Hallo semua… lama gak ngeblog n  blog walking ehh ternyata ane ketinggalan berita heboh di blog, Ya berita apalagi kalo bukan beritanya si matic keren vario 125 yang demen mengeluarkan suara-suara aneh (baca : ngorok ), kenapa bisa ngorok gitu??? apa sebabnya??? ane gak tau juga  soale belum pernah bongkar mesinnya vario 125 ( jangankan bongkar nyoba motornya az belum :( )

Ok deh kali ini ane gak mau bahas vario 125 yang ngorok tapi mau berbagi sedikit tips murah meriah untuk Yamaha mio yang juga suka mengeluarkan suara-suara aneh di bagian CVT nya. Pasti mas bro pernah menjumpai Mio yang berbunyi ciitt…ciiitt..ciitt..(kayak curut gitu bunyinya :mrgreen: ) atau krrriiiikk….kkriiikk..kriiikk (kayak besi tipis yang bergesekan ) saat Mio berakselerasi? tapi kalo udah jalan suara itu nggak muncul hanya saat akselerasi az munculnya?? Nah suara itulah yang akan kita hilangkan kita?? lu az kalii…

Nah suara-suara aneh tersebut ternyata berasal dari bagian CVT nya , lebih tepat nya berasal di bagian rumah kopling ganda ( mangkok ganda ) . Lho kok bisa??? apa sebab nya??? Ya kalo menurut analisa n pengalaman ane entah bener atau nggak, hal itu terjadi karena CVT mio nya sering di pake kerja keras / beban berat sehingga mengakibatkan panas yang berlebih di dalam CVT akibatnya kampas kopling ganda bisa gosong, rumah ganda berubah warna jadi kebiru-biruan bahkan sampe ada yang peyang rumah gandanya, contoh nya motor yg sering melibas tanjakan ekstrim atau sering di pake muatan atau sering melakukan perjalanan jauh/ touring.

Naah kebetulan ada nih temen ane yang beberapa waktu lalu mengeluh kalo Mio nya bunyi ciiitt…ciiiitt..ciiitt..waktu akselerasi,dia bilang biasanya ndak pernah bunyi gitu motornya tapi pas selesai di pake liburan ke daerah Trawas, eh pulangnya langsung bunyi pas akselerasi.Ya udah berhubung ane ini orangnya baik :oops: :lol: jadinya motornya tak minta n tak bawa ke bengkel ( maunya c di benerin dirumah tapi gak punya tool nya :( ) ,setelah nyampe di bengkel langsung az di bongkar dan ceeessss seperti dugaan ane sebelumnya yaitu rumah ganda / mangkok ganda berubah warna jadi kebiru-biruan gara-gara suhu yang terlalu panas yg di akibatkan oleh beban dan gesekan terus-menerus dengan kampas ganda waktu melibas tanjakan.

Solusinya mudah az, pertama lepaskan mangkok ganda lalu bersihkan bagian dalamnya menggunakan ampelas dan jangan lupa sediakan lem besi merk Dextone, lem ini banyak tersedia kok di bengkel-bengkel n toko bangunan n harganya murah sekitar 6 rebuan.

^^nih wujudnya lem Dextone

lem ini terdiri dari 2 bagian yaitu epoxy dan hardener (pengeras) jika sampeyan ingin lemnya cepat kering maka campurkan hardenernya sedikit lebih banyak dari epoxy.

^^tuh kan mangkok gandanya berwarna kebiru-biruan kyak leher knalpot ;)

jika semua bahan sudah tersedia, ambil mangkok ganda n lihat rongga-rongga di sekeliling  mangkok ganda,nah rongga-rongga itulah yang nanti akan kita tutup menggunakan lem besi, Ok segera campurkan lem besi nya antara hardener n epoxy aduk hingga rata lalu teplok kan (aduh bahasa indonesia nya apa ya :???: :roll: ) / oleskan merata hingga rongga-rongga di sekeliling mangkok ganda tertutup semua, n ingat jangan tebal-tebal dan kalo bisa agak cepat ngolesinya soale lem nya cepet banget keringnya ( sekitar 5menit udah kering ).

^^ nih hasilnya setelah seluruh rongganya di tutup pake lem besi

nah kalo sudah diamkan sekitar 15menit hingga lem besi benar-benar kering lalu silahkan pasang kembali mangkok ganda ke tempatnya.Tuh kan murah n gampang kan mas bro :?: . Ok deh mas bro semua sekian tips ini semoga berguna bagi para pengguna Yamaha Mio di seluruh Indonesia ( lebay ), maaf bila langkah-langkahnya kurang jelas n gambar-gambarnya kurang banyak maklum masih newbie.

Bila mas bro punya saran dan kritik silahkan saja di tulis di kolom komentar :D

salam Kenthoet,

About these ads

About kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

346 responses »

  1. gunungandul mengatakan:

    0…

  2. redbike92 mengatakan:

    woh, mantap tenan,. rekomen banget bagi pengguna mio :D
    buat Mio J berlaku juga ga kak bro :D
    (cuma tanya :D? )

  3. Dismas mengatakan:

    Lem Dextone ? Yang selang – seling item putih tu ya ? :roll:

  4. Gogo mengatakan:

    joss.. nice infonya

  5. ardhi mengatakan:

    Bongkar dan masang mangkok gandanya susah ga bro.?
    atau ada tools khusus gitu.?
    soalnya tools ane sangat2 terbatas bro *emangnye rumah ane bengkel banyak alat2 perkakas.
    :p
    pencerahannya bro. :D

    • kenthoet mengatakan:

      pake spesial tools mas bro namanya rotor holding buat nahan rumah ganda sama kunci hexagon 24″ (biasanya buat buka tutup klep nya jupiter series itu lho) :D

  6. jeger mengatakan:

    tanks banget bro, atas sarannya yahh

    moga ini ilmu yang bermanfaat bagi gua

  7. dikka mengatakan:

    mkasih…… itu sama ae kn 5 pdah nouvo 02…???? cz gandax mezti bunyi curut………hehe
    lok pas kcpatan 40-60…………..

  8. dagul mengatakan:

    kalo proses pengeleman, mangkoknya gak lepas kira2 bisa gak gan?

  9. ABDULLAH SYAFII mengatakan:

    mangkok gandanya yang di bagian belakang bukan..
    trus yng di lem bagian bibir luarnya apa dlemnya??sorry mas.bro tangapannya??
    maturnuwun…

  10. xemods mengatakan:

    mas bro, kalo setingan karbu yg mantap bwt mio gmna mas?

    • kenthoet mengatakan:

      wah kalo itu tergantung kebutuhan pengendara n track yang sering dilalui az, kalo mio ane di rumah c pake setting klep in 0,1mm klep ex 0,12 n setelan karbu 3 putaran penuh ( putaran keluar/ berlawanan jrum jam) karena mio ane cuma di pake jarak deket az, :D

  11. lana mengatakan:

    bukan nya pake gemuk svt kan ? kenapa pake lem dextone

    • kenthoet mengatakan:

      kalo gemuk / grease CVT buat melumasi bagian fixed sheave n sliding sheave , kalo gemuk nya di pakein di rumah ganda nnati bisa selip trus terasa ‘ndredeg-ndredeg’ waktu digas / akselerasi :D

      • Andryz Ghazalli mengatakan:

        untuk saran dan infoY ane dh coba n hasilY lumayan udh ga ngiricit lg si mio, nah ada yg mw ane tnyin tgl 9/11/12 ane ganti roler tp bingung pk yg brp gram akhirY ane pk yg 8gr mrk TDR tp kog malah memble putaran bawah apa lg boncengan kondisi mio udh pk knalpot racing(pk yg murah ) jd suara brisig buanged :( nah yg mw ane tnyin klo ganti roler pk yg brp Gram yg bgs utk putaran bwh n bwt top speed n slain roler apa aja yg hrs di ganti biar mio ane aga laaaaarrrri dikit tp ttp irit,mf bnyk tny… maklum br pny mio.

        sblmY Thxz…….

      • kenthoet mengatakan:

        rollernya kalo bisa pake yang 12 gram (lebih berat dri stndrt mio yg 10gram), trus per puley sekuder diganjel az biar agak keras n gak lembek , ganjelnya bisa pake karet O-ring tutup klep bekas (yg udah getas/keras) sebanyak 3 biji / bias juga diganjel pake ring besi setebal 4-5mm .. trus filter udara klo bisa diganti pake busa az, bisa pke busa filter milik supra x 100 , caranya elemen kertas filter di mio dicoak/dibuang n diganti filter busa milik supra :D

  12. Andryz Ghazalli mengatakan:

    ane blm cba sih kasi lem dextone cm bersihin kanpas n dalemanY (di ampelas) duang hasilY emang ga bunyi lg cm kuat 3 hari duang dh itu bunyi lg n ada yg bilang mangkokY di bor,tp itu jg blm coba krna kekurangan tool,agar bunyi ngiricit hilang selamaY gimana caraY
    thankz atas jwbanY n sukses selalu…..

    • kenthoet mengatakan:

      setahu ane cara paling murah n efektif ya di beri lem dextone itu mas bro. (gak tau juga klo ada cara lain :roll: ) ,klo yg ngebor mangkok ganda ane juga belum pernah coba :D , maklum mas masih newbie . :) , thnks sudah berkunjung :D

      • Andryz Ghazalli mengatakan:

        untuk saran dan infoY ane dh coba n hasilY lumayan udh ga ngiricit lg si mio, nah ada yg mw ane tnyin tgl 9/11/12 ane ganti roler tp bingung pk yg brp gram akhirY ane pk yg 8gr mrk TDR tp kog malah memble putaran bawah apa lg boncengan kondisi mio udh pk knalpot racing(pk yg murah ) jd suara brisig buanged :( nah yg mw ane tnyin klo ganti roler pk yg brp Gram yg bgs utk putaran bwh n bwt top speed n slain roler apa aja yg hrs di ganti biar mio ane aga laaaaarrrri dikit tp ttp irit,mf bnyk tny… maklum br pny mio.

        sblmY Thxz…….

      • kenthoet mengatakan:

        rollernya kalo bisa pake yang 12 gram (lebih berat dri stndrt mio yg 10gram), trus per puley sekuder diganjel az biar agak keras n gak lembek , ganjelnya bisa pake karet O-ring tutup klep bekas (yg udah getas/keras) sebanyak 3 biji / bias juga diganjel pake ring besi setebal 4-5mm .. trus filter udara klo bisa diganti pake busa az, bisa pke busa filter milik supra x 100 , caranya elemen kertas filter di mio dicoak/dibuang n diganti filter busa milik supra

      • Andryz Ghazalli mengatakan:

        nanya lg nih mas bro…
        klo di ganjel pake ring besi kira2 pake ring yg untuk baud berapa n berapa biji ringY?trus busa filter supra hargaY berapa? untuk info aja mio ane dh pe ban cacing n td siang di pake seharin nempuh jaraj kira2 60km bensin 10rb telas :( nah untuk konsumsi bbm mio std brp km/liter?
        thank again utk jawabanY sanggat menambah ilmu utk yg awam spt ane…..
        sukses selalu……;)

      • kenthoet mengatakan:

        kalo ring biasanya bikin di tukang bubut mas tebalnya antara 4-5mm az , klo pengen murah pake karet O-ring tutup klep bekas az, 3biji cukup , mioku dirumah jga pake ganjel oring n udah 1,5tahun gpp tuh :D
        kalo mio ku FC nya 1:40-45-an tapi klo macet2 bisa gak sampe segitu paling 1:37 an :(

      • Andryz Ghazalli mengatakan:

        matur nuwun banget mas infoY….. nsti klo udh santai mw di praktekin deh:)
        n klo karbu di ganti ama pny Rx king bisa lbh kenceng n irit atw gimana?
        sekali lg mhn maaf banyak nanya……:D

      • kenthoet mengatakan:

        yang jelas klo pake karbu rx-king tarikan/akselerasinya lebih responsif mas dibnding dgn karbu stndart, tpi ya konsekuensinya BBM nya sedikit lebih rakus :D

      • Andryz Ghazalli mengatakan:

        tengkiyu banget mas bro info2Y bermabfaat buanget untuk ane yg doyan ngoprek(klo ga bisa kasi ke bengkel) :)
        tambahin lg tulisanY biar banyak ilmun banyak pahala…..

      • kenthoet mengatakan:

        Ok mas sma2. ane juga masih belajaran a.k.a newbie jadi apa salahnya klo sma2 newbie saling berbagi ilmu :D

  13. Caryn Wireyna mengatakan:

    wah pengen nyoba deh ama lu gan.. mio ane benerin donk bro..

  14. Andryz Ghazalli mengatakan:

    tambahin tulisanY tentang byson jg dong…….

  15. d mengatakan:

    thangs tips nya

  16. Ginanjar mengatakan:

    kalo bunyi crriiittt ccrriiitt nya dissertai getar itu gmana bro? mohon infonya

    • kenthoet mengatakan:

      getar nya pas akselerasi ya mas :?: getar itu bisa disebabkan krna rumah ganda yg sudah peyang/oval atau bisa juga karena sil pulli yg bocor sehingga grease/vet muncrat ke bagian kopling sentrifugal, sehingga waktu kampas kopling sentrifugalnya bekerja akan timbul selip dan akhirnya bergetar pas akselerasi :D

  17. fauzan mengatakan:

    ada yg udh nyoba pa kgk…
    soalny ane ragu nihh..
    mtor gue spin. ..

  18. Les Pinggir mengatakan:

    Mas, mio ane dah ganti roller, v-belt dan kopling ganda (pake yg standar aja semuanya) kenapa kadang masih suka timbul ndredet..ndredet kalu tarikan awal ya …trus kadang juga hilang….
    apa harus dilem biru ya..

    • kenthoet mengatakan:

      tolong dicek sil pulley sekunder mas masih bgus atau sudah rusak, soale sil itu rusak, bisa bikin grease cvt muncrat kemana2, dan kalo muncratnya ke bagian kampas ganda n rumah ganda efeknya bisa bikin ndredet…ndredet pas tarikan awal :D

      • Les Pinggir mengatakan:

        waduh..harus bongkar semua sekundernya ya…ntar dicoba bongkar simpan..pasangnya belakangan..hehe
        ndredet kerasa 5km/jam on speedo..tapi kadang juga normal/hilang ndredetnya..
        ..oh iya..kadang juga ada bunyi seperti suara “swing”di transmisi belakang..kayak suara gesekan gitu…
        makasih ya mas…

      • kenthoet mengatakan:

        suara ‘swiiing’ nya kenceng bnget ya mas :?: . suara nya sllu muncul atau kadang2 munculnya :?: apa sebelumnya pernah telat gnti oli gear atao pernah ‘kejeglong’ ban belakangnya :roll:

  19. hendra mengatakan:

    mas bro tdi gw gnti roller yg 9 gram sama cvt 1set.. emang sih suaranya udah enak lg tp buat lari jd lelet…
    biar larinya enteng tp gk buang duit banyak hruz dgmanain ni mas bro..

    • kenthoet mengatakan:

      roller pake yg 11gr atau 12gr az mas , trus per pulley sekunder ganjel pake O-ring bekas tutup klep yg udah keras sebanyak 2-3 buah atau bisa juga pake ring gede setebal 4-5mm , trus klo bisa filter udara diganti pake busa milik supra x biar lebih loss :D

  20. Rah Panther mengatakan:

    yahuuuut….mas broooo…………ane coba dulu soalnya motor ane bunyi juga tu. maklum mio roda tiga…….hahahahahaa

  21. Lemod doppeer mengatakan:

    mas bro .,. gua abis ganti roler kan , nah abis itu ada bunyi getaran logam masbro .. tuh gimana yaa ?? bales gece masbro yaa .. ( males ke bengkel {kanker} )

    • kenthoet mengatakan:

      getaran logam,, kriiikk..kriikk gt ya mas :?: n munculnya pas akselerasi / buka gas az :?: klo iya it berrt rumah gnda (rumag kopling sentrifugal) yg bermasalah

    • lemoddoppeer mengatakan:

      itu diapain ya masbro ..

      terus kan motor saya nembak” , saya ganti pilot Z nya pakai ukuran 45 ., main Z nya nda saya ganti masbro . enak sih motor tarikannya , tapi nembak mas ..

      • kenthoet mengatakan:

        yo dibongkar trus dibersihkan mas , klo sil pulley sekundernya bocor ya sekalian dignti biar grease cvt nya gak nyiprat2 lagi…
        nembak itu karena AFR nya kurang tepat mas … coba celah businya di setel 0,7mm trus setelan karbunya sedikit di iritin biar gak nembak :D

      • lemoddoppeer mengatakan:

        bengkel emas di mana si mas . saya ga terlalu percaya ama bengkel” sini . bengkel yang saya percayain tutup mulu ..
        AFR apaan mass ??

      • kenthoet mengatakan:

        bengkel ku ada didaerah mojosari kab, Mojokerto mas bro :D
        AFR = Air Fuel Ratio => rasio campuran antara bahan bakar dan udara yg masuk ke ruang bakar , AFR mesin yang ideal adalah 14,7 : 1 dlm arti 14,7 gram udara akan habis terbakar bila dicampur dengan 1 gram bensin / bahan bakar :D

      • lemoddoppeer mengatakan:

        jauh saya di jakarta mas ,, berarti setinggan anginnya berapa mas yang enak .

      • kenthoet mengatakan:

        kalo masih standart setelannya antara 2,5 -3 putaran az mas ,

      • lemoddoppeeer mengatakan:

        ini gua setting 2 putaran mas ,
        iya mas standar . pilot jet doang gue ganti ..

      • kenthoet mengatakan:

        2-2,5 puteran mas , cri yg pling enk :D n gk bikin knlpot meletus lgi :D

      • lemoddoppeer mengatakan:

        oce dah masbro !!! tenksyuuu~~~ yooo ..

        I LIKE THIS (y)

  22. Lemoddopper mengatakan:

    aduh komen gua gadibales !!!!

  23. Taufik mengatakan:

    nanya om..mio saya kasusnya sama seperti yg udah d ulas di atas suka bunyi ndret ndret pada tarikan awal..
    mtrnya sih pernah masuk lobang smpe velgnya rusak..
    tlg pencerahannya om..
    kira2 mslhnya dmn??

  24. firli mengatakan:

    maaf om mau nanya …
    kalo mio pas saya bentak suka ada suara (tok tok )pas d bentak
    kira kira apanya ya ….
    terus motor suka keluar asap dari cvt
    sama ngeluarin bau yang ga enak

    tolong pencerahan nya om
    tenx sebelumnya

    • kenthoet mengatakan:

      waahh jngan2 itu pulley sekunder di bagian sliding sheave nya seret/macet mas sehingga v belt jdi selip, mnding dibongkar cvt ny n di cek lngsung az, mngkin analisa ane ini salah *maklummasihnewbie :D

  25. Xhoen'oii mengatakan:

    mas bro, cara buka mangkok kopling nya, gimana tU,, aku tadi mau buka susah banget, iket muter muLu mangk0k kopling ny.?.
    Sama mau tanya, kira kira berapa berat roler biar nyampe top speed maksimal biar tak perlu boreup.?
    bantu aku eah gan,. :D

    • kenthoet mengatakan:

      mngkok koplingnya harus ditahan pake alat yg namanya rotor holding mas biar nggk ikut muter pas dibuka :D

      pake roler yg lebih berat dr ukuran stndrt, bisa 11 gr atau 12 gr tapi konsekuensinya tarikan awal/ akselerasi jd berkurang :D

  26. yzr forever21 mengatakan:

    kelaher cvt udah di ganti gigi rasio udah di ganti tapi masih aja tetep bunyi apanya ea nangis kaya ada gesekan yg parah

  27. rizki mengatakan:

    mas brow per CVT yang cocok sama mio standar brpa RPM 1000-1500-atau 2000
    coalnya aku pakek roller 9 gram

  28. mike pow mengatakan:

    OM OM mauu tanya :D

    om, mio ane tahun 2008, masalahnya yaitu bunyi seperti vibrato tikus, “ciiittciiitt…”
    nah sempet ane bawa bengkel, katanya suruh ganti V-belt, udah abis itu hilang suaranya. 2minggu setelah itu muncul lagi suara tikus nakal itu, bunyi saat tarikan pertama, namun hanya bunyi saat mesin belum terlalu panas. tp semangkin lama saya biarkan semangkin parah bunyinya. saya bawa ke bengkel pinggir jalan katanya mesti ganti mangkok gitu, habis sekitar 800rb’an++ kata bengkelnya.yaudah saya pulang lagi, takut jadi korban pembodohan bengkel. nah menurut agan apa ya penyakit mio ane itu ??
    answer plis :)
    thanks..

    • kenthoet mengatakan:

      bunyi tikus pas awal akselerasi ya??? itu memang berasal dri mangkok gandanya mas, klo mau diganti mangkok gandanya ya silahkan hrganya yg orisinal YGP skitar 170rbuan ,atau klo mau hemat ya silahkan ikuti tips diatas dengan cra rongga2 di magkok ganda ditutup dgn lem dextone :D

      • mike pow mengatakan:

        tapi kata bengkelnya yang orisinil kudu 1set. dan katanya makan biaya hingga 800ribu rupiah.. saya kebakaran jenggot dengernya. maka dari itu saya takut terkena jebakan bengkel jalanan yang suka bilang part sudah jelek padahal masih layak pakai, atau kerusakan 1 harus beli 1set.
        apa bisa gan beli 1an? apa juga ada bagian di daerah CVT yg mengharuskan user nya membeli part 1set hingga 800rb ?
        thx :)

      • kenthoet mengatakan:

        kalo part2 orisinal belinya emg 1an mas, kecuali ada beberapa part2 tertentu yd diharuskan beli assy ,

        yg disarankan beli 1set itu ketika sliding sheave n fixed sheave di pulley sekunder udah oblag / kocak / koplak , soale klo di gnti slah 1 gk bkalan sembuh pnyakitnya :D

  29. latif mengatakan:

    wahhhh..ilmu mas bro udh kelas.jawara..nih…ntar aku tak main kebengkel mas bro…nimba ilmu…

  30. chandra mengatakan:

    klo mio pke kanvas ganda nuvo bs g ? kira2 hrs ada yg di rubah lg g yg lain’y ?

    • kenthoet mengatakan:

      klo mau gnti kmpas gnda nouvo hrus sekalian sma rumah gndanya mas :D atau mau lebih jooss lagi gnti pully sekunder assy mlik nouvo dijamin lebih kuat n awet :D

  31. Cepot mengatakan:

    Ya sory nih mas bro gangu kan kdang2 klw dibengkel biasa klw bka mangkok cvt pke knci biasaa pengruh ga !……….tanks

  32. marsudi(gendut) mengatakan:

    Tips yg mantebbb…mio j gue baru beli jg dah ada bunyi kayak gitu,kira-2 mekanik yamahanya tau nda ya kalau gue komplain………..Tengkyu brooo!! blognya bagusss

  33. masSetya mengatakan:

    mo nanya mas Bro…
    saya punya Spin nih ada bunyi berdecit kaya curut tapi bukan di area pulley atau di rumahannya ni malah adanya klo lg jalan aja pas lg berhenti ane coba nyalain n pancer gas kenceng stabil2 aja nah waktu ane goyang bodynya malabunyi curutnya ( mesin keadaan mati ) na itu pertanyaan saya mas bro bantu ane mas bro n tolong dianalisa mas bro?

    • kenthoet mengatakan:

      analisa newbie : coba di cek laher dan as pemegang mesin , biasanya lher nya rusak / as pemegang mesinnya kering ,semoga anlisa ane tepat, klo salah ane mohon maaf masbro :D

  34. antonie mengatakan:

    Mas broe.. Bengkelnya dimana.?? pengen oprek-oprek mio ane.. Biar bisa ngaciirrr… hehehehe… Minta alamat & no hp nya.. tengkyu infonya..

    • kenthoet mengatakan:

      wah bngkel ane mah bngkel standaran mas, gk bisa bkin motor ngacir… klo masbro pngen ngacir mnding bwa az motor e k bngkel yg spesialis balap atau etc :D
      bngkel ane di Kurnia Motor jln. Hayam wuruk no.47 Mojosari :D

  35. mas bro maf nih ganggu cara bikin starter mio bunyinya ngiung gi mana yah ???? ,jawab yah ?

  36. Dony mengatakan:

    Tu ngasih lem.nya merata apa di bagian pinggir.nya aja mas?…
    Kirain kalo da decit.nya harus ganti v-belt ternyata mangkok.nya yg aus ya mas…
    Mohon pencerahanya mas…

  37. cekintung mengatakan:

    kalo dibiarkan terus berbunyi ciit apakah akan berakibat fatal pd mesin? Thx

  38. Zacki Alfaroby mengatakan:

    di las 4 titik di mangkoknya juga bisa gan, nouvo ane begitu hehe

  39. marsudi(gendut) mengatakan:

    mIo j gue baru turun dr dealer dipake dah bunyi kayak gitu,claim ke beres yamaha dah diganti 4 komponen di cvtnya(lupa apa aja gue namanya),eee bunyinya tetep ada.Efek jangka panjangnya apa kalau gak diganti komponennya???trusss biar gak bunyi lagi yg pasti diganti apanya sih???mohon pencerahannya.sry panjang,maturnuwun

    • kenthoet mengatakan:

      bunyi gmna mksudnya mas e :?:
      ya dilihat dlu sumber bunyinya dri mana mas ,klo bunyinya berasal di rumah kopling az meskipun dibiarkan ane rasa gak maslah tpi ya itu suaranya bkin polusi telinga :D

      • marsudi(gendut) mengatakan:

        Pagi td gue balikin ke bengkel lagi…sama mekaniknya diberi lem besi di mangkoknya…zzzzzzzzzzz dicoba masih bunyi lagi.Kalau ada kemungkinan lain selain mangkoknya bermasalah apalagi ya mas broo???.Trims

      • kenthoet mengatakan:

        kalo yg sering terjadi memng dri rumah ganda yg bermasalah mas,… tp klo itu dh d ksih lem besi masih bunyi juga, kmngkinn bisa bermacam2 , bisa jdi bos2an puli primer yg ‘bermasalah’ / oblak , roler yg peyang , atau mlah dri kampas gandanya juga bisa IMHO

  40. marsudi(gendut) mengatakan:

    Dr pengalaman selama servis yamaha mas pernah/sering nemuin motor baru gresss bermasalah spt ini nda??trus biasanya solusinya apa?soale kemaren dah diganti baru part yg dicvtnya msh tetep dan dah 3 kali cvt dibongkar pasang,mhn dibantu mas.trims

  41. Ijai mengatakan:

    Mau nanya masbro ymh vega lama sy kasusnya kurang lebih sperti itu pas ekselerasi ada bunyi ky rantai kamrat pdhl rantai kamrat udah ganti sama lidah tensionernya.na itu mslhnya pas udh ganti rantei kmrat keluar tu bunyi gima tu masbro solusinya

    • kenthoet mengatakan:

      ane gk bisa memastikan mas itu bnyinya brasal dri mana klo blum dngar sendiri cos di mesin 4tak itu bnyak skli bunyi2an aneh :mrgreen: , tp coba az dicek stut kamrat / tensionernya dah dicek mas??? soale bisa sja stut kamrat nya nytutnya kurang kenceng alias udh letoy , trus cek jga kondisi seher n ring seher bisa sja bunyi tsb brsal dri situ IMHO CMIIW

  42. antiiklanbego mengatakan:

    katanya produk canggih di dunia dan akhirat, tapi ada masalah juga …., jg bingung mo ganti kuda, ah lebih baik naik vespa…. iklan mode on.

  43. Lemoddopeer mengatakan:

    mass ,, saya mau nanya nih ,, kan seher saya naikin 59’an , tapi kok ga mau narik yaa ,, apanya tuh mas yaa ,, udah gitu ngempos lagi mas .. oli juga bocor ,, tolong dijawab mas yaa penting banget nih

    • kenthoet mengatakan:

      klo boleh tahu motor smpeyan apa mas?? oli bocor mksude gmna??? bocornya masuk ke ruang bakar atau bocor netes keluar mesin gtu??
      oh iya itu yg dignti cuma seher az mas’e ?? noken as, klep , pengapian n karbu masih stndrt atau sudah d gnti jga??? *sorybaliknanya :D

      • lemoddopeer mengatakan:

        setingan klep’a diganti punya jupiter , standart mass ,, bocor netess mass , motor saya mio Sporty maass ,,,

      • kenthoet mengatakan:

        klo bocor netes itu mungkin o-ring / paking nya sja yg wktunya gnti ,nah itu mas seher udah gede seharusnya jg di imbangi dgn sistem pemasukan bhan bakar yg sesuai, mksude klep jg hrus di gedein , noken durasinya jg dimainin n pengapian jg hrus di upgrade untuk mngimbngi kebutuhan mesin, klo tetep pke stndrt y gk bisa enak, ibarat masbro yg udah dewasa tapi dikasih makan pake porsi mkannya anak balita , pasti gak knyang to ??? :D
        klo sampeyan pengen tetep pke noken , klep n pngapian stndrt seharusnya ckup bore up pke seher ukuran 53-54mm az gk usah gde2 :D

      • lemoddopeer mengatakan:

        soal pengapian yo mas ? pengapian opo ne seng di ganti !!!
        klep di geser wae iso ora mass ?

      • kenthoet mengatakan:

        perbandingan kompresi dibkin stndrt az jgn tinggi2 mas biar masih aman nenggak premium , busi gnti iridium , cdi gnti yg unlimiter , krbu juga disetting ulang minimal jetting nya disetel sesuai kbutuhan mesin , klep klo bisa dignt yg diameter payungnya lbih gde , klo cma digeser gk ngefek apa2 mas, coba mainin noken jg buat ngimbangi kbutuhan mesin ,trus trkhir knlpot gnti yg lbih plong biar mantep :D

      • lemoddopeer mengatakan:

        okeee sip deh masbroooooooo (y)

  44. opank mengatakan:

    mas bro numpang gabung..mio ane dh ganti vanbelt (klo gga salah namany n ganti roler ) coq ttp curut nya masih nempel ( bunyi ) yach,,sampe yg punya bengkel pusing sampe minum obat hhehhehe..dia buka n gga da mslh kata dia..gan solusiny apa wat Curut nya pergi??thanks infony

    • kenthoet mengatakan:

      curutnya biasanya berasal dri rumah kopling gandanya masbro, kalo masbro ingin berhemat coba ikuti tips ane diatas tpi klo gak ingin repot mnding langsung bisa nebuss rumah kkopling ganda baru :D hargnya skitar 170rbuan klo mio

  45. Ijai mengatakan:

    Kalau untuk stut tensionernya msh bgs malah pernah jg sy ganti sama stut punya jupiter burhan 2p2 asli yamaha tp tetap ada bunyi.jd sy psng lg stut asli vega.kalau untk piston sama ring pintonnya sdh sy ganti os0,25 1 thn yg lalu.ganti rantai kamrat 7bln yg lalu.ganti kampas kopling 10bln yg lalu.untuk kampas ganda blm d ganti trus plat gandanya cuman di las dtambh besi,dilihat dari warna kepala busi abu2 merah bata,stelan klep in0,06mm klep ex0,08mm untuk topspeed msh bisa tembus 100kpj soalnya ni motor sering sy bw jarak jauh tp slama ini gk ada mslh cuman bunyi itu aja yg kurang enak ddenger gima tu masbro?….jd bingung…..maklum motor tua!

    • kenthoet mengatakan:

      plat ganda maksude rumah kopling ganda itu ya mas?? oh iya emg masih ad ya mas os 0,25 ??? soale setahuq pling kecil itu os 0,5mm klo seher stndrt itu CMIIW oh iy itu bnyinya kluar pas akselerasi az atau pas udah jlan ??

  46. Ijai mengatakan:

    Iya masbro rumah kampas ganda yg ada sgitiganya itu dtambah besi pakei las trus d gerinda sama orang bengkelnya.kalau piston standar ymh burhan kn memang lebih gede dari piston standarnya ymh vega.bunyi itu keluar pas ekselerasi tp kdng ada kdng ga,kalau udah jalan atau ga jalan ga ada tu bunyi.mohon penjelasanya masbro….sy mau nanya masbro kalau ganti plat kampas kopling+ganti kampas ganda sama rumah kampas gandanya kira2 untuk yamaha vega 4st thn 1999 punya saya yg YGP hbs brp duit tu masbro….trims atas penjelasanya

    • kenthoet mengatakan:

      waduhh mgkin bisa sja suara itu timbul gra2 rumah kampas gnda yg di’akali’ itu tdi masbro IMHO CMIIW
      klo vega lawas bisa subtitusi pke part jupie burhan , untuk harga2 jujur ane gak hafal masbro ,masbro bisa lihat sndri hrga2 pastinya nya di katalog online yamaha :D
      seingat ane hrga kampas kopling jupi burhan skitar 70rbuan , kampas ganda 240rbuan n rumah gnda 200rbuan CMIIW :D

  47. z1rider mengatakan:

    Postingan cadas ini. 43 share facebook . . . Semangat mas bro ! :cool:

  48. Ijai mengatakan:

    Mngkin gr2 rmh gndanya diakali itu ya masbro tp yg sy jd heran stelah 2bln pas ganti rantei kamrat br keluar tu bunyi pdhlkn posisi rumah ganda beda dengan posisi rantai kamrat.tp untuk lidah tensioner sy pakei yg merek taiyo soalx kmaren mau beli yg asli dtoko sparepart ga ada.kalau ada katanya hrgx mahal bisa smpe 400rb,an ap bnr tu masbro hrg lidah tensionerx nyampe sgitu.apa mungkin gr2 makei lidh tensioner ga asli jd ada bunyi itu,tp sblm sy ganti lidah tensionerx memang sdh ada bunyi,sy kn gntix bertahap ganti rantai kmrt dulu baru lidah tensionerx.tp kmaren tu pernah jg sy ganti pin dowelnya 3bj asli YGP hrg 24rb.kalau untuk kampas kopling sy sdh tau hrgx,kn sdh sy gnti 7bln yg lalu,yg sy tanyakn hrg rumah kampas koplingnya.oh iya masbro misalkn nih sy mau ganti kampas ganda,rumah kampas gandanya trus apkh hrs ganti jg rumah pin dowel sama per pin dowelnya.trus apkh hrs ganti jg rumah kampas koplingnya.maaf ni masbro nanyanya borongan soalx kata orang bengkel kalau mau ganti yg ky gitu hrs satu set biar presisi maklumlh motor tua.trims msbro slm yamahalovers……

    • kenthoet mengatakan:

      waduh boong bget tuh yg ngomong lidah tensioner vega smpe 400rbu :lol: hrganya yg ori klo nggk salah skitar 70rbuan CMIIW, klo rumahnya gk aus yo gk perlu gnti masbro bgitu juga pin sma per pin klo nggak aus / bermasalah yo dipake sja, emange rumah kampas koplingnya knpa masbro??? oblak atau gimana???

  49. marsudi(gendut) mengatakan:

    Mas broo masalah curut mio j ku dah kelarr…..begitu email ke contac cervis yamaha,esok harinya gue lsg ditelp beres yamaha rawat inap 1 hari,skrg curutnya dah musnah.Asli layanan yamaha utk pelanggan gak main-2 ajibbbb!!Maturnuwun mas kentoet inponya

  50. pk kampong mengatakan:

    numpang nanya masbro….
    kalau mio setiap pagi susah nyalanya gimana …? harus dislenger sampai keringatan baru nyala….
    trus bila motor jalan bensin netes dari pembuangan karbu….tp bila berhenti bensin juga gak netes…..gimana solusinya yo masbro

    • kenthoet mengatakan:

      coba bongkar karburatornya masbro, trus bersihkan spuyer2nya n cek jarum pelampung/ ventilatornya mungkin ad kotoran yg nyempil disitu shingga mmbuat bensinyanya netes, trus klo sudah setelan pilot screw / setelan angin karbunya disetel 2 3/4 – 3 putaran penuh biar strter wktu pagi lbih gampng :D

  51. Ijai mengatakan:

    Oh gitu ya mas,tp d kota ane ga ada yg jwl mas.maklumlh kota kecilpernah jg ane cari tu lidah tensioner sama stut tensioner yg ygp d ibu kota provinsitp ga ada yg jwl mas.pernah jg mau beli d beres yamaha berlogo 3s.tp kty ga ada,harus inden dulu tp yg sempat ane tanyakn cuman hrg stut tensionerx aja d situ hrgx 275rb ap bnr sgitu mlhn ane d suruh titip uang sgitu,tp ane ga jd beli mas.kalau rumah kampas koplingx kmaren itu msh bgs, tp kn ga tau jg kalau pas dbongkar lg nanti ap msh bgs.satu lg mas yg mau ane tnyakn stut tensioner ymh burhan 2p2 apkh lbh bgs dari stut tensioner ymh vega lama 4st.okemasbro trimakasih salam yamahalovers.

    • kenthoet mengatakan:

      wah klo hrga stut kamrat ane juga kurang paham masbro, stut jupie 2p2 sudah model otomatis mas jdi lebih prktis dibnding stut punya e vega lawas yg semi-otomatis :D

  52. mandiri motor mengatakan:

    makasih mz bro info,y.salam kenal dari mandiri motor bengkel baru di asrama haji donohudan boyolali.

  53. Ijai mengatakan:

    Masbro misalkn ane ganti kampas ganda apakh harus sama rumah gandax,kn kmaren sdh ane sebutin segitiga rumah gandax dtambh besi pake las,trus lg masbro kalo bongkar yg begituan oli mesinx harus di isi brp?…800ml ap 1000ml.

  54. Ijai mengatakan:

    Tp syg masbro tempat ane luar pulau jawa,kalo saja deket ane kasih sm masbro aja untk pengerja,anx.tp skarng ada bengkel deket rumah ane kebetulan ane kenal tu orang bengkelx mantan kepala mekanik beres yamaha d kota ane,alhamdulilah orangx welcome banget,jd enak boleh nanya2 dulu baru janjian kpn d kerjakan.contoh ni masbro 2bln yg lalu ymh vega ane hbs dbw jalan jauh esok hrx dstarter ga mau hidup tp d selah mau hidup tp membrebet/ga bisa stasioner masbro trus ane bw kbengkel langganan ane,ane d suruh beli coil baru,trus ane beli yg asli 4st shrg 60rb dpasang 1hr bgs tp ga bisa starter.k,esokan hrx ga bisa stasioner lg trus ane tanya kbbrp bengkel ktx hrs ganti cdi tp ane kurng percaya.pas kbetulan ane pulang krumah ane liat tu bengkel baru deket rumah ane sdh buka ane tanya2 sama orang bengkelx,esok hrx ane srahkn sama orang bengkel itu.mantan kepala mekanik beres yamaha. trus d cek smua jalur pengapian akhirx ktahuan yg rusak itu spul/stator assy komplitx.ane beli tu stator komplit YGP shrga 380rb.trus d pasang lg coil yg lama coil yg baru ga jd kepakei,akhirx lngsng bisa starter.stasionerx juga enak.masbro untung ane blm smpat beli cdi.skrng ane jd kurang percaya sama orang2 bengkel yg otodidak.kalo orang bengkel beres yamaha okelah.masbro punya kenalan ga d kal-sel,mungkin sesama orang beres yamaha.mksh masbro kompirmasix.

  55. kemajuan45 mengatakan:

    matur nuwun sanget mas brooo….

  56. Ijai mengatakan:

    Nanya masbro vega lama ane kn udh os0,25 jdnykn diametrnya 49,25 trus kalo dibikin os100 ap benar tu piston jupiter burhan standar bisa d pasang k vega lama punya ane.katanya diameter piston jupi burhan itu 50,brp gitu.trus apkh boros bbm.

    • kenthoet mengatakan:

      piston burhan standr / os 0 itu 51mm mas , jdi klo vega lama pke piston jupie burhan stndr kubikasinya akan naik jdi 110cc :D , klo masih dibawah 125cc masih irit kok mas klo dipake harian mnurutku IMHO

      • dodi mengatakan:

        Harga klaher cvt ama rumah starter mio sporty brp ya mas?,,,kira” mas punya rekomendasi bengkel yamaha khususnya matic yg bisa dipercaya,,,mksh sblmnya :D

      • dodi mengatakan:

        Harga klaher cvt ama rumah starter mio sporty brp ya mas?,,,kira” mas punya rekomendasi bengkel yamaha khususnya matic di bandung yg bisa dipercaya,,,mksh sblmnya :D

      • kenthoet mengatakan:

        Wahh klo hrga part ane gk hafal bro

  57. Ijai mengatakan:

    Nanya masbro ymh vega lama ane kn seri 4st trus kalo subtitusi part yg seri 5er bisa ga masbro.

  58. Ijai mengatakan:

    masbro ymh vega ane kn seri 4st trus kalo subtitusi part yg seri 5er bisa ga masbro.

  59. isang mengatakan:

    mas bro mau tannya lokasi bengkel masbro mojosari mana kasih alamt nya donk. email in mas bro low ngak kbratan ya d umum in d speker musolah. hahahaha (sekedar guyonan mas bro) Thanks mas bro salam knal. @arek krian

  60. Kutuy mengatakan:

    Mas kenapa ya ane kan pake Mio 2006, ada kendala kek gitu suara mendecit. Udah ane coba bawa ke bengkel katanya V-Belt udah jelek, yaudah saya ganti. Tapi masih tetep ada suara mendecit setelah V-Belt diganti, saya coba lagi dibawa ke bengkel katanya Mangkuk nya udah jelek. Si tukang bengkel ganti mangkukannya tapi bukan pake mangkuk yang orisinilan, setelah itu si tukang bengkel ngetes motorna masih ada suara mendecit terus dia cek lagi katanya lahernya musti diganti juga, setelah diganti gak kedengeran lagi deh suaranya. Tapi setelah 2-3 hari itu motor sering ane pakek jalan – jalan jauh seharian terus suara mendecitnya muncul lagi deh, apanya yah yang musti ane ganti lagi? Bingung jadinya.
    Ini udah ane ganti V-belt, Mangkuk, sama Lahernya. Tolong bantu gan :'(

    • kenthoet mengatakan:

      cek gerakan pulley sekunder nya lncar gk mas? atau seret?? trus klo bisa mngkok kopling gnda nya pke yg stndrt/ ori az masbro … trus coba az trik diatas di aplikasiin di mngkok gandanya masbro brngkali bisa ilang suara ‘curut’nya :D

      • Kutuy mengatakan:

        Mas masalah mendecit belum selesai, muncul masalah baru. Masalah ini berawal dari Busi yang udah tua kena karatan juga gosong awalnya terasa itu masalah pas ane jalanin motor tiap ane gas tapi tenaganya itu serasa berbeda mas, tiap perjalanan sering amti sendiri kaga isa distarter gitu kaya mesin yang masih dingin. Lama kelamaan itu motor tenaganya lemah banget sampe2 muncul suara2 gitu di knalpot. Terus ane beli businya ke bengkel terus ane ganti, udah diganti keadaannya gak kaya sebelumnya. Tapi pas ane pake jalan2 kira2 1 KM ko masih tetep gitu ya tenaganya makin berkurang dari biasanya, sering mati juga mesinnya padahal busi udah diganti.

      • kenthoet mengatakan:

        skrng odometer motornya dah nyampe berpa km masbro?? mngkin nih ya, motornya masbro it sudh wktunya servis besar buat bersihin karbon2 yg mnumpuk didlm ruang bkar.. n cek juga filter udra, sebab klo kotor bkin akselerasi jdi mbrebet n boros

      • Kutuy mengatakan:

        Mas masalah itu dah kelar, makasih infonya :-)
        Tapi sekarang ada kendala lain mas, waktu saya pake tuh motor dengan kecepatan penuh soalnya waktu itu jalanan enak banget lagi kosong, pas lama kelamaan muncul suara gesekan gitu mas, bikin kaget. Pas disana saya paksain tuh motor, pas saya coba buka bagian v-belt, ternyata kipas yang menjepit vbelt sebelah depan itu habis mas, pasti suara yang saya maksud itu suara gesekan kipas itu, itu apa ya namanya? Curiga saat saya ganti v-belt ke bengkel masangin itunya kurang benar mas jadi gitu, kalo mau beli gituannya kira2 berapa ya mas? Nih gambar benda yang saya maksud https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSE0pNZAjGPdr3Fe1bntmjHgDbBFHk9oID-Zd_JWqP_oW2EjQSELA

      • kenthoet mengatakan:

        waduhh klo harga2 sprepart ane gak hafal masbro., mnding masbro lngsung meluncur sja ke katalog online Yamaha, disitu lngkap kok ada gmbar sprepart n harga2 nya :D

    • Kutuy mengatakan:

      Mas maaf nih banyak nanya, ane kan pake mio cw 2006, nah gmna yah kalo mau nambahin speednya? Ganto Roller ngaruh ga mas? Mio ane juga boros banget mas, knp ya? Harus diapain ya supaya bensinnya irit gitu.

      • kenthoet mengatakan:

        klo yg dignti cuma roller atau bagian2 yg ada di CVT itu gak nambah speed mas, tapi cuma mindahin power az, istilahnya kalo d motor bebek itu cuma gnti final gir nya sja ,mau akselnya nampol yo pke final gear yg ringan , klo mau napas nya pnjng pke final gear yg berat , jdi klo mau nmbah speed yo mau gak mau harus pke jurus boreup / kohar ,,, wahh mio nya udah nempuh berapa kilometer masbro :?:
        sudah pernah di srvis besar?? klo belum pernah lbih baik diservis besar dlu masbro, buat bersihin kerak2 yg ada di ruangbakar ,krna itu jga bs bkin mtor jdi rakus bbm

      • Kutuy mengatakan:

        Wah gitu ya, kalo soal kecepatan udah nembuh berapa2 nya aku kurang tau mas, belum pernah servis besar tuh cuman waktu itu pernah juga cuman servis karburator ke bengkel kecil mas. Oya knp ya ini motorku ga bisa nyala mas, meski udah dikontakin tapi keadaannya seperti belum ngontak gtu, kan biasanya kalo dah dikontakin minimal klakson ama listing juga berfungsi tapi ini ngga disla juga gak bisa

      • kenthoet mengatakan:

        coba cek tegangan aki mas, klo dibawah 12 volt yo gk kuat buat nge-sein trus cek jg sekering n rumah sekeringnya msbro mungkin kotor/putus shingga gk bisa mgalirkan arus listrik k kontak

  61. wiwin mengatakan:

    Mas saya pakai mio j injection 2012 km 9000an
    Gejalanya pada saat mau jalan awal agak sedikit bergetar pada cvt. Setelah cek ke yamaha ktnya mangkok ganda harus diganti krn lapisan dlm terkikis dan ada rongga juga..
    Apa memang hrs diganti atau bs pakai cara mas kenthoet..tks

  62. Akram mengatakan:

    Om Kenthoet.. Ane mo nanya nih.
    Mio ane standar, ane mo ganti per CVT kira” enaknya pake ukuran berapa nih OM dan merek apa yg bagus, Ane pake Roller ukuran 8G-10G. Tolong masukannya ya Om. Makasih ya.. :)

    • kenthoet mengatakan:

      kalo mesin masih stndrt mndingn pake per cvt stndrt tpi diganjel 3-5mm masbro, ngganjelnya bisa pake O-ring tutup klep bekas yg udah getas / keras , 3-4 buah sja.

  63. Buntaran adi sunu mengatakan:

    Salam kenal bro. pencerahan buat ane yg newbie soal motor. moga makin banyak tips dan ìnfonya. gak lupa masbro moga makin banyak pahala dan rejekinya. amien…

  64. plz.fixme mengatakan:

    Mas, vario ane pada area cvt nya bunyi berdesing saat gasnya ditutup/kecepatan motor melambat/mau berhenti, tepatnya kayak bunyi siulan yang smakin merendah saat kita tutup gas, kira2 kek gini : “siuuuuuuuuuuw – nada merendah” susah amat sih jelasin suaranya, bunyinya senada dengan pergerakan motor yang melambat dan juga nyaring..
    Ini yang rusak bagian mana nya ya mas kira2? rusaknya setelah buka pasang pulley belakang pakek obeng ketok di bengkel dekat rumah.

    • kenthoet mengatakan:

      coba di cek kondisi oli gear box nya dlu masbro, brngkali udah jelk / berkurng volumenya soale klo kyk gtu jg bisa mnimbulkan suara mndengung di daerah cvt .

  65. arief mengatakan:

    Mas Brow, saya mau nanya,,, gmn cara bkin tarikan mio jd ringan, soal’y mio sproty thn 2010 saya tarikan’y berat Mas Brow, alat apa saja yg hrs diganti????

    • kenthoet mengatakan:

      kalo yg umum dilakukan ya gnti roller yg lebih ringan dri stndrt , bisa pake ukuran 8 atau 9 gram . n jgn lupa perwatan cvt jg perlu sperti penggantian grease cvt secara berkala setiap 15rbu km agar gerakan pulley tetap lancar trus jgn lupa cek juga sil dan o-ring pulley sekunder , kalo emg rusak/ bocor mnding gnti baru agar grease / vet cvt tidak moncrot2 kemana2 soale bisa bkin selip :D ,

  66. beyz mengatakan:

    gan numpang tanya nih..
    kalo rongga di mangkok ganda di tutup nya pake lem korea kira kira kuat ga yah ?

  67. n3w4ndy mengatakan:

    Bro, mau tanya neh… As yg di pulley mio sporty 2009 (Yg keluar dr gearbox) emang aslinya goyang ya? Spelingnya banyak soalnya… kata mekaniknya sudah di ganti bearing juga, tapi tetep aja goyangnya banyak. Lha sekarang rencana mau bongkar cvt lagi, soalnya wes gak gredek2 lagi, tapi udah glodhakan di putaran bawah… curiganya sih seal nya sama mangkoknya… kalo seal sama bearingnya ukurannya berapa ya bro? Mumpung lagi mau bongkar, jadi ya belanjanya sekalian aja biar gak wira wiri… Hehehehehe…
    Thank You Bro…
    Cepet Balesnya ya bro… Biar cepet belanja, bongkar, beres… :lol:

    • kenthoet mengatakan:

      setahu ane c ada spelingnya mas, tpi dkit CMIIW , nah kalo ditanya brpa ukuran seal sma bearing nya mohon maaf ane sendiri gak hafal masbro :roll: , soale ane biasanya bongkar dlu trus cek nomor bearing/sealnya bru belanja :D , n gak pernah ngapalin :lol:

  68. dicul mengatakan:

    maz mau tanya.. Pulley belakang milik nouvo atau beat karbu, bisa di aplikasikan pada mio j gk..? Dan apa yg haruz dirubah..

  69. muhamad mengatakan:

    sip

  70. Ikhie Samper Btavo Felix (Mioebeijing) mengatakan:

    MAs Bro NuMPaNG TaNYa.,,,
    kalo motor gw di jalanin mau pun di dorong .
    ada suara srettt sretttttt sretttttt, dri pelek belakang,

    Tolong kasih tau mas, apa Kerusakan nya.

    • Ikhie Samper Btavo Felix (Mioebeijing) mengatakan:

      MAkLum Baru PUNya MotOr MIO.

    • kenthoet mengatakan:

      motor nya mio ???
      itu klo nggak slah suara dri bgian gearbox masbro , coba cek oli girbox nya , klo mnurut ane suara itu normal kok masbro, coba masbro klo ketemu motor mio yg lainnya coba stndr tengah trus puter ban blkang nya pasti bunyi kyk gtu jg…

      • ikhie SamPer mengatakan:

        sUaRa Nya KayaK gesKan GItu mas,
        BiSIng BaNgeT SuaRa NYa MAs.

        Lain DarI motor Mio LaiN Nya .

      • kenthoet mengatakan:

        coba cek laher / klaher yg ada di tutup cover CVT bgian dlam n yg ada di blam girbox nya masbro , brngkali lahernya ad yg “oblak” shingga timbul suara brisik IMHO

  71. yoyok handoko mengatakan:

    brow q mo tnya ne.
    knpa y mtor mio q tiap melaju dgn kcepatan 70km/jm ke atas selalu getar.n semakin kenceng,getaran nya semakin besar dr CVT nya.trims brow

    • kenthoet mengatakan:

      kalo boleh tahu kampas sentrifugal n pulley sekunser mionya masbro masih pake yg orisinal kan ??? agak pake yg imitasi kan ??? soale klo pke yg imitasi biasanya timbul getaran di kecepatan diatas 50 Km/j atau bisa juga krena v-belt yg mulur atau kendor-kencang CMIIW

  72. dicul mengatakan:

    kalau pulley otmtiz milik beat gmn brow? Bisa di pasang di mio j ndak ya..?

  73. yadi mengatakan:

    mau share ni mas broo,,, kasusnya mungkin sama dngan mio yg lain (masalah CVT),, kalo bunyi CVTnya ngerolok bukan bunyi nyricit itu apanya ya… kejadian ky gitu kalo motornya udah jalan tp kalo waktu start awal kedengannya mulusss…

    mksh sblmnya mas brooo/……

    • kenthoet mengatakan:

      mngkin bisa karena laher yg ad d girbox udah oblak/rusak atau bisa sja bagian pulley sekunder yg greasenya sudah hbis/kering shingga timbul suara kasar saat brputar krna tdk adanya pelumasan IMHO CMIIW

  74. yadi mengatakan:

    mas broo kalo CVT mio J teen dgn Mio CW 2011 Kira2 Sama gak ya,,,,,

  75. Gondrong mengatakan:

    Mau nanya mazbro, selama pake roller 12 gr + ganjel sil klep 3 biji ada pengurangan akselerasi (secara feeling) ga? Dibandingkan waktu msh pake roller standar.

  76. Tukang Ojek mengatakan:

    Mau nanya nih mas,
    Kalo pelg matic yamaha kenapa sering geyal-geyol ya? rusak apanya maksud ane……
    apakah emang velgnya kurang mumpuni ya??

    • kenthoet mengatakan:

      wahhh mnurut analisa ngawur saya mngkin mudah geolnya velg metik yamaha krna ban yg dipake metik yamaha terlalu imut n shockbreaker yg “keras” depan n blakangnya , jdi sekali hantam lobang pelek jdi “korban”nya IMHO lho ya , soale sya sendiri punya mio 2010 n ban nya udah tak gedein pake ban stndrt e suzuki skydrive ,pernah 3x hantam lobang gede ternyata gak geol :D

  77. mohammads dany mengatakan:

    masbro knpa y motor mio aq g ada tenaganya d putaran bawah ? padah cvt uda ok pke alat baru piston uda naik os 0.50 tetpi tnganya ttep jlek bkan lbh bagus, mohon pnjlasanya yang rinci apa z yg hrs aq cek lg ?

    • kenthoet mengatakan:

      coba per cvt nya di ganjel mas bro biar agk keras n gk letoy, ganjelnya bisa pake karet o-ring tutup klep bekas (yg udah getas n keras) sebnyak 2-3biji , hemat tpi lumayan ampuh IMHO
      n coba celah klep nya dibkin agak renggang klep intake 0,10mm n exhaust 0,12mm trus setelan krbunya 3putaran penuh :D

  78. Ali Bahars mengatakan:

    bro aq pake mtr beat ,roller n cvt dah ganti racing ,tp laennya msh standart ,cm akhir2 ini.timbul suara mendecit kyak ada yg kering di bagian ganda,pdhal smua bering udah aq lumasi pake stempet .n msh bagus smua.biasanya timbul bunyi saat berhenti ,tp kl pas jalan gak seberapa terdengar.

    • kenthoet mengatakan:

      cvt yg bgian mna az nih mas bro yg udah dignti sma produk “resing” klo boleh tahu :?: tpi jujur sja masbro klo ada keluhan soal bunyi2 aneh didlam mesin/cvt gtu susah menganalisanya klo gk dengerin suaranya secara lgsung :roll:

  79. DeLu Vinders mengatakan:

    setelah di baca dari atas pe ujung bwah, jd tertarik nanya, solusi pake pelk 17 biar lari n tarikan awalnya enteng gmn, soalnya mio yng di rmh jd ngden pke pelk 17. mohon pencerahannya.

  80. Brittain mengatakan:

    Kalo boleh tw Buka Bengkel ga bang ??? kalo buka di mana ???… TQ.

  81. gito mengatakan:

    lem besi nya kalau kenak panas apa nggak ucul tu bro,trus fungsi ne opo rek,,?

  82. rhyo_skw mengatakan:

    med..malam..mas2bro..
    mtor..ane..mio..2008,prmasalhan..mtor,.ane..berat..tarikannya..feling..ane..pasti..d..setelan..klep..n..karburator…
    kira2..setelan..karburator,,yg..mantep..gmana..yaa??makasiih..sblumnya…

  83. rhyo_skw mengatakan:

    ocee.makasih..kang.bro..
    satu.lg.ane.nnya..kalau.ganti.kampas.kopling.n.mangkoknya.kira2.brapa.yah???trus.kalo.misalkan.pake.per.cvt.yg.1500rpm.bsa.cpet.rusak.gak???makasih.mas.bro

    • kenthoet mengatakan:

      mangkok ganda mio hrganya skitar 170an n kampas sentrifugalnya 230an masbro
      klo mesin masih stndrt mendingan pake per cvt stndrt sja , klo pengen agak keras cukup dignjel pake o-ring bekas tutup klep mio ( inget yg bekas bukan yg baru) sebnyak 2-3 buah sudah ckup kok… IMHO

  84. rhyo_skw mengatakan:

    oh..ya..kalau..pake..roller.yg.entengan.brpa.gram.yah??punya.ane.msih.stndar.mw.gnti.yg.agak.entengan.gtuu..
    trs,emg.katanya.kampas.kopling.beat.bisa.masuk.ke.mio.yah???
    makasih.maaf.nih.bnyak.tanya..kan.malu.bertanya.mogok.di.jalan…hahahahaha

  85. Asep Zulfi mengatakan:

    Mau tanya donk ?
    kalu satu set yg ada mangkok kopling nya itu apaan namanya?

  86. dodomacho mengatakan:

    om,ikutan gabung dong,sekalian mo tanya masalah d cvt metik,klo suara kasar (rororokkkk) wktu mesin stasioner tp klo di gas agk mendingan suaranya,itu apanya y om? mtrnya mio 2006 salam kenal.trm”z

    • kenthoet mengatakan:

      waduh mas klo maslah suara2 aneh gtu klo gk dngerin scara lngsung susag identifikasinya (halah bhasane :lol: )
      ,, tpi itu suaranya timbul di bagian depan (pulley primer) atau cvt bgian blknag ( pulley sekunder) :?:

  87. Rega Prayudha mengatakan:

    Agan permisi saya mau nanya, itu kalo di kasih dextone kira – kira tahan berapa lama? Nah kebetulan juga saya motor bore-up’an gitu masalahnya, jadi pertama udah pernah nih pake lem super glue tapi kendalanya bunyi lagi setelah 1 hari. Nah yang ke dua saya las, nah bunyi lagi 1 hari kemudian, nah kalo misalnya pake dextone ini kuat berapa lama ya? Thanks!

  88. mustofa mengatakan:

    siang mas bro, mio ane udah minggat tikusnya, misalkan lapisan mangkuknya di buang gmana ?? mator swon

  89. bagus eka mengatakan:

    mas,mau tanya nih,aku baru tuker tambah nih sama dari mio jadul ke mio j teen yg baru :P nah daerah rumahku dibandung itu termasuk ke daerah yg tanjakannya agak sedikit ekstrim,pas motor baru dateng trus aku pake motor muter2 (boncengan) tiba2 motor ga kuat nanjak trus keluar asap putih dari blok cvt,itu yang terbakar apa ya mas? tapi setelah itu,besoknya motor normal lagi ga ada yg aneh2 tenaga juga ngga hilang. mohon pencerahannya ya mas. terima kasih.

    • kenthoet mengatakan:

      asap itu karena kampas ganda nya ‘terbakar’ n selip mas, itu karena beban kerja yg d trima cvt terllu berat,,, IMHO
      klo daerah rumah sampeyan bnyak tnjakannya mnding pake roller yg lebih ringan dri roller std , misal pake 7gr / 8 gr biar mesin cepat ‘teriak’

  90. sugianto mengatakan:

    mas kalo motor mio di gas kencang tapi ban belakang tidak muter apa itu van beltnya putus??apakah ada penyebab angin2nya dibawah yang ada selangnya tersumbat?terima kasih

  91. mustofa mengatakan:

    mas bro, mio ane udah minggat tikusnya, misalkan lapisan mangkuknya di buang gmana ?? mator swon

  92. andi mengatakan:

    gan saya baru ganti cover cvt punya nuvo ke yamaha mio ane, tapi saat dah dipasang kick as starter/ askruk starter nya gak cocok atau gak bisa gmn gtu, sampai bunyi sreengggg !! apa perlu diganti gan atau as kruknya mio ane gak cocok ke cvt nuvo ? atau apa saja yg diganti saat mau ganti cover cvt nuvo ke yamaha mio ane gan ? biar bisa di starter manual atau di engkol gtu, hehehe, makasih gan (y)

  93. Banyu Galak mengatakan:

    oya mas brooo….ane mau tanya nich,,,
    kalo mio j bunyi suara ciiiittttt,,,,saat ane mau tambah gas apanya yah?

  94. ernezto mengatakan:

    gan,mau tanya mio ane klo di bawa rada kenceng bagian cvt bunyi nya kasar dah gtu ga nambah lagi lari nya klo gas nya di turun in bunyi nya alus lagi..
    itu apa nya ya gan?

    • kenthoet mengatakan:

      coba dicek kondisi pulley sekundernya masbro, n cek juga laher yg ada di cover cvt

      • Vanskate mengatakan:

        pulley sekunder itu kampas ganda ya gan?apa nya aza gan yg di cek?bagian rasio jg gan?soal nya klaher yg di rasio sama Ass nya ga peret gan..
        sebelum nya klo dibawa boncengan motor getar nya parah gan klo jalan nya pelan..
        laher yg di cover klaher yg di bak cvt ya gan?
        ada no tlp ga gan,biar nanti ane tanya2 pake SMS aza.

      • kenthoet mengatakan:

        coba cek kondisi sliding sheave nya mas , mngkin udah “oblak” gar2 kurang pelumasan / perawatan nya ,
        getar itu bisa karena sil di sliding sheave yg bocor shingga grease/ vet/ stempet bocor n muncrat2 ke bagian kampas ganda sehingga mngakibatkan selip n getar….

      • Vanskate mengatakan:

        jadi buat sementara perika sil sliding sheave nya dulu ya gan klo dah jelek ganti tapi nanti klo dah ane periksa+ganti klo masih begitu kira2 apa nya ya gan?
        abisan klo sendiri ga bergetar tapi klo berdua baru bergetar..
        sebelum terima kasih banyak gan,semoga Tuhan balas semua kebaikan agan

      • kenthoet mengatakan:

        sil n o-ring nya seklian mas , trus jgan lupa greasenya juga, n klo bisa bagian kampas n rumah kopling sentrifugal sllu bersih dri debu biar gak geatr klo akselerasi

  95. pablogondes mengatakan:

    untuk performa motor vario saat mudik komponen apa aja yang perlu di sting untuk mendapankan akselerasi dan performa yang kencang mengingat jarak tempuh cukup jauh.tanks

  96. ifan afandi mengatakan:

    Sip (y) ..

  97. Arif mengatakan:

    mio ane jga bunyi ciit..cit.kek clurut.hha
    btw tu lgsg dpasang ya stlh dilem celah/rongganya? ga usah dbersihin klo da yg luber dri ssa lemnya?

  98. efriadi mengatakan:

    mas bro, ane punya mio soul gt nie, biasalah masalahnya ada curut di belakangnya, rencana ane pengen ganti belt sama roller, tapi punya mio soul yang lama, itu cocok gak ya,

    mohon pencerahanya mas bri, mkch

  99. ahmad mengatakan:

    lemnya awet berapa lama brow..

  100. icha mengatakan:

    Mas, aku mau tanya.. Motorku xeon RC, sering bunyi berdecit gt (kayak suara tikus) saat di gas.. Makin tinggi gas nya makin besar suaranya.. Itu kenapa ya? Pdhl motor baru 3 bulan. Sebelumnya jg bunya seperti itu dan udh dibawa ke bengkel yamaha, tapi skrng bunyi lg..
    *maklum ga ngerti motor tau makenya doang* hehe

    • kenthoet mengatakan:

      mungkin itu bunyi nya berasal dari karet sil laher tromol depan bagian kanan (kasih grease /vet / gemuk …beres)atau kalau gak gitu dari bagian piringan cakram yg bergesekan dengan diskpad/kampas rem ( tinggal bersihkan debu/kotoran pake angin bertekanan). IMHO CMIIW

      • hendi mengatakan:

        mas bro mw tnya donk mtor ane mio soul th 2011… ane pnya masalah g kelar neh dlw c awalnya g gtw skitar udah 3blanan terasa bngt dredeg wktu star awal sangat mengganggu,ada c suara curutnya tp kdang2 yg pling gnggu masalah dredeg’a klo d’bwa k’bngkel mekanik’a pd bilang g pa2 padahal gnggu bngt bwat ane… mohon pencerahan’a mas bro..

      • kenthoet mengatakan:

        dredeg biasanya berasal dri bgian kopling sentrifugal yg kotor , klo kotor krna debu bisa langsung dibongkar n dibersihkan , klo kotor krna grease / vet CVT yg bocor , mau nggak mau sampeyan harus ganti sil pulley, O-ring pully dan grease baru biar nggak bocor lagi IMHO

  101. hendi mengatakan:

    kemarenan blm lm saya bru gnti kanvas ganda’a blm ada 2bln waktu bru d’pasang c agak ilang dredeg’a sekarang muncul lg,tp g selalu kadang gitu lg kadang ilang…
    kalo sil fulley yg kya gmn yaa bsa d’kasih tw gambar’a g masbro…

  102. bagoes pribadi mengatakan:

    Mio saya ada bunyi ngeretek apa nya yaa daleman nya pake roller 7 gram ma 8 gram di oplos (kawahara) terus per cvt pake punya (TDR). Vanbelt pake punya (kitaco) , terus kampas otomatis make punya (kawahara) kok ada bunyi ngeretek apa nya yaa ? Mohon bantuan nya makasi…

  103. hendi mengatakan:

    ok thx bngt info’a mas bro…

  104. wawan juna mengatakan:

    trimakasih infonyA…

  105. wawan juna mengatakan:

    makasih mas bro..

  106. Feri mengatakan:

    Mas ane punya mio fino baru, ko kalo dipake udah panas kaya bunyi suara ngeletek kaya klep kendor, solusinya gimana mas? Thanks :)

  107. ryan mengatakan:

    mas mohon infony..mio sporty saya klw waktu di engkol ada suara ciit,,,,,,,,,pada mesin belakangnya,mhon solusi ny mas,,mksh…

  108. agung mengatakan:

    kalo sekunder sliding oblak apa bisa bikin suara brisik kaya klahar kering

  109. iyan mengatakan:

    makasi bangat sukses selalu ilmunya sangat bermanfaat khusus buat pengguna metic..insya Allah saya akan coba tips ini

  110. sandy mengatakan:

    semoga bnyak yg menyukai tips anda mz bro,.,., :)

  111. Alderyl mengatakan:

    Misi agan2..
    Numpang tanya nih.. :D
    motor ane nouvo taon 2002,nah.. Masalahnya: selama ane buka penutup atas cover CVT ane dan telat ganti oli gardan tiba2 motor ane bunyi “srrttt..” bunyix cukup keras dan getar2., dan tiap km 40-60 bunyi suara ciittt2.
    Mohon pencerahannya gan.
    Thankz sblumnya.:D

    • wanwan mengatakan:

      fino ane standar , PJ and MJ nya pngn ane ganti , ukran berpa sih yang pas untk FINO standar ane tlong pncerahan nya AGAN :D , 1 lagi ane juga mau ganti roller , roller yang ukuran berpa yeh yang pas , jadi motor lari nye NGACIIRRRRR !! :) :D Thanks agan ;)

    • kenthoet mengatakan:

      klo tutup cover atas CVT dibuka memng suara CVT akan terdngr lebih keras,,, klo mnurut ane itu normal ,,,
      klo bergetarnya mngkin karena permukaan kampas ganda n rumah kopling ganda nya kotor mas , sebaiknya segera di bersihkan ,,,,
      klo suara mendecit yg timbul di kecepatan 40-60 mngkin pelumasan/ vet/ grease di bagian pulley sekunder udah kering/ wktunya dilumasi lagi IMHO CMIIW

  112. alderyl mengatakan:

    Gan tlong d jawab donk..
    Pertanyaan aq yg d atas tdi. -_-

  113. alif mengatakan:

    gini mas,mio saya da 2 hari bunyi gituan,mgkin penyebabnya harus ganti kampas gandanya ya!soalnya nih mulai baru ampe sekarang lom pernah ganti.rencana mo tak belikan punyae beat,mantab ya boz….
    trims infonya,mohon sarannya

  114. hendi mengatakan:

    mas bro ane mw tnya donk ane bru ngangkat mio soul 2009 suara cvt’a berisik bngt klo ane dngerin c suara’a dr daerah gir gardan klo jln pelan g da suara’a tp klo udah mulai kenceng suara’a kya laher pecah padahal ane udah ganti laher gardan yg udah pd oblak tp ternyata suara’a msih ada…
    ganggu telinga banget mas bro tlong kasih pencerahan mas bro makasih…

  115. iwe indrawibowo mengatakan:

    gan suzuki nex ane bnyi krek krek keras bgt pda area cvt itu knp y

  116. Ifan mengatakan:

    Mas bro nanyak nihh .
    Kalo roda belakang
    diputer keluar suara kasar itu kenapa mas pulley blkngnya pdhal baru ganti ?

  117. Ifan mengatakan:

    Kalo roda belakang di puter keluar suara kasar itu knp mas bro ?
    Padhl pulley belkng baru ganti .
    Motor ane mio soul thn 2008

  118. Allan Maulana mengatakan:

    apa iy itu masalhy mas bro,, pnya saya mio j blom ada sebulan baru 700km udah bunyi krik2,,, kata org dealer normal (normal palak bapaknya itu normal jelas2 bunyi)

  119. Bias72 mengatakan:

    Mantafff ilmunya Om…suwun

  120. Susanto mengatakan:

    Gini mas bro,gue kan punya mio soul gt t,tp ada bunyi kaya curut,nah q kira it karet panbel’a,stelah q ganti yg bru emang c awal’a gk bunyi lg.tp stelah di pake beberapa hr bunyi lg,it karna karet panbel’a yg kendor atau emang kampas ganda’a,ok tq

    • kenthoet mengatakan:

      bunyi curut setahu saya biasany berasal dari bgian rumah kopling ganda nya mas,silahkan saja masbro coba tips diatas mngkin bisa menghilangkan curut di CVT mio nya masbro

  121. Susanto mengatakan:

    Ow iya mas bro ada yg ketinggalan,
    truz kan mio q cuma q pasang 4 biji,tp kok buat angkatan kaya geter dh,tp c kalo udah jalan gk mas,it karna roller’a cuma q pasang 4 atau gmana ya,truz apa iya mas kalo roller 3 di pasang yg 7 gram sama yg 3 lg di pasang yg 8 gram it ngaruh sama lari ya mas. . .

    • kenthoet mengatakan:

      getar pas akselerasi awal biasanya di sebabkan adanya kotoran (debu/grease) dibagian kopling sentrifugal dan rumah kopling , sehingga ketika kopling mulai mengembang / mengkopel terjadi selip yg berakibat timbulnya getaran IMHO CMIIW.
      pasang roller 8gr rata saja ,, akselerasi lebih ringan tapi topspeed sedikit brkurang

  122. Aghe mengatakan:

    Mas brow sya mw tanya ni..
    Sya punya mio soul..
    Pi suara bagia CVT yg d bagian loller ya berisik kaya suara besi d gesek..
    Tolong kasih tw mas brow apa ya yg menyebabkan suara itu..

  123. jamal mengatakan:

    malam mas gimna kalo gandanya pakem sama rumah kampasnya biasanya di stater langsung jalan

    • kenthoet mengatakan:

      itu bisa karena rumah ganda yg peyang atau karena karet damper kampas ganda yg “bermasalah” , coba dibongkar saja buat memastikan sumber permaslahannya

  124. jamal mengatakan:

    sampe” rodanya nga bisa di puter bro

  125. David mengatakan:

    bos, tanya dunk,
    mio ane, klo belom jalan s/d kecepatan 40 ga berisik
    tapi klo 40-60 ko berisik banget, (kaya suara sawangan burung dara) he..he..he..
    awalnya katanya gara2 mangkoknya uda tipis, ane uda ganti 1 set secondary. masih bunyi juga
    tapi ada juga yang bilang karena laher di gear gardan (yg belakangnya pully) itu uda aus
    yang bener yang mana ya bos….
    thanks

  126. ardy mengatakan:

    saya mau tanya utk yamaha mio j.. kadang streng ny sering selip itu masalah nya apa ya mas,,….

    makasih…

  127. hendi mengatakan:

    ane dah ganti laher smua gan tp suara dengung ttp ada apa’a lg ya gan???
    mlah soul ane yg satu lg dah ada gejala dengung…
    tlong solusi’a gan…

  128. hendi mengatakan:

    oke nanti sya cba d,,,
    apa mungkin harus ganti gigi rasio 1 set ya bro???
    klo dengung aja c g terlalu ganggu cm klo suara laher kering itu yang ganggu waktu nurunin gas sdikit2…
    sya gnti semua laher’a sih ada perubahan gak terlalu berisik tapi tetep ada suara brisik’a…

  129. ALdy Chintha Dammaii mengatakan:

    gan ane punya mio j ,klo bunyi tek-tek di kipas itu kira” keapa a ,, end biar gak bunyi lagi gimana ya gan ,,, monggo di bantu yo gan ,,,

  130. ALdy Chintha Dammaii mengatakan:

    gan ane punya mio j ,klo bunyi tek-tek di kipas itu kira” kenapa ya ,, end biar gak bunyi lagi gimana ya gan ,,, monggo di bantu yo gan ,,

  131. putera mengatakan:

    Kalau yg bunyi krik..krik.. dari kaliper rem cakram karena apa itu mas Joe?
    Aku amati kok disamping discpad ada plat seng, apa bunyi krik..krik.. berasal dr plat seng tersebut ya??

  132. miosh mengatakan:

    nanya brio

  133. miosh mengatakan:

    broo ane punya mio tahun 2009 ada masalah di bagian belakang CvT pada mangkok ganda terdapat benjolan boso jowone ndekok2 apa pengeruhnya terhadap akselarasi awal,tapi yang ku rasakan waktu tarikan awal selalu ndredet

  134. ari agusman mengatakan:

    terima kasih info nya

  135. VjUmar Rudin mengatakan:

    sory gan anemau tanya suara ngorok pada yamaha fino gimana cara ngilanginnya yah thankz gan

  136. amir smile love mengatakan:

    om ane mau tanya nih ane punya mio j tahun 2013 ane punya permasalahan sama si sexy ( nama mtor kesayangan ) pada pembukan gas awal slalu aja brebet kya mau mati trus tenaga juga kurang abdol trasa ngeden ga kaya mio j tmn ane tenaga awal , tengah dan top jg mantep bgt trus bkn itu aja waktu di standart tengah mesin nyala tnpa di gas tp ban diem ya tp mio yg laen mau muter ?? tolong pencerahan nya om ane smp nangis bombay mikirin nasib si sexy ….trimakasih

  137. fhajar kompas mengatakan:

    mas bro klau injeksi sma jg,abizz mtorku(mio j) biasa kluarin suara gtu jg

  138. Sadeli mengatakan:

    Matur suwun infonya.
    Semoga sukses buat Mas Kenthoet.

  139. dakocan mengatakan:

    Tangkeyu mas bro atas infonya..
    br’manfaat bner nii blog nyaa

  140. Rangga Pratama mengatakan:

    mikum kang bro,, mio soul 2008 sy skr digas meraung-raung tp kagak maju2, itu kenapa ya?????? apa kanvas kopling nya habis,,, roller sudah sy ganti, v-belt jg sudah diganti,, mohon pencerahannya kang bro,,, thanx,,, wassallam,,,,

  141. candra mengatakan:

    mass broo apa gak meleleh lagi tuh lemnya kan kalo di mangkok ganda itu bisanya panas saat jalan?

  142. topan mengatakan:

    pagi gan …mau nanya neh, motor ane mio 2011 terakhir ganti v belt and roller 6 bulan yg lalu begitu udah diganti ternyata tiap pagi2 pas panasin motor bunyi kletek2 di bagian cvt ane dah tanya ke bengkel dan dah dicekc kembali tapi tetep ajah masih bunyi malahan skarang bunyinya makin parah ampe gladak gladak bunyinya trus dredetan pas tarikan petama sama kalo lagi macet itu pas di gas dredetan kaya motor mau mati…satu lagi pas dibawa nanjak suka kaya motor mau mati ato seperti ada yg nahan tarikan ato persisnya kaya kehilangan aliran bahan bakar itu knapa ya gan mohon pencerahanya gan? tanks b4

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s