONDARY FIXED SHEAVE COMP. (5LW-17660-00) bawaan motor

    di mix sama (5TL-E7670-00) SECONDARY SLIDING SHEAVE
    suwun ya Mas, kalo deket ane servis sama ente…

    Suka

  23. abed berkata:

    ini SECONDARY SLIDING SHEAVE, punya ane .

    Suka

  24. kenthoet berkata:

    nah setahu ane sih gak bisa masbro soale beda ukurannya IMHO CMIIW , jdi klo fixed nya 5LW slidingnya juga hrus 5LW bgtu juga sliding 5TL fixednya juga hrus 5TL IMHO , memng klo hrga sprpart nouvo trutama bgian CVT bikin geleng2 kepala 😆

    Suka

  25. tpabednego berkata:


    suwun mas bro, ane kemaren udah ke beres, orangnya bilang memang gak bisa. biasanya nouvo di ganti pake mio, soalnya harganya 2 kali lipat kalo yg 5LW. terpaksa ane cuma ganti SEAT,SPRING;ORING;SEAL&PIN. setelah pasang ane liatin kerjannya.. coakan / yang kemakan di SLIDING ternyata berpengaruh ya, mau ke top speed nahan dulu jadi telat.. pantes akhir2 ini ane geber speed max cuma sampe 75km/jam pake gps.. jadi kayaknya macet di coakan yang aus itu…

    Suka

  26. kenthoet berkata:

    iya mas, ngaruh bnget coakan yg di sliding sheave itu , jdi pin nya “nyantol” dicoakan shingga larinya jdi tertahan

    Suka

  27. Rezky Saputra berkata:

    Mikum bos
    pengen cerita, hari ini nih gw pengen ganti grease cvt, kepala mekaniknya bilang “buang2 uang kalo cuma ganti grase cvt doang, greasenya aja cuma 12rb, ongkos bongkar cvtnya 40rb, ntar2 aja kalo pas mau ganti belt”
    jadi bengong gw, ya udah gw balik

    Suka

  28. redkanaya berkata:

    emang byk kyk begitu,..
    tp kalo utk perawatan mesin, ya paksa aja mekaniknya.. hehehee..

    Suka

  29. tpabednego berkata:

    sebaiknya ikutin standart service , pertama kali ane punya matic, beres nya aja binggung service apanya, kalo service = karbuuuuu terus?
    lah cvt nya kapan? sampe jebol cvt ane..untung cuma primary sliding sheave + roller doang? untung juga part yang ane pake masih import Jepun, cuma kalo rusak??? 2 kali lipat part mio.

    Suka

  30. kenthoet berkata:

    nah itu 😀

    Suka

  31. doy berkata:

    mas brow, ane maw naxa, ane
    perna nemu trotorial di google,
    kataxa klo ruma ruler mio klo di
    gosok pakek autosol tarikaxa
    mantap bro,tpi kmaren ane
    praktekin kok mala jdi lemot tarikan
    pertamaxa ya mas bro,mohon
    penjelasan….

    Suka

  32. swas berkata:

    gan cvt mio ane bunyi “klok klok ” knp itu gan. udah ganti grease. masih tetep bunyi?

    Suka

  33. yogitama berkata:

    gan kalo sil tipis sama sil tebel yamaha mio soul gt kira” brp ya? cz wktu nih ane bawa ke dealer kena 170rb

    Suka

  34. kenthoet berkata:

    Sil yg sblah mna mksudnya mas??

    Suka

  35. xsan berkata:

    gan cvt tu bwt mio brp soaly lubangy sudah bsar

    Suka

  36. kenthoet berkata:

    Skitar 150rbuan

    Suka

  37. bowo berkata:

    punya ku kaya gitu masbos malah suruh gati sepulinya kira kira 800 ribu apa betul ??? tolong bales ke nomor 081903567255

    Suka

  38. ika lestari berkata:

    Sorry brow…mau tanya…!??
    Yg jual pulli blkg mio 6pin (asli 3pin) itu dmna ya…
    Kira2 brpa hrga’ny….

    Suka

  39. […] tips n trik : Merawat CVT,mengganti grease CVT secara … – Ya..ya..ya.. ketemu lagi sama ane mas bro n mbak sist. kali ini ane mau berbagi info n tips buat para maticers dan matic owner .Lho kok tips nya tentang motor matic …… […]

    Suka

  40. […] tips n trik : Merawat CVT,mengganti grease CVT secara … – Ya..ya..ya.. ketemu lagi sama ane mas bro n mbak sist. kali ini ane mau berbagi info n tips buat para maticers dan matic owner .Lho kok tips nya tentang motor matic …… […]

    Suka

  41. […] tips n trik : Merawat CVT,mengganti grease CVT secara … – Ya..ya..ya.. ketemu lagi sama ane mas bro n mbak sist. kali ini ane mau berbagi info n tips buat para maticers dan matic owner .Lho kok tips nya tentang motor matic …… […]

    Suka

  42. pardjo berkata:

    Mas,mau nanya nih…sya pnya mtr matic
    Ymh mio j 2013,saya bru pke 1thn ini (sblmnya yg pke ortu) pas saya pake,mtr sya coba geber gass polll,ternyata mentok di speed 90 km/h,sdngkn mtr tmn ane yg sama2 mio j,bahkan keluaran lbh tua dia
    Katanya lari msh bisa smpe 100 km/h,itu knp ya mas kita2? Mhn pencerahannya?

    Suka

  43. kenthoet berkata:

    Sebnernya itu masih normal masbro.. Topspeed mio j std emg antara 90-100km/ jam

    Suka

  44. Lukmanul Hakim berkata:

    Re-grease gk perlu bongkar part secindary sheave, tinggal dimasukkun grease dalam bearung ditengahnya, nanti otomatis akan menuju pin-pin nya,,,

    Suka

  45. […] tips n trik : Merawat CVT,mengganti grease CVT secara … – Ya..ya..ya.. ketemu lagi sama ane mas bro n mbak sist. kali ini ane mau berbagi info n tips buat para maticers dan matic owner .Lho kok tips nya tentang motor matic …… […]

    Suka

  46. […] tips n trik : Merawat CVT,mengganti grease CVT secara … – Ya..ya..ya.. ketemu lagi sama ane mas bro n mbak sist. kali ini ane mau berbagi info n tips buat para maticers dan matic owner .Lho kok tips nya tentang motor matic …… […]

    Suka

  47. Syarifuddin berkata:

    Salam.
    Setelah membaca blog mas. banyak pencerahan yang didapat. hahaha.
    Mau nanya nih. kan sudah ganti greas. cuman bilang teknisi yamaha. begitu di cek. greas nya masih ada tuh. tapi tanpa membuka. seal pully scunder. hanya di lihat dari lubang. apakah itu tidak masalah

    Suka

  48. kenthoet berkata:

    Sebaiknya grease cvt di gnti tiap 15rbu broo,
    kbnyakn memang masih ad tp kualitas greasenya udah jlek.. Jdi plumasan kurang smpurna cmiiw

    Suka

  49. Syarifuddin berkata:

    Salam.
    Makasih mas atas jawabannya. Oh yach. mau tanya. Kan motor metick saya sudah mau 2 tahun nanti bulan 5. sudah 22.000 km. tiap bulan paling 1.000 km. tiap jalan jauh kalau sudah memakan 500 km pasti ganti oli sepasang. awalnya motor saya kalau gas rendah pasti getar. sudah ganti v- belt, ganti primari sliding dan kipas mio j, ganti roller seusai saran mas yakni 8 gram merk kawahara, beri karet untuk Ganjel Per Pulley Sekunder supaya enteng libas tanjakan, sudah beri gres. tapi kok agak berat tarikan awal. seperti waktu masih baru. apakah memang begitu. mohon pencerahannya yach mas. makasih bro. moga sehat selalu.

    Suka

  50. kenthoet berkata:

    Coba stelan klep disetel agak renggang klep in : 0,14mm trus klep ex 0,10mm trus CO naikin jd +2 mngkin bisa mmbntu

    Suka

  51. Syarifuddin berkata:

    mas mau tanya. apakah berpengaruh kepada v-belt kalau kita ganti ban. maksudnya v-belt cepat aus. Kalau motor : Ban Depan Depan FDR tipe balap 90/80-14 MC 43S. dan Ban Belakang FDR TIpe Sehari-hari 90/80-14 MC 43P … bilang teknisi yamaha. ban nya keberatan jadi v-belt kerja keras. apakah benar mas. terima kasih mas.

    Suka

  52. kenthoet berkata:

    Spertinya klo ukuran ban yg dipakai cuma naik 1tingkat sya rasa gak ada maslah bro.. Cmiiw

    Suka

  53. Syarifuddin berkata:

    Setelan Celah Klep
    Klep IN : 0,14 mm
    Klep EX : 0,10 mm < apa bukannya 0,15-0,16 mm seperti saran mas sebelumnya.

    Suka

  54. kenthoet berkata:

    Yg ini stelan khusus motor yg ngejar akselersi sja bro.. Klep in lebih renggang di bnding klep ex

    Suka

  55. Syarifuddin berkata:

    mas masih bingung nih. bantu lagi yach. apa sih bedanya aklerasi tinggi dengan motor yang jalan standar. apakah kalau mengejar akselarasi tinggi. ada dampak buruk kepada mesin jangka panjang? motor kadang di pakai jalan tanjakan dan jalan datar. kadang saja jalan tanjakan paling banter 1 bulan sekali ke luar kota. menurut mas. bagus mana stelan. spesifikasi motor : Yamaha Soul GT Tahun 2013. 22.000 KM. . maaf mas banyak tanya. banyak gak tau sih. hahaha. makasih mas…

    Suka

  56. kenthoet berkata:

    Gak ada dampaknya asal perawatan nya rutin.. Klo ngejar akselerasi biasanya nafas mesinnya cpat abis n kurang enak klo dipake topspeed, klo mnurutq mnding akselersinya yg dimaksimalin soalnya jlan2 yg serinh dilewati kbnyakn btuh cara berkendara stop n go

    Suka

  57. iwan berkata:

    kenapa lubang torsi mio gt gampang coak? padahal belum 2 tahun. mahal lagi harga partnya? beda sama spacy, sdh 5 thn ga ganti apa apa.

    Suka

  58. kenthoet berkata:

    Karena torsi cam spacy ada kyk semacam cincinnya jdi gesekan lbih minim n bisa lbih awet sdngkan mio gt tidak ada, tpi di generasi mesin bluecore yamaha skrng di torsi cam nya dilngkapi cincin shingga bisa lbih awet

    Suka

  59. Lukmanul Hakim berkata:

    Grease CVT yg lama harus dibersihkan total, gk bisa cuma ditambah grease, coz bakalan overload dan seal jebol,,,

    Suka

  60. Heri prakoso berkata:

    Minta pencerahan pak lek vario125 udah tk ganti roller ori sudah di kasih grace &gnti vbelt. Kok masih grejel2 klu jln 60 knp y..

    Suka

  61. emulelay berkata:

    mas” vario 110 ad suara ngorok’ gitu ap mmng sudah bawan motor ny ap?…

    Suka

  62. kenthoet berkata:

    Setahu saya vario mmng gtu suara msinnya, soale dy kan pake kompresi tinggi IMHO

    Suka

  63. kenthoet berkata:

    Coba bgian rumah kopling gnda n kmpas gandanya di bersihkan broo.. Mgkin gandanya kotor shingga bkin slip/grenjel2

    Suka

  64. Lukmanul Hakim berkata:

    Yamalube CVT Grease itu jelek gan kualitasnya, cepet EOL/hitam/minta ganti, tl harga mahal banget,,,,, mending pake grease merk lain kayak Top 1 Heavy Duty Lithium Complex EP NLGI-3 yg punya titik didih lebih dari 300 derajat celsius dan dropping pount diatas 260 derajat celsius, dan terdaftar resmi di sebagai member NLGI selaku lembaga dunia yg mengurusi standarisasi grease (semcam API kalo di oli),,, harganya sekitar 30rb dalam kemasan toples 450 gr,,, jauh lebih baik dan murah ketimbang cvt grease yamaha yg harganya 12rb cuma dapet wadah kecil.

    Grease diatas Itu untuk Secondary Sheave dan Primary Sheave langsung dalam 1 grease, gk perlu dibedakan,,, karena spek nya udh tinggi banget,,,

    Suka

  65. Biang Resex berkata:

    lha kok enak suruh sms,,lha emange bapakmu…,bruakakak

    Suka

  66. gombloh berkata:

    Gak masalah bos pake grease top 1?

    Suka

  67. Lukmanul Hakim berkata:

    gk, malah lebih bagus daripada Yamalube CVT Grease,,, cek aja di NLGI (https://www.nlgi.org) Top 1 terdaftar secara resmi disana,,, NLGI (National Lubricating Grease Institute) itu ibarat Standar API kalo di Oli.

    Ane mah yg pasti-pasti aja, kalo perlu kita bisa dapetin Data Sheet/MSDS nya, bisa kita tau boiling point dan drop point nya,,, Yamalube CVT Grease ?, jangan harap, sama aja kayak Oli ATPM semua gk jelas,,,

    Hari gini gan,,, Oli aja ane males pake oli ATPM, Grease juga lah,,, be smart user, coba posisikan CVT Grease ATPM sejajar dengan Oli ATPM 😀

    Grease Top 1?, ah masih mending daripada Yamalube CVT Grease.

    BTW ane udh pake 10.000 KM masih bagus aja,,, kalo Yamalube CVT Grease 5000 KM dijamin hitam banget.

    Suka

  68. bekti berkata:

    siip bngt infonya….

    Suka

  69. bekti berkata:

    kang….ada grup atw FP di facebook ga kang?

    Suka

  70. kenthoet berkata:

    Ada search az kenthoet bore up blog di fb

    Suka

  71. bekti berkata:

    makasih kangmas….

    Suka

  72. herdin berkata:

    gan mau tanya kok pas ane ganti cvt nouvo ke mio , kok mentok ya ?

    Suka

  73. kenthoet berkata:

    Mntok bgian mnanya broo

    Suka

  74. yuddd berkata:

    mas bro…kmarin kan xeon saya suda diservice cvt + grease utk pertama kalinya di km 13000, nah stelah itu timbul ndredeg ato apa ya wes pokoke kayak loncat-loncat gitu, trasa sekali kalo abis lewati poldur,saya liat gejala nya itu di 10kpj, tpi kalo berhenti di lampu merah di kecepatan sgitu gak terasa ndredeg. nah abis itu saya balik lagi komplain, trnyata ganti seal sama oring, 2 minggu lagi ada lagi gejala itu, tapi saya service cvt di tempat laen..itu knapa ya ? apa harus ganti seal sama oring lagi ?
    Thanks

    Suka

  75. kenthoet berkata:

    Kbnykan mslah gredek2 itu karena kampas gnda selip, nah selipnya bisa karena grease/vet yg bocor (krna sil n oring bocor) atau karena debu.. Coba di bersihkan sja dulu bgian rumah kopling n kmpas gndanya

    Suka

  76. yudha berkata:

    mas mau Tanya dibagian cvt pas idling kok bunyi keras tapi pas di gas penuh bunyinya hilang knpa?

    Suka

  77. adcrioo berkata:

    mas…mau nanya nih,kok d beres honda dket rmh sy katanya motor sy (vario cbs 125) ga perlu grease cvt y.grease cvt hanya utk matik yamaha katanya lg…
    pa bner matik honda ga pake grease2 cvt tu?

    Suka

  78. kenthoet berkata:

    Semua matic ya perlu ganti grease cvt masbro, soale pelumasan puley motor matic hanya menggunakan grease, klo greasenya smpe kering bisa bkin puley nya cpet aus

    Suka

  79. deniw berkata:

    Kalau ada yang bilang ganti grease buang2 uang, ongkos bongkarnya 40 rebu, mending bongkar sendiri, ganti sendiri.
    Gak harus asli mekanik motor, orang IT pun bisa kalau cuma cek plus bersih2 cvt matic sendiri.
    Sekarang tool banyak dijual. Bahkan bisa pakai darurat tools.
    Dan, banyak mekanik baik juga bikin tutor di inet.

    Suka

  80. wahyu berkata:

    mas mo tanya..kemarin udh ganti seal sliding..tapi br 2hr udh oblak lg..pas sy bongkar lg slidingnya..trnyata sealnya pecah..udh 2x ganti seal tp ttp oblak..jalur got msh bagus..fixednya jg ga aus..kira2 apa ya mas?tq

    Suka

  81. kenthoet berkata:

    Motornya mio sporty atau mio j??

    Suka

  82. wahyu berkata:

    mtr nouvo ms..tp slidingnya udh pake mio lama..

    Suka

  83. kenthoet berkata:

    Pecahnya gimana gan?? Coba klo bisa dikirim fto pecahnya lwat email jonadio.kenthoet@gmail.com biar enak menganalisanya

    Suka

  84. Luqmanul Hackim berkata:

    Gile 10 – 15rb KM ganti grease, jelek berarti greasenya,,, ane pakai merk aftermarket, sampai sekarang 50rb KM gk ane ganti Grease di Secondary Sheave, no problem, udh ane cek masih bagus kualitasnya,,, hahaha,,,

    Suka

  85. Luqmanul Hackim berkata:

    AHM udah produksi CVT Grease juga gan, spesifikasinya beda dengan Yamaha,,,

    https://luqmanulhackim.wordpress.com/2016/02/10/akhirnya-ahm-oil-memproduksi-cvt-grease

    Suka

  86. Pazoz berkata:

    Muantap infonya kang,,mau tanya kang boleh ga ni,tapi ga masuk ke judul?rumah roller yang sudah aus itu kaya gimana ya bentuknya,terus pemakaian normal berapa tahun kang?

    Suka

  87. siti farhatun berkata:

    Ikut gabung

    Suka

  88. Pazoz berkata:

    Bos mau tanya kalo sliding sheave mio j bisa di ganti dengan mio m3 ga?

    Suka

  89. kenthoet berkata:

    Gak bisa broo

    Suka

  90. siti farhatun berkata:

    Oh ok bos mksh

    Pada tanggal 12/04/16, Kenthoet Boreup Blog

    Suka

  91. Pazoz berkata:

    Ma’af kang kalo pin guide nya doang punya mio m3 bisa kali ya di pasang di mio j?…

    Suka

  92. Abd berkata:

    Berarti bisa dong torsi cam blucore di pasang di mio gt?

    Suka

  93. kenthoet berkata:

    Mnurutq gk bisa om

    Suka

  94. Abd berkata:

    Oh,terus ga ada yg pnp ya buat mio j,?pengen ganti pin tapi yg ada roler nya,harus gimana ya harus di modif kali ya,,

    Suka

  95. Adhy Marbon berkata:

    tadi barusan saya ganti roller sama V-beltnya bos gok ada kerasa getaran kira2 apanya bos motor mio M3

    Suka

  96. kenthoet berkata:

    Pake roller yg brpa gram bro??

    Suka

  97. raihan berkata:

    Kalau Cvt Enak DiBawa Lari Make Roller Berapaa..?#Ikut

    Suka

  98. erick berkata:

    mas bro mw tanya, yg bikin kerja berat cvt itu ukuran ban yg gede ato motor yg di tinggiin ya? motor ane mio sporty, shock blkg di tinggin 8 cm trs pake ban ukuran 110/80, yg bikin kerja cvt jd berat yg mana ya? soalny v belt ane cepet bgt gantinya…thanks bro

    Suka

  99. kenthoet berkata:

    Klo ditanya soal beban , jlas ban yg bisa nambah beban
    … Idealnya vbelt gnti tiap 25rb km

    Suka

  100. sofyan berkata:

    Itu secondary pully nya vario 125 bukan?

    Suka

  101. kenthoet berkata:

    Mio ini gam

    Suka

  102. Rio berkata:

    Punya ane jga gtu gan . Grease nya pda kluar ke mangkok ganda . Minta saran gan itu ap yng harus di gnti

    Suka

  103. kenthoet berkata:

    Gnti sil nya gan

    Suka

  104. rizal berkata:

    Mas numpang tanya nih ko d bagian cvt mio ane bunyi dengung ya ?
    Padahal rasio gak ada yg bermasalah , terus udah ganti lahernya
    Tapi pas saya buka sleding sheavenya gak ada oring nya terus ada bekas gesekan gitu mas , apa itu penyebabnya ?

    Suka

  105. huda berkata:

    Kalo udah terlanjur coak,gimana solusinya?

    Suka

  106. luqmanulhackim berkata:

    Itu Blog lama saya om, ini yang di Blog baru saya:

    http://www.lukmanulhakim.id/cvt-grease-honda/

    Suka

  107. Kendzoo Chichano berkata:

    kak motor ane mio gt .,kalo jln turunan netral\gk netral bunyi mbengung\meraung itu apa nya ya gak .,mohon info ny kak

    Suka

  108. Prasetyo Dony berkata:

    klo pake Top 1 yg Synthetic Lithium Complex kaleng Biru gmn? cocok juga ga buat CVT?

    Suka

  109. kenthoet berkata:

    Gak cocok gan

    Suka

  110. Dea Fauziyah berkata:

    Mksih gan ane skrng dh tau penyebab montor vario sya klo mau berjalan sperti ad yg grenjel

    Suka

  111. Bepe berkata:

    Misi om mw tnya ni.
    V125 ane kan uda berumur hampir 6 thn.
    Masalah pulley blkang tba2 mncul beberapa blan ini. Ada suara kayak tikus kecepit ternyta stlah ane bawa ke bngkel stempet nya moncrot ke kampas dan mangkok, trus kta montirnya karet sil nya uda wktunya gnti alhasil gnti karet beberpa bulan (skitar 2 blanan) slanjutnya ada suara gaib kayak tikus kecepit lagi lagi2 ane bawa ke bngkel lgi (lain bengkel dr yg pertma) dan diagnosa sma sil nya bocor lagi.

    Yg mw ane tnyain klo msalah kyak gt apa harus ganti pulley soal nya sil uda gnti 2x dan stempet masih moncrot ke mangkok dan kampas ganda.

    Suka

  112. Bepe berkata:

    Misi om mw tnya ni.
    V125 ane kan uda berumur hampir 6 thn.
    Masalah pulley blkang tba2 mncul beberapa blan ini. Ada suara kayak tikus kecepit ternyta stlah ane bawa ke bngkel stempet nya moncrot ke kampas dan mangkok, trus kta montirnya karet sil nya uda wktunya gnti alhasil gnti karet beberpa bulan (skitar 2 blanan) slanjutnya ada suara gaib kayak tikus kecepit lagi lagi2 ane bawa ke bngkel lgi (lain bengkel dr yg pertma) dan diagnosa sma sil nya bocor lagi.

    Yg mw ane tnyain klo msalah kyak gt apa harus ganti pulley soal nya sil uda gnti 2x dan stempet masih moncrot ke mangkok dan kampas ganda.
    Maksih infonya om….

    Suka

Komentar Anda adalah Semangat Saya