Hello mas bro kali ini ane mau berbagi sedikit tips buat para Vixion-ers yang motornya mendapatkan bonus dari pabrikan sebuah fitur yang sangat sensasional (hayah lebay :mrgreen: ) yaitu fitur AHO ( Automatic Headlamp On ) atau lampu akan menyala terus siang malam. Ya meskipun di sebut fitur oleh pabrikan tapi menurut ane pribadi sih ini bukan fitur,lha masak saklar lampu depn di hilangkan kok di sebut fitur?? aneh tho?? yang bener ini disebut downgrade 🙄 . Dan terbukti di lapangan eh bengkel ding :mrgreen: banyak banget pengguna vixion ber-AHO ini mengganti holder kiri tempat saklar lampu depan dengan vixion lama non AHO, nah meskipun harganya  lumayan mahal ( menurut ane ) yaitu sekitar 120rebuan,ya tetep az dibeli daripada lampunya melotot terus siang malam ntar umur bohlamp nya jadi pendek n aki nya juga pendek umurnya.. hayoo milih mana??

Lha 120rebu kalo bagi yang punya duit mah enteng cyiinn..tinggal dikibasin tuh kartu ATM dah ambyar duitnya kemana-mana, lha kayak abege-abege atau penunggang vixion berdana pas-pasan mah beraaat mas bro…(lha beli bengsin di POM az biasanya cuma 5ribu yang penting motor e bisa jalan :mrgreen: )!!!! Tapi tenang az berhubung ane ini orangnya selain nggantheng tapi juga baik hati (maaf dilarang protes,ini adalah fakta dilapangan :mrgreen: 😳 😆 ) jadi ane mau berbagi sedikit tips buat menghilangkan ‘fitur AHO’ hanya dengan bermodal obeng n solder… kayak apa tips nya??? cekibroott:

#.Alat dan Bahan:

1.obeng kembang (+) ; 2. solder (yang watt nya gede, min. 70watt atau lebih ) ; 3. isolasi kabel warna hitam 1buah ; 4. niat dan ketelatenan (soale kalo nggak niat dan telaten bakalan susah 😉 )

^^ini yang bakal jadi saklar lampu utama

Ya karena di vixion ada 2 buah saklar dimmer/lampu jauh yaitu yang satu saklar dan yang satu lagi tombol By Pass (tombolnya warna merah n yang di operasikan nya pake telunjuk itu lho bro) nah karena itu kita akan me-NON-aktifkan salahsatu saklar lampu jauh dan memanfaatkan nya sebagai saklar lampu utama (lihat gambar diatas).

Caranya lepaskan holder dari setang, setelah itu balik dan lepaskan baut-baut yang ditunjukkan oleh anak panah secara berurutan mulai dari nomer 1,2 lalu 3 ( bongkar perlahan sambil di ingat2 letak dan penataan kabelnya, jangan sampai kejadian bisa bongkar tapi tidak bisa pasang :mrgreen: 😆 ) OK setelah itu panaskan solder sampai benar2 panas dan siap tempur kurang lebih 5menit.

setelah saklarnya copot,lepaskan hubungan antara kabel kuning-putih dari saklar menggunakan solder, ingat yang dilepaskan hanya kabel kuning-putih dengan saklar tapi antara kabel kuning-putih masih tetap terhubung, untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah.

^^lihat anak panah, kabel kuning-putih tetap tersambung tapi terlepas dari saklar

^^ biar ndak konslet tutup sambungan menggunakan isolasi hitam

Naah setelah itu tinggal merangkai kembali saklar ke rumah holder ( ini yang paling butuh ketelatenan) kebalikannya waktu bongkar tadi urutkan dari no. 3,2 lalu 1 (lihat gambar 4 diatas),lalu pasang kembali holder ke setang,selesai deh. Naah mudah  dan simple kan??

Eh iya saklar ini hanya untuk mematikan/menghidupkan lampu utama saja, jadi lampu senja dan lampu belakang ya tetep ON terus siang-malam 😀 dan kalo pengen nge-Dimm /lampu jauh ya tinggal pencet az tombol By Pass warna merah 😉 , maaf kalo ndak mutu. Yahh maklum lah namanya az tips cemen ;).

Sekian tips dari ane apabila ada salah-salah kata mohon di maafkan ,maklum masih newbie . Ok mas bro gimana sampeyan tertarik untuk mencoba?? 😀

About Kenthoet Bore Up

pengen jadi bos, doain 😁

Satu tanggapan »

  1. kenthoet berkata:

    kreatif bin mumet 😀
    lngsung TKP gan…

    Suka

  2. redbike92 berkata:

    wehehehehe
    ternyata ga banyak yang suka AHO ya
    untung motor ane belum AHO :mrgreen:

    Suka

  3. kenthoet berkata:

    banyak banget malahan bro 😕

    Suka

  4. Nofgi berkata:

    Ane dah terlanjur beli holder Vixi lawas nih … 😦

    Sebenarnya Lorenzo Sudah Cukup Gembira Jika Mendapat Posisi Ketiga

    Suka

  5. kenthoet berkata:

    gak papa mas bro… lha wong dah terlanjur 😀

    Suka

  6. ipanase berkata:

    ra mudenk listrik 😀

    Suka

  7. kenthoet berkata:

    haiyah ngapusi 😀 lha wong sampeyan calon insinyur ngunu 😀

    Suka

  8. ipanase berkata:

    AAMIIN

    Suka

  9. kenthoet berkata:

    Amin 🙂

    Suka

  10. kenthoet berkata:

    sipp 🙂

    Suka

  11. Maskur berkata:

    wah tips yg pinter. Tp aku pro AHO masalahnya. Jd tak dipraktekin

    Suka

  12. penonton berkata:

    mas, kasih tips cemen (yang sederhana, ngga pake sensor dan alarm) cara bikin switch rahasia di vixi (motor injeksi yang lain) dong. tentu yang aman buat ECUnya.

    Suka

  13. axo92 berkata:

    waow..
    ternyata model daleman holdernya persis punya FU. 😯
    perlu dipelajari dengan seksama ni. bisa ditiru langkah2nya…. 😆

    Suka

  14. axo92 berkata:

    eh, tapi setelah diinget, FU kan nggak ada tombol Pass nya. jadi ya nggak bisa.. 😦

    Suka

  15. Gogo berkata:

    kreatif bro.. klo ad rejeki ganti sekalian ama versi ori non AHO nya 😀

    Suka

  16. warung DOHC berkata:

    kalau lagi lewat ditengah hutan gelap & ga ada pengendara lawan arah trus pengen pake lampu jauh… berarti pegel mas harus nahan beam pass….. 😈

    tapi apik iku tips jalir wiring e malih ngerti.
    . bagusnya tambahin mini switch terpisah 🙂

    Suka

  17. nunk iman berkata:

    wah jadi arus ke lampu jauhnya disunat ya gan..
    :mrgreen:
    tapi salut…. MarkoTOP….

    Suka

  18. warung DOHC berkata:

    koment ku ono sing nyangkut ketoki rekkkk 🙄

    Suka

  19. harisxyz berkata:

    pesen Om, bikin non-aho nya spacy yg murmer 🙂

    Suka

  20. kharis27 berkata:

    wah ada yang ga suka aho ,., sama kyak ane hehe

    Suka

  21. Erna berkata:

    wow amazing article, it touches me from within!http://www.gustavolima.org

    Suka

  22. kenthoet berkata:

    saya juga pro AHO pak tapi klo gak ada saklarnya repot kalo mw masuk gang, maklum orng kampung 🙂

    Suka

  23. kenthoet berkata:

    siip saran ditampung dulu mas bro.. soale ane kalo belum mraktekin sendiri belum berani nge share 🙂

    Suka

  24. kenthoet berkata:

    ganti holder az sekalian mas bro 😀 (kalo ada duit lebih )

    Suka

  25. kenthoet berkata:

    iya sebaiknya c begitu mas bro 😀

    Suka

  26. kenthoet berkata:

    ya itu resikonya mas aziz, namanya az tips cemen 😀

    Suka

  27. kenthoet berkata:

    iya mas di NON aktifkan slahsatu 😀

    Suka

  28. kenthoet berkata:

    hehehehe…. maaf mas nunggu moderasi dulu 😀

    Suka

  29. kenthoet berkata:

    banyak mas bro yg gak suka AHO jadi smpeyan tenang az, banyak temennya kok.. 😆

    Suka

  30. kenthoet berkata:

    wohh ane ndak pernah bongkar2 motor honda terbaru mas bro jadi ndak berani share takut slah bin menyesatkan 😆

    Suka

  31. nunk iman berkata:

    hahahaha. pabrikan malah bikin gak nyaman ya….

    sunat semua lampu AHO biar gak boros. :mrgreen:

    Suka

  32. kenthoet berkata:

    iya aneh,, ngilangin saklar di bilang fitur… cape’ dehh 🙄

    Suka

  33. axo92 berkata:

    holder fu mahal masbro.. 😯
    klo ambil holder piksen bisa nggak ya? 😕

    Suka

  34. nunk iman berkata:

    yah, mungkin biar lampu cepet mati dan cepet ganti. kan bisa plus jualan. :mrgreen:

    Suka

  35. kenthoet berkata:

    bisa az tapi ntar modif soket2 kabelnya

    Suka

  36. kenthoet berkata:

    iya,,, sparepartnya biar laku 😆

    Suka

  37. penonton berkata:

    ditunggu masbro, saya nyari-nyari susahhhh untuk motor injeksi. ada sih mutus engine cut off, tapi nyembunyiin kabel dari headlamp ke bawah jok susah.

    Suka

  38. munglulusanplaygroup berkata:

    “nggantheng tapi
    juga baik hati (maaf dilarang
    protes,ini adalah fakta dilapangan)”

    Pasti karena saya sedang tidak di lapangan, kalau iya panjenengan jadi no 2 ha ha

    Untuk motor lain berarti juga bisa tho?
    Nais inpo

    Suka

  39. kenthoet berkata:

    bisa az nih mas bro :mrgreen: aq dapet saingan berarti hehehehe….

    Suka

  40. z1rider berkata:

    Wah, blogger newbie cupu kayak saya nyimak aja gan. Bukan mekanik sih, hehehe 😆
    http://z1riders.wordpress.com/2012/07/14/siapakah-lawan-sepadan-jupiterz1-dari-honda-jawab-belum-ada/

    Suka

  41. kenthoet berkata:

    Ok … duduk manis sambil nyruput kopi biar mantep nyimaknya 😆

    Suka

  42. bimo96 berkata:

    bladeku masih AHO 😦 …. .tapi takut bongkar2 😀

    Suka

  43. kenthoet berkata:

    silahkan di praktekin mas bro 😀

    Suka

  44. kenthoet berkata:

    hehehe… siap2 umur bohlamp nya jadi pendek kalo AHO bro :mrgreen:

    Suka

  45. 1Noel berkata:

    mas mau tanya nih
    punya saya satria fu AHO
    mau di ganti sama yg non aho holdernya/saklarnya
    kira2 ada yg jual gak ya di bengkel2 pinggir jalan?
    Trus harganya berapa?
    Trims 🙂

    Suka

  46. kenthoet berkata:

    lebih baik cari az ndek BeRes suzuki / bengkel rekanan suzuki terdekat mas bro soale tau sendirikan sparepart suzuki itu agak “langka” di pasaran.. untuk harganya ane jujur az gak tau mas bro

    Suka

  47. bachtiar berkata:

    mantabzz…..okeh mas bro…

    Suka

  48. bimo96 berkata:

    iya nih .. kalo ada duit ke bengkel dimodif kaya gitu juga 😀

    Suka

  49. axo92 berkata:

    holder FU harganya sekitar 200an
    yg saya bikin cuma habis 15ribu

    Suka

  50. kenthoet berkata:

    siip mas infonya berguna bgt bbuat FU mania 😀

    Suka

  51. axo92 berkata:

    sip masbro.. 🙂

    Suka

  52. Gus j4y4 berkata:

    Bro nitip pertanyaan adik ane dikit klo vixi baru kan ud AHO trus ganti saklar vixi lama garansi kelistrikan ilang ga…??
    Dia sempet ke beres dibilang garansi kelistrikannya ilang, jd dilema dia.

    Dia pengen vixinya kayak punya ane masih bisa merem melek. Maklum vixi keliaran 2010.

    Suka

  53. kenthoet berkata:

    selama nggantinya pake part orisinal ( saklar vixion orisinal ) ane rasa nggak papa mas bro …

    Suka

  54. gus j4y4 berkata:

    siap mas brooo….
    makasi infonya.
    sekalian dia nitip pertanyaan lagi, klo di ganti saklar depannya apa lampu belakang tetep ON…??
    apa semua beres mau ngerjain…??

    thank you mas broo…..

    Suka

  55. kenthoet berkata:

    kalo pake saklar vixion lama yo semua lampunya bisa mati mas bro , nah itu kalo sampeyan nggantinya pake part OEM / Orisinal ane yakin semua BeRes mau ngerjain 😀 ,

    Suka

  56. imam berkata:

    klo punya e ninja RR yg baru apa sama caranya mas brow?
    nininku melek terus kagak bisa merem coale.
    mohon pencerahaannya..thx

    Suka

  57. kenthoet berkata:

    intinya sama saja mas bro, tapi kalo sampeyan ada dana lebih mendingan diberi saklar tambahan dijamin makin nyooss 😀

    Suka

  58. asdroid berkata:

    nyalain lampu di siang hari: okelah,…
    tp jangan juga dipaksain dengan ngilangin saklar. (kayak kita gak tau gimana caranya kasih on lampu aja,…)

    Suka

  59. kenthoet berkata:

    yang aneh saklar ilang malah di bilang ‘fitur’ apa gak gila tuh 😆 ( matius mode: on)

    Suka

  60. Puji Ijup berkata:

    ne motor ane vixi baru n AHO
    ini holder nya bisa di ganti gk sama holder vixi yang lama..n di bengkel pinggiran ada gk..tq masbroo

    Suka

  61. reza berkata:

    ane baru beli vixi new nih bro..ada AHO nya juga ngeselint !!
    kalo ganti holder vixi lama bisa gk n kabel nya apa juga di ganti..maklum newbie 😀

    Suka

  62. kenthoet berkata:

    bisa mas bro, PnP sama holdernya old vixie, wah kalo ndek bengkel pinggiran ane gak ngerti mas tapi kalo ndek BeRes Yamaha pasti ada n Harga nya skitar 125rbuan kalo nggak salah 😀

    Suka

  63. kenthoet berkata:

    bisa mas pake holdernya old vixie, langsung PnP tanpa ngrubah apa2 n harga nya holdernya kalo nggak slah skitar 125rbu yg orisinil

    Suka

  64. reza berkata:

    ada gk kalo di bengkel2 pingir jalan..ato ada nya cuman di bengkel resmi yamaha??

    Suka

  65. kenthoet berkata:

    kalo yg orisinil adanya cuma di BeRes, tapi kalo smpeyan nyari yg KW di bengkel pinggir jalan ada kok 😀

    Suka

  66. hizbiladyan berkata:

    tpi klo ,,, fu bisa gk mas brow ……???

    Suka

  67. kenthoet berkata:

    bisa az bro, tapi kalo mau lebih jelasnya sampeyan kunjungi az blognya Bro AXO92 yg ada di blogroll ane, soale FU nya bro AXO92 juga dah di pasangi saklar lmpu modif sendiri dgn biaya nggak lebih dari 15rbu perak 😀

    Suka

  68. fresh and fresh berkata:

    Wah motor vixion baru ya, gak hangus garansi kelistrikan kah kalo di rubah..???

    Suka

  69. kenthoet berkata:

    itu resiko nya mas bro, kalo nggak mau hangus garansinya yo beli holder kiri milik old vixion 😛

    Suka

  70. Muhammad Aulia berkata:

    walaaah nice info om, ane kirain tu saklar kagak bisa di utak atik :mrgreen: tapi ada juga orang yg motornya non aho dijadiin aho kyk dipostingan ini http://brigade15.wordpress.com/2012/10/14/motor-aho/comment-page-1/#comment-289 😀

    Suka

  71. kenthoet berkata:

    iya bro, AHO bikin orang2 jadi makin kreatip 😆 :mrgreen:

    Suka

  72. praz berkata:

    sedikit tambahan, bisa om pake holder rx-king/scorpio lokal kisaran 30ribu. nah yang diganti cuma bagian atas holder aja karena ada switch lampu (yang gw beli cuma 1switch kalo ga salah punya rx king). mekanismenya ga jauh berbeda tinggal modal obeng, solder, solatip listrik. jadi intinya memutuskan arus lampu utama saja untuk lampu senja dll nya tetep nyala.
    udah gw terapin di vixi lumayan tiap dipanasin atw siang hari lampu bisa off heee.. sekalian mau tanya enaknya pake bohlam apa ya bwt vixi? bawaan pabrik kurang terang apalagi lampu kota?pendeknya 😦 imbasnya srg pake lampu jauhh eehhh ditegur yg lawan arah, pake HID selain mahal juga panasnya lama2 bisa ngerusak reflektor..ada saran buat merk bohlam & kisaran harganya om??

    Suka

  73. kenthoet berkata:

    joss mas infonya 😀
    wah ane kurang ngerti juga mas bohlamp apa yg terang buat vixie , coba az mas cri bohlamp yg watt nya lebih gede dri standart’e vixi , tapi ada resikonya kalo ganti lampu yg watt nya gede, resikonya arus aki banyk yg kesedot ke lampu, pdahal mas bro tahu sendirikan mesin injeksi itu tergantung penuh pada aki/baterai sebagai penyuplai arus ke ECU, sensor2 n fuelpump ,jadi klo sampe arus listriknya yg di suplai ECU n sensor2nya kurang dari standart bisa2 motor bekerja kurang maximal atau paling apes itu mogok 😀

    Suka

  74. 4ndy berkata:

    Mz bro, kalo mio j piye? Mau ganti holder mio sporty, tapi kabel yg warna apa yang dipotong dan posisi kabel di sebelah mana? Soalnya pengen yg lampu belakang ikutan off. Pernah tanya ke beres katanya bisa, tapi gak mau kasih tau kabel mana yg dipotong.. Matur suwun…

    Suka

  75. kenthoet berkata:

    bisa az mas, tapi resikonya garansi kelistrikan bisa gugur lho 😀 , kalo mas bro gak masalah seandainya garansi kelistrikan nya gugur, nnti tak kasih tahu kabel mana yg akan dipotong 😀 *biar penasaran :mrgreen:

    Suka

  76. Millionare berkata:

    Tekhnik’a Buat d soul GT bisaa ga ni bro ??

    Suka

  77. kenthoet berkata:

    gk bisa bro, klo di soul gt harus nambah saklar baru 😀

    Suka

  78. dhan1dj2ck berkata:

    Permisi bos….
    kalau boleh tau left holder old vixion apa masih tersedia di Beres Yamaha….???
    apa bisa dipasang di New Vixion Lightning….???
    New Vixion Lightning juga AHO….
    motor baru datang udah disumpahin ama tetangga coz masuk gang ‘n lampunya gak bisa mati 😦

    Suka

  79. kenthoet berkata:

    holder kiri vixion lama masih ada kok mas di beres Yamaha hrganya skitar 125rbuan klo nggk slah ingat,
    nah apakh bisa di psng di NVL?? ane jg lum tau soale blum pernh bngkar NVL jeeehh 😛 … lha di Jatim az si NVL bru loncing tdi siang 🙄

    Suka

  80. dhan1dj2ck berkata:

    wah gitu ya….
    ane liat2 left holder NVL keliatan sama dengan Vixi 1st gen.
    cuma beda jumlah kabel2 aja (liat gambar di YGP online)…
    ane tunggu updatenya bro untuk yang dipasang di NVL….

    Suka

  81. kenthoet berkata:

    ok mas 😀

    Suka

  82. fajar berkata:

    mas bro ane udah ganti stop kontak yg kiri pake RX king,lampu udah oke bisa dimatiin,senja tetap hidup,tapi yg aneh pada saat lampu dinyalain semua dan pake lampu jauh ketika teken kopling lampu mati total semua baik senja maupun yg gede,lampu jauh diamatiin teken kopling gak mati lampunya,kenape yah mas bro? Trus 1 lgi ane nanya nih,,,ketika mesin mati tpi masuk gigi tidak bisa menghidupkan pake elektrik starter kudu dinetralin dulu giginya baru bisa distarter elektrik…kenape ya mas bro…? mohon infonya…

    Suka

  83. fajar berkata:

    maaf mas bro tambahan info.ketika mw ngidupin mesin itu kopling tetap ane teken jadi bukan pada posisi gak teken kopling.

    Suka

  84. kenthoet berkata:

    klo pas mesin mati dlm kondisi gigi masuk gak bisa di starter elektirk, kmungkinan yg bermaslah ada dibebrapa bgian , bisa switch kopling , relay switch netral , n switch netral itu yg ada di sbelah kri msin,
    klo dri lampu2nya ane sendiri juga bngung mas *mklum newbie 🙄 , mungkin itu ada yg slah wktu nymbung jalur kabel2 nya IMHO

    Suka

  85. virda berkata:

    di pasanginnya di dealer langsung bro ?

    Suka

  86. kenthoet berkata:

    dibengkel resmi bisa kok mas/mbak 😀

    Suka

  87. mandiri motor berkata:

    oc mz bro trim tips n info,y jd + ilmu q

    Suka

  88. kenthoet berkata:

    OK masbro , thnks jga dah mw mmpir n komen2 dimari 😆

    Suka

  89. dide berkata:

    Kalo holder kiri vixyon new 2013 dganti holder vixyon lama bisa gak?

    Suka

  90. dide berkata:

    Tambahan, holder itu bisa langsung pas dipasang n ngutak atik aki kagak?

    Suka

  91. kenthoet berkata:

    bisa sja mas , tpi g bsa PnP n harus mengubah jalur kabel2nya ,,, soale holder kiri NVL sma old vixie beda jalur kbelnya

    Suka

  92. sisno berkata:

    ide yg bagus mas

    Suka

  93. kenthoet berkata:

    josss 😀

    Suka

  94. nanang stywan berkata:

    ane setuju bro,, ane juga udah praktekin di vixi ane,,,
    emang aneh dunia otomotif sekarang,,, setahu saya yang namanya fitur itu adalh penambahan, tapi ini yang terjadi malah pengurangan,,
    menurut analisa ane gini intinya jika AHO,,
    1. pengurangan bahan baku untuk switch,,, ya cman dikit sieh tapi bayangi aja 1 tombol switch di kali jutaan motor.
    2. lampu jadi cepet mati jadi penjualan suku cdang meningkat,,
    3. reflektor panas berlebih so membuat cepet leleh ,, beli baru lagi,, suku cadang lagi,,
    4. berdalih mendukung program pemerintah tapi sebenrnya mencari keuntungan pribadi,,

    Suka

  95. kenthoet berkata:

    hehehhe…. ya kira2 sperti itulah mas, 😀

    Suka

  96. idjo berkata:

    klo diganti saklarnya bagemana masbro yg ngganteng

    Suka

  97. kenthoet berkata:

    klo pake saklar old vixion lngsung PnP masbro ,

    Suka

  98. orewriter berkata:

    cari kabel ijo disaklarin aja rebes om..beli saklar di toko elektronika yang 5A..

    Suka

  99. Hamim berkata:

    siap ke TKP dengan peralatan yang ada.. saya juga dah jenuh nih, masa siang bolong lampu utama on terus 😀 .. kan serab bro

    Suka

  100. kenthoet berkata:

    monggo dicoba n semoga berhasil 😀

    Suka

  101. BEm berkata:

    it dikembalikan aho semula bisa gak mas?? jd biar garansi kelistrikan tdk hilang..

    Suka

  102. kenthoet berkata:

    bisa banget mas, tinggal disolder ulang az 😀

    Suka

  103. Bemby berkata:

    mas motor saya cb150r klo AHOnya diganti cocoknya pke saklar motor apa ya (Tger revo, supra fit scorpio?) supaya garansi kelistrikannya tetap aman jd apabila terjadi masalah pada kelistrikan suatu saat bisa dikembalikan standar ke AHO semula.. (tdk potong kabel CB, dll?)

    Suka

  104. Bemby berkata:

    mas, motor saya cb150r klo AHOnya diganti cocoknya pke saklar motor apa ya (Tger revo, supra fit scorpio?) supaya garansi kelistrikannya tetap aman jd apabila terjadi masalah pada kelistrikan suatu saat bisa dikembalikan standar ke AHO semula.. (tdk potong kabel CB, dll?)

    Suka

  105. Deni Setiawan berkata:

    Berikut tips mematikan AHO tanpa solder dan potong kabel

    Bagi sobat yg mau ganti Switch New Vixion dg Switch Old Vixion alias MATIIN AHO NEW VIXION berikut tuntunan yg bisa coba

    http://ariblogmotor.wordpress.com/2013/06/21/matiin-aho-nvlpasang-saklar-old-vixion-di-nvl/comment-page-1/#comment-6447

    ikuti sampai langkah menukar nukar posisi kabel pada Switch Old Vixion yg hendak dipasang di New Vixion.

    berikutnya lakukan langkah berikut :

    1. Hubungkan kabel hitam ke Massa/Ground …. (ada dua kabel ground pada Switch Old Vixion, satu yg menjuntai pada sisi Main Switch dan satu lagi yg menjuntai pada sisi Socket 6 kaki) manfaatkan kabel hitam yang menjuntai dari sisi Socket 6 kaki, Hubungkan kabel ini dengan socket kaki 6 berisi kabel hitam.

    2. Cabut kabel Body Merah/Kuning dari Socket 6 kaki dan sambungkan dengan Socket kabel kuning HeadLamp.

    3. Cabut Kabel Body warna Biru yg ke arah Lampu Senja

    4. Cabut Kabel Body warna Biru (di ekor New Vixi) yang ke arah lampu belakang

    5. Slot Socket kosong pada socket kaki 6 bekas kabel body Merah/kuning pasangkan dengan kabel baru (rekomendasi kabel warna biru biar sama dengan kabel yg masuk dari Main Switch Old Vixion) sambungkan ke Slot Socket bekas kabel Biru yg ke arah lampu senja yg tadi dicopot.

    6. Dari Socket kabel biru yg barusan dipasang ke arah lampu senja sambungkan kabel baru (rekomendasi pasang kabel biru juga biar konsisten) pasang mengikuti instalasi kabel body Vixi sampai ekor vixi dan sambungkan dengan slot socket kosong bekas kabel body biru yang tadi di copot …..

    7. tutup semua kabel yang tidak terpakai dengan isolasi (yakni kabel hitam (ground) dari Headlamp, Kabel Biru bekas Lampu senja, dan kabel biru bekas lampu belakang).

    8. Pasangkan socket – socket di batok new vixi………pasang kembali batok nya si New Vixi……………

    9. Nyalakan Mesin ……… dan Cek semua instrumen Switch New Vixion Anda….. dijamin semuanya berfungsi dengan baik…….. dan si AHO praktis seketika Almarhum……..

    Saya sudah berhasil……….
    semua fungsi dari Main Swutch Old Vixion yang di pasang di New Vixion berfungsi dengan baik dari mulai lampu depan sampai lampu belakang termasuk semua indikator-indikator di Speedo meter New Vixion saya berfungsi dgn sempurna…………

    Silahkan Mencoba ……..

    atau masuk ke situs saya
    http://mypcollection.blogspot.com/p/mematikan-aho-new-vixion.html

    Salam

    Suka

  106. andivixion berkata:

    Waduh gan itu ma cuma matiin lmpu depan doang,ane dh prnah nyoba dan wktu pulkam pgen mengunakan lmpu jrak jauh hrus pencet dim terus menerus cuapek,lmpu jarak jauh nya ga bsa ke pke,kcuali bwt ngedim doang.Dan lmpu spido lmpu senja+lmpu blkng ga mati,mending di sklar sendiri,modal 10rb aman.saklar 5rb kbel 1m 5rb.di sklar langsung dpt arus utama putusin kbel wrna coklat.

    Suka

  107. alinsky berkata:

    nxa maz bro
    emang gk ada efek samping k mesin mas bro,,,,,,,????

    Suka

  108. alinsky berkata:

    nxa maz bro,,,,!!!!
    emang gk ada efek samping k mesin mas bro,,,,,,,????

    Suka

  109. kenthoet berkata:

    Gak ada broo , mlah bkin beban aki berkurang imho

    Suka

  110. jambul berkata:

    mas bro .kl kita mw pasang AHO lg berarti tinggal di solder lg aja yah…
    trima kasih info n trik nya…
    TOP deh bwt mas bro

    Suka

  111. danu rahman berkata:

    ane baru tau..,kelihatan sepele tp menurut sy sngat berguna. Pa lg ga pk biaya. Dr pd beli ratusan ribu, sip bro..,thank’s. Di tunggu tips brikut nya.

    Suka

  112. kenthoet berkata:

    sip masbroo 😀

    Suka

  113. kenthoet berkata:

    yups bner bnget masbro.. 😀
    Oke mas, thnks udah mampir kesini 😀

    Suka

  114. suryadi berkata:

    setelah saya coba ko cuma lampu jauh/dim yang nyala,,kira2 knapa ya gan?apa ada yg eror dikabel vixi ane

    Suka

  115. yoga efendi berkata:

    kalo di vixion sapaanya Hi broo hehe

    sekedar nambahin ni mas bro .. saya tidak bermagsud menyalah”kan lo yaa hehe

    pertanyan kalo saklar lampu dipungsikan hanya untuk mengsaklar lampu dekat saja dan memutus jalur lampu jarak jauh ……..lantas bagaimana dengan lampu jarak jauh ? kalo semisal kita luar kota dan melewati jalanan yg gelap dengan jarak pandang hanya beberapa meter saja . atomatis kita sangat membutuhkan lampu jarak jauh tersebut . (. ane mengunakan bahasa sederhana saja la mas bro . biar mudah dipahami oleh semua .)

    nah disini ane mau kasi solusi untuk itu . dengan meningalkan trik diatas yg telah di posting

    cukup beli saklar kecil di toko listrik cuma 2rban
    disini lain mas bro kita gak pake bukak”an holder tapi kalo mau rapi buka holder jga boleh kok

    tapi yg simpel dan gak makan waktu . cukup buka isolasi kabel yang masuk ke holder kiri (kabel sebelum masuk holder) lalu cari kabel yg berwarna hijau ( warna hijaunya cuma 1 mas bro gak usa bingung) putus kabel hijau tersebut pake gunting lalu sambungkan ke saklar ( saklar disambung kabel dulu secukupnya . lalu kabel saklarnya disambungkan ke kabel hijau yang diputus tadi)

    alhasil semua fungsi berjalan dengan baik . lampu sudah tersaklar dan tidak mematikan fungsi lampu” yang lain .

    oya masbro saklar tambahan tadi terserah mau ditaro dimana . suka’ ente la hehe
    tapi kalo ane . tak taruh pas dibawah tombol bell lalu ane lem besi mantap dah.

    semoga bisa dipahami ya mas bro maaf gak ada foto . tapi kalo masi kurang jelas silahkan invit pi bb ane 26a18809 biar nanti tak kirim tutorialnya

    kalo masi bingung juga yaaa datang aja ke rumah ane . ane surabaya mas bro .. hahaha . terimakasih ..maaf kalo ada yg salah cuma ingin berbagi aja kok . gak neko’ vis

    Suka

  116. kenthoet berkata:

    Brrti salah solder itu gan.. hrusnya lmpu dekat yg hidup tp lmpu dim nya mati

    Suka

  117. Saifudin Asep berkata:

    tapi klo AHO di rubah,garansi mesin yg 3 thun langsung gugur.pie iki???!!!perlu di pertimbankan meneh.

    Suka

  118. enang azzamy berkata:

    kalou lampu utama nyala, ng dim gimana?

    Suka

  119. kenthoet berkata:

    Pake saklar dim yg satunya broh

    Suka

  120. sopian berkata:

    mas sya udah coba trik ini pd motor new vixion 3013 tp cuma berfungsi sbntar dan lgsung mati.
    nah sya solder kembali tp lampu depan, starter tangan dan indikator gk bsa nyala kecuali mesin sedang hidup. trus klo lampu dekat di nyalain mesinnya malah mati. gmna itu mas.?

    Suka

  121. sopian berkata:

    new vixion 2013 maksudnya mas.

    Suka

  122. Bro, saya dateng lagi nih, hahahaa… ojo bosen yo. kalau NVL sama juga ga kabel2nya? (saya blm pernah bongkar). ini cara simple dan kreatif menurut saya, oh ya mau nanya lagi nih ujung2nya, kan kalau dah selesai itu ketika ON hanya lampu senja dan belakang, nah sementara lampu utama kalau siang sudah bisa dimatikan. lampu senjanya kalau di ganti agak terangan dikit gimana bro, pake merk apa? sama bohlam lampu utamanya juga kira2 ada ga yg recomend atau mungkin pakai yg LED tapi pemasangan relaynya ribet ga seandainya kondisi saklar lampu udah di modif gini?

    maaf pertanyaanya merepotkan, suwun.

    Suka

  123. kenthoet berkata:

    Bisa pake LED, cuma harus ubah kelistrikan nya jadi DC , biar lampu LED nya awet

    Suka

  124. Fauzan berkata:

    Mas mau tanya, kabel + senja warna apa? Dan – nya warna apa? Thanks

    Suka

  125. Fauzan berkata:

    Maksudnya kabel senja nya mio J mas 😂

    Suka

  126. Bram berkata:

    di bengkel deket rumah 3C1-H3975-00 cuman 100rb gan. kalo yang ini kok kayanya mendingan nambah saklar on/off dari groundnya lampu depan aja ya..

    Suka

  127. kenthoet berkata:

    Ya semua kmbali terserah sampeyan lebih sreg pke yg mana

    Suka

  128. shelva_nva berkata:

    haha gampang ya. ini berguna supaya ga kena polisi jg lampu keecil ttp nyala..yg peting lampu utama enggk melotot trus..
    mksh gan

    Suka

  129. jens berkata:

    dulu fu ane juga pernah di gituin, yah cuman lampu jauhnya 1 di matiin, sekarang motor ane ninja fi, masih bingung mau di gituin susah, coba mas buat ninfi nya di kasi saran? di coba

    Suka

  130. dimas berkata:

    mas kenthoet, minta gambaran jalur kiprok nvl, pengen tau aja mas ??

    Suka

  131. kenthoet berkata:

    Cek artikel terbaru

    Suka

Komentar Anda adalah Semangat Saya