Setelah beberapa juta tahun yang lalu sudah diceritaken  resiko open filter bagian yang pertama 😀 , kali ini muncul bagian kedua ,dan lagi-lagi korbannya adalah Old Piksyen hasil “tingkah polah dan kreatifitas yang kebablasan” dari anak2 abege penganut modip aliran cacing style 😈 model kayak gini ➡ vixion cacingan *gambar diatas hanya ilustrasi*

old piksyen baru warna ireng dan cacingan kelahiran tahun 2013 bulan maret , tapi odometer meter sudah nyundul 7 ribuan km (2 bulan = 7rbu km disinyalir sering klayapan nih anak) , datang ke bengkel dengan kondisi gas mbandang  , mbandang nya gak tanggung2 coy sampe 6ribu rpm 😯 , ehh baidewei sampeyan dah ngerti  belom gas mbandang itu apa ❓ gas mbandang adalah  istilah yang ane pakai ketika ada suatu kejadian yaitu ketika grip gas ditutup penuh tapi putaran mesinnya masih tinggi n gak mau turun / turunnya lama gak sesuai dengan tutupan gas ,

jadi kunci kontak On pencet elektrik starter mesin tiba2 langsung meraung 6ribu rpm ,itu kondisi gas tertutup lho ,,,trus coba ane puter2 idle screw ke dalam sampe mentok cuma turun 1000rpm doang , TPS ane stel ulang rpm cuma turun 1000rpm az,,, 🙄 ,,, dalam hati ane mbatin C*K !! apane iki ❓ lha gimana ndak bingung coba di warning lamp nya ndak memberi kode apa2 kalo misal ada kerusakan ,pake diagnostic tool yg pocket pun begitu terbaca kalo motor ini ndak ada kerusakan 🙄 *ngelu deh* ,wes daripada bingung ane tinggal az ke belakang sebentar buat cari inspirasi  eh boker maksudnya 😆 , maklum dari tadi pagi perut terasa mules ditambah dapet garapan kek begini bikin mulesnya makin tak tertahankan 😳 :mrgreen:  ,

*10 menit kemudian*

Wuiihhh… lega rasanya 😀 , setelah nongkrong sendirian diatas closed *jadi tadi ngeden sambil mikir * , akhirnya lepas lah semua beban 😀 perut jadi terasa enteng banget bagaikan seekor kupu-kupu kecil yang barusan keluar dari kempompong ,terbang bebas dan lepass  *halah* :mrgreen:  ,perut sudah normal ane pun jadi bisa berpikir dengan tenang 😀 , akhirnya ane putuskan buat bongkar n membersihkan Throttle body (TB) nya ,,

lepas sensorJesss……jessss….jessss… ane semprotin pake kompresor semua lubang yg ada di TB  barangkali ada sesuatu yang nyumpet , dah bersih langsung ane rangkai kembali sensor2 ke tempat asalnya dan masang kembali TB ke intake manifold , colokin lagi Diag tool cek semua Sensor2  n Actuator , nah pas ngecek FID dengan kode Diag D54 , timbulah keanehan pas ane pencet tombol “MODE” ,FID yang harusnya ‘berbunyi’ sebanyak 5 kali itu kali ini malah nggak merespon apa2 , ane ulangi sampe beberapa kali tetep nggak ngerespon, *mbatin* wah mungkin iki penyakit’e 😈 …… ehhh tapi baidewei dah tahu FID blom ❓ FID atau Fast Idle Selenoid itu berfungsi untuk menambah aliaran udara ke TB ketika mesin dingin sehingga mesin jadi mudah dinyalakan , selenoid akan terbuka ketika mesin dingin dan tertutup ketika mesin panas ( >70 derajat Celcius) yahh cara kerjanya mirip2 kayak choke otomatis kalo di motor karbu.. IMHO

Gak kesuwen ane copot lagi TB nya , langsung pretelin FID dari TB, colokin lagi FID ke soket nya lalu cek pake diag tool kode D54 pencet “MODE” dan jlebbb,,, bener kan FID nya diem az gak gerak blass padahal seharusnya dia bergerak maju mundur kayak ingus alay pas di pencet tombol “MODE” . ,,, langsung ane laporan kepada kepala Gank eh kepala mekanik, tindakan apa yang harus dilakukan pada FID yang macet ini 🙄

FID vixionNah ditangan pak kepala Gank katanya FID ini macet gara2 kotoran yang menumpuk sehingga bikin selenoid nya macet, lalu sama kepala Gank di tetesi bensin dibagian plunger nya lalu ditekan2 maju-mundur biar kotorannya rontok katanya , diulangi beberapa kali lalu di sembur sama angin dari kompresor, udah deh FID nya dikembaliin ke ane trus suruh nyoba dan hasilnya ketika ane test pake diag tool ternyata JOSSSS Gandhossss kewer kewerr… :mrgreen: FID nya normal lagi brohh 😀 udah bisa maju mundur lagi kayak ingus alay :mrgreen: 😆 ..

Weeehhh maturnuwun Gusti motor e wes normal lagi 😀 , ternyata tadi mbandang’e cuma gara2 FID macet  tok tho hadehhh   -_-‘ ,,,,

Oalaaahh lay alay gara2 polahmu itu bikin ane pusing az 😈 😆 tapi gak papa deh  paling nggak ane dapet pengalaman baru hari ini 😀 ,,

Woke masbro, memang setiap modifikasi yang kita lakukan pada motor pasti ada konsekuensinya, baik itu positif maupun negatif ,,, jadi kalo nggak mau motornya kenapa2 yo mending standart az ojo polah2 😆 .. cicilan belum lunas tapi motor dah rusak , opo gak ngelu sampeyan hehehe… 😆

Terima Kasih yang sudah baca 😀

Sekian,

184054_465585410131021_1051584130_n

Salam Kenthoet 😀

About Kenthoet Bore Up

pengen jadi bos, doain 😁

Satu tanggapan »

  1. gus jaya berkata:

    Yang penting penulisnya ga ikut ngalay…
    Hehehehe

    Suka

  2. kenthoet berkata:

    hahahah,,,, semoga enggak 😆

    Suka

  3. kenthoet berkata:

    woke 😀

    Suka

  4. sabartrimoyo berkata:

    Wah jangan” sama kaya motor temenku iki kasusna

    Suka

  5. kenthoet berkata:

    wah mosok om ❓ 🙄

    Suka

  6. ipanase berkata:

    motogp aja pake filter, lah ini ga pake gen ngopo jal, rusak malah ono

    Suka

  7. ndesospeed berkata:

    hahaha berat berart kpn2 tk mrono sampean servis mxq yo kang hehehe

    Suka

  8. Ari CX Rider berkata:

    Ketutupan ingus anak alay . . Xixixi :mrgreen:

    Suka

  9. tjah efbeye berkata:

    woh, rpm langsung tinggi ?
    masukin gigi langsung lompat gak ?

    Suka

  10. rusmanjay berkata:

    efek negatifnya lebih besar dari efek positifnya

    Suka

  11. Rollerman berkata:

    untung aja gak suruh ganti spare part tuh…..

    itu jadi sadar atau gak yah ttg bahaya open filter??

    Suka

  12. 46@sukses.com berkata:

    Alay nya berarti memberi ilmu bru donk..
    *pict di bwah..daaaaaaa….mpe ketemu lgi..

    Suka

  13. amadeo berkata:

    “.. cicilan belum lunas tapi motor dah rusak , opo gak ngelu sampeyan hehehe…”..

    ikiloh kalimat yg sangat mengena dihatiku….xixixixix…maklum masbro..motor blom lunas gara2 open filter njz ane jebol ngasep kmrin…hahhaha…tpi sekarang udah tobat…njz ane cuma diboreup aja….hahahah

    Suka

  14. amadeo berkata:

    “.. cicilan belum lunas tapi motor dah rusak , opo gak ngelu sampeyan hehehe…”..

    ikiloh kalimat yg sangat mengena dihatiku….xixixixix..kasusnya mirp njz ane..motor blom lunas…tpi dah ngebul duluan…. gara2 open filter hahhaha…tpi sekarang udah tobat filternya udah dipasang lg…cuma nja ane diboreup doang 125cc nyesuaian naik remaer yg 75….hahahah

    Suka

  15. kenthoet berkata:

    mungkin biar keren suaranya masbro,,, agak ngorok n serak2 basah 😆

    Suka

  16. kenthoet berkata:

    monggo,,, kalo mw mampir k bngkel sam 😀

    Suka

  17. kenthoet berkata:

    slurrrpppp,,,, :lolo:

    Suka

  18. kenthoet berkata:

    pasti masbro kayak mw balapan jadinya 😆

    Suka

  19. kenthoet berkata:

    iyo kang 🙄

    Suka

  20. kenthoet berkata:

    wah klo ganti yo harus assy itu masbro…
    udah dikasih tahu, klo misal masih ngotot open filter terus yo akibatnya bisa lbih gwat dri ini 😈

    Suka

  21. kenthoet berkata:

    iyo kang 😀 , dibalik kesulitan pasti ada pelajaran yg dapt kita ambil *sok bijak 😆

    Suka

  22. kenthoet berkata:

    hahaha,,, sory lo kang bukan mksudq buat nyindir sampeyan 😆

    Suka

  23. kenthoet berkata:

    jossss,,,, bisa masuk kelas IP125cc nih buat lwanin supra x 😆

    Suka

  24. amadeo berkata:

    entar klo ane yg ikut..banyak fbh yg kalap apalg klo lawannya supri 125…xixixixixi

    #maklum banyak fanboy labil….tu pantengin aja blog iwb n tmc…demi sebuah merk..wuiiih luar biasa…nyerang personal pun dibabat juga am para sales aka fanboy…xixixi

    Suka

  25. amadeo berkata:

    yg unik dri ente…

    “boker dulu baru inspirasinya keluar…hehehehe”….

    Suka

  26. kenthoet berkata:

    hahahah,,, inspirasi kan bisa datang darimana sja bro 😎

    Suka

  27. hiiiiiiiiiiiyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

    jijayyyyyyyyyyyyyyy

    😆

    Suka

  28. ax125 berkata:

    mending ngopeni yg paling bwh aja 😆

    Suka

  29. kenthoet berkata:

    😈 😆

    Suka

  30. marsudi(gendut) berkata:

    Nek saringan gak dilepas,mungkinkah tu part tetep bisa kotor????

    Suka

  31. redbike92 berkata:

    Absen
    hahaha
    eh soal gas mbandang dan filter udara, mau curcol nih mas Jon
    si Fani filter udaranya dah waktunya ganti, tapi karena lagi bokek, ya belum keganti, akibatnya bensinnya buoroos poll sama gas mbandang sisan, terutama kalau hujan.

    kalau misalnya si fani ganti filter udara baru, apa masalah gas mbandangnya bisa langsung hilang :D?

    Suka

  32. satriapertamax berkata:

    wih edan rpm nge-gantung di 6k. Itu pas lepas kopling apa ga lompat bro?

    Suka

  33. kenthoet berkata:

    menurut sampeyan gimana ❓ 😈

    Suka

  34. kenthoet berkata:

    bisa masbro, tapi selama ini baru kali ini aq mnemui kasus sperti ini

    Suka

  35. kenthoet berkata:

    kalo mbandangnya si Fanie kemungkinan dri botol skep nya yg kotor masbro, jdi karena kotor bikin seret gerakan naik turun skep nya akhirnya ketika buka tutup gas jadi mbandang deh IMHO ,,, klo bros e bisa karena filter e yg udah kotor atau mgkin sudah agak2 buntu jadi aliran udara ke karbu jdi minim shingga campurannya jdi kaya / boros IMHO

    Suka

  36. redbike92 berkata:

    wah botol skep 🙄
    kelihatannya agak sulit nih kalau mbongkar sendiri.
    btw, makasih kak Jo atas infonya
    titip salam buat bluetifull

    Suka

  37. kenthoet berkata:

    yo hrus bongkar karbu masbro,,,
    ok masbro, semoga si fanie cpet sembuh 🙂

    Suka

  38. fnaufala berkata:

    klo ane dulu karbu mblandrang gara2 per skep di potong sama mekanik beres,,
    nih artikelnya

    Penyebab gas ki Abrit mblandrang

    yg mw liburan

    Liburan yuuu…

    Suka

  39. kenthoet berkata:

    😯 mekaniknya ngawur tuh 😈

    Suka

  40. Fordi berkata:

    abg model ngono kuwi kudu tak ket*k lan tak sad*ki ae!wkwkwk

    Suka

  41. kenthoet berkata:

    hahahah 😈

    Suka

  42. wer uwer berkata:

    kalau bersihin selenoid Ve gimana gan? 😆

    Suka

  43. axo92 berkata:

    👿

    Suka

  44. axo92 berkata:

    nggak lah, kan motornya baru.. ninin fi gitu. :mrgreen:

    Suka

  45. axo92 berkata:

    😳 😳 😳 😳

    Suka

  46. kenthoet berkata:

    😳 hmmmm gmana yow ❓ 😳

    Suka

  47. kenthoet berkata:

    wew 😯

    Suka

  48. Mas Sayur berkata:

    maju mundur… #bareng bonuse 😉 *numpak piksen maksude.. :mrgreen:

    oalaaahh…alay alay..

    Suka

  49. kenthoet berkata:

    wew ,,, karisma sampeyan gak ada rencana buat di modif ban cacing juga om sayur ❓ :mrgreen:

    Suka

  50. Mas Sayur berkata:

    woooh…mbledhos… :mrgreen:

    Suka

  51. aqwahyuae berkata:

    Bro..
    kalo liat tulisan e koyok e arek suroboyo..
    kalo boleh tau situ buka bengkel dimana bro..
    bisa kirim alamat nya?
    ni email ane
    vixi_greenforce@yahoo.com

    thanx sebelum e bro

    Suka

  52. Roxie Snider berkata:

    Semua resiko yang terjadi pasti akan bedampak terhadap kelangsungan hidup baik buat diri dan keluarga dan saudara kita bahkan temen – temen kita. Dampak dari akibat resiko tersebut adalah UANG atau BIAYA. KENAPA UANG ATAU BIAYA?

    Suka

  53. kenthoet berkata:

    ane “nguli” di Kurnia Motor jln. Hayam wuruk no.47 Mojosari masbero , monggo dtng kesana

    Suka

  54. Tory G. Wilkins berkata:

    Yang perlu dibentuk adalah kesadaran si pemakai helm akan resiko, alias “awareness”. Jika seorang pengendara motor sudah aware, sudah sadar akan resiko, maka ia akan serta merta melakukan tindakan untuk mengurangi dan sebisa mungkin menghilangkan resiko tersebut. Sayangnya, belum banyak pengendara motor yang sadar resiko. Resiko jatuh dan mempertaruhkan nyawa setiap hari harus dikalahkan dengan keinginan cepat sampai tujuan.

    Suka

  55. Rene E. Hunt berkata:

    Yang perlu dibentuk adalah kesadaran si pemakai helm akan resiko, alias “awareness”. Jika seorang pengendara motor sudah aware, sudah sadar akan resiko, maka ia akan serta merta melakukan tindakan untuk mengurangi dan sebisa mungkin menghilangkan resiko tersebut. Sayangnya, belum banyak pengendara motor yang sadar resiko. Resiko jatuh dan mempertaruhkan nyawa setiap hari harus dikalahkan dengan keinginan cepat sampai tujuan.

    Suka

  56. ekomoker berkata:

    untungnya motorku ga pake fast idle selenoide,tapi pake OBENG buat nyetel langsamnya,maklum injeksi murah bin abal2 wkwkwkwkwkwk 😆

    Suka

  57. kenthoet berkata:

    joossss,,,, yg penting kentjang pak lek 😀

    Suka

  58. donspeed berkata:

    Motor caxion = cacing vixion
    Modif’y kerennnn..!!!

    K = kurus
    E = enteng
    R = rada
    E = edan
    N = nu modif

    Hi…..

    Suka

  59. Bakrush berkata:

    Bengkele sampean endi kang? sby ta?

    Suka

  60. kenthoet berkata:

    Mjosari kang

    Suka

  61. manggala berkata:

    Mas’e bengkelnya dimana?

    Suka

  62. kenthoet berkata:

    Indoperkasa Mojokerto bro

    Suka

  63. sujana berkata:

    gann mau tanya nii sdikit . kenapa motor vixion saya tiba tiba mati saat saya bawa jalan jalan ..apa karna filter udaranya terlepas gan ?

    Suka

  64. Nda berkata:

    om bro mw tanya nih,
    motor New viveon qu gx pake saringan udara,cuma pake bok filter standar,,
    efek negatif nya apa yachh,,,??
    tolong di jelaskan,,,,,

    Suka

  65. kenthoet berkata:

    Throttle body cpet kotor.. N piston jdi cepet aus.. Imho

    Suka

  66. mas edy berkata:

    sya mau nanya mas….
    klo motor vixion injektornya diganti dengan karburator gimana mas ya??

    Suka

  67. kenthoet berkata:

    Harus ganti semua nya trmasuk kabel body , magnet dan spul

    Suka

  68. juraganduso berkata:

    Alamat bengkelnya dmn om??

    Suka

  69. juraganduso berkata:

    Alamt bengkelnya dmn om??

    Suka

  70. dhanny berkata:

    mas cara ngecek selenoid itu masih fungsi apa nggak gimana caranya,,,,?

    Suka

  71. kenthoet berkata:

    Pake dia ostic tool broo

    Suka

  72. Mas jok berkata:

    Aku suka desahanya ke tika gas nya di untir mas :v

    Suka

  73. tonie stunt berkata:

    Makasih banyak mas mekanik..sangat menginspirasi buat saya pribadi..
    Yu..gutjab….jempol….!!

    Suka

Komentar Anda adalah Semangat Saya